20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika Teman SUPERjuangan punya masalah bekas jerawat di wajah, tetap tenang karena ada banyak sekali cara menghilangkan bekas jerawat. Tapi, tidak banyak yang tahu cara menghilangkan bekas jerawat ditentukan oleh tipe bekas jerawatnya. Karena itu, kamu harus tahu dulu apa sih tipe bekas jerawat di wajah kamu.

Secara umum, bekas jerawat dibagi menjadi dua, antara lain perubahan tekstur kulit wajah serta perubahan warna. Nah, untuk tipe bekas jerawat dari perubahan tekstur kulit wajah, kita mengenalnya sebagai bopeng. Semantara jika dilihat dari perubahan warnanya, bekas jerawat dapat dibedakan sebagai bekas jerawat hitam, juga yang kemerahan.

Table of Contents

Terus, apa benar katanya bekas jerawat hitam lebih sulit hilang ketimbang bekas jerawat lainnya? Mungkin saja karena kamu belum mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Penasaran, kan? Yuk, temukan cara menghilangkan bekas jerawat dalam artikel berikut ini!

Apa itu PIE, PIH, dan Bopeng?

Buat kamu yang sedang jerawatan, pasti senang banget saat jerawatnya hilang. Tapi sayangnya, bakal muncul masalah baru nih, yaitu bekas jerawat. Biasanya sering bikin kamu jadi kurang percaya diri karena cukup mengganggu penampilan. Kamu pun buru-buru cari cara penghilang bekas jerawat.

Tunggu dulu, kita harus tahu apa aja penyebab bekas jerawat menghitam, yang kemerahan, bahkan bopeng. Nah, bekas jerawat yang kemerahan disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil di bawah kulit. Tipe bekas jerawat ini punya nama lain PIE atau Post Inflammatory Erythema, terjadi ketika aliran darah terhenti saat kulit alami peradangan sehingga muncul warna kemerahan agak keunguan.

Sementara hiperpigmentasi dari penyebab bekas jerawat menghitam disebut PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation. Sel-sel melanosit yang terlalu aktif saat kulit wajah meradang serta muncul jerawat menghasilkan zat melanin yang juga dalam jumlah berlebihan. Kemudian, penyebab bekas jerawat menghitam tersebut terpapar sinar matahari berubah warna menjadi gelap.

Terakhir, ada bopeng. Tipe bekas jerawat satu ini ditandai dengan permukaan kulit wajah yang tidak rata, beberapa area tampak berlubang. Secara alami, kulit wajah menghasilkan kolagen baru setelah berjerawat, namun jumlah kolagen justru terlalu sedikit atau terlalu banyak. Alhasil membuat penyembuhan luka menjadi buruk, ditambah lagi peradangan yang kompleks.

Sebelum jadi Bekas, Sebaiknya Segera Hilangkan Jerawat!

Faktor Risiko Munculnya Bekas Jerawat

Baik bekas jerawat hitam, yang kemerahan, maupun bopeng, tanpa disadari suatu kondisi meningkatkan faktor risikonya. Bahkan, penyebab bekas jerawat menghitam juga dipengaruhi oleh kebiasaan buruk yang kamu lakukan. Selain sering muncul, bikin cara penghilang bekas jerawat tidak manjur. Ayo, cek apakah ada pada diri kamu, Teman SUPERjuangan?

  • Usia

Seiring bertambahnya usia, kita akan mengalami penuaan yang membuat pigmen kulit ikut mengalami perubahan.

  • Faktor keturunan 

PIE rentan dialami oleh seseorang berkulit putih. Sedangkan, PIH rentan dialami oleh seseorang berkulit coklat hingga gelap. Adapun jika keluarga punya riwayat masalah bopeng, mungkin saja kamu mengalami risiko serupa.

  • Gangguan hormonal

Ketika seseorang mengalami perubahan hormon yang cukup besar, seperti ketika menstruasi atau hamil, memungkinkan timbul bekas jerawat hitam.

  • Iritasi 

Kadangkala, urutan pemakaian skincare kita masih salah, atau makeup  yang tidak cocok menimbulkan iritasi penyebab bekas jerawat menghitam. Begitu juga dengan penanganan jerawat yang tidak tepat pada PIE dan bopeng.

  • Kebiasaan buruk

Suka banget memegang serta menggaruk jerawat menjadi penyebab bekas jerawat menghitam hingga bopeng.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Petuah jangan memencet jerawat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pasti sering kamu dengar. Nggak salah sih, karena memang meningkatkan risikonya. Tapi, yakin apakah bekas jerawat hitam bisa hilang? Apalagi kalau bekas jerawat hitam yang membandel.

Menghilangkan bekas jerawat itu susah-susah gampang, karena itu cuma dengan menghentikan kebiasaan memencet jerawat nggak akan cukup. Kamu perlu cara menghilangkan jerawat dengan cepat, yang bisa melalui banyak metode penghilang bekas jerawat.

Tenang, Supermin udah merangkum berbagai cara menghilangkan bekas jerawat, termasuk bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi kamu. Ini dia cara menghilangkankan bekas jerawat!

  • Tomat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat
Sumber: https://www.freepik.com/

Sempat viral kulit wajah seseorang yang kembali sehat karena konsumsi tomat setiap hari. Ternyata tomat juga bisa langsung digunakan pada kulit wajah, bahkan sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat loh. Tomat mengandung vitamin C serta lycopene bersifat antioksidan dan anti inflamasi untuk bantu memperbaiki kulit yang rusak.

Pertama, cuci bersih satu buah tomat dan keringkan. Selanjutnya, potong tomat menjadi dua bagian. Ketiga, usap bagian dalam tomat ke seluruh kulit wajah, tapi hindari bagian mata. Keempat, diamkan wajah 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Aloe vera

Sejak dulu, aloe vera digunakan sebagai penghilang bekas jerawat, termasuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Kamu pun akan dapat wajah yang lebih cerah, lembap, dan halus setelah pemakaiannya. Itu karena kandungan antiinflamasi dan antioksidannya. 

Nggak susah kok cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya. Pastikan wajah kamu telah bersih. Lalu oleskan gel lidah buaya secukupnya pada wajah, tapi jangan kena mata, hidung, dan mulut, ya. Kamu boleh lakukan cara menghilangkan bekas jerawat satu ini sebelum tidur selama 15 menit, barulah bilas dengan face wash hingga bersih.

  • Mentimun

Penghilang bekas jerawat ketiga adalah mentimun, yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Timun menyimpan vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk mencerahkan, serta kandungan airnya mampu membuat kulit tetap terhidrasi. Gunakan timun langsung pada kulit wajah

Sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang alami, tidak perlu melewati proses pengolahan lagi. Cuci bersih satu buah timun terlebih dahulu, lalu potong tipis secukupnya aja, dan letakkan pada area wajah yang memiliki bekas jerawat hitam, serta lakukan secara rutin.

  • Lemon

Tak jarang menemukan produk perawatan wajah yang mengandung lemon, bukan? Karena lemon ampuh menghilangkan bekas jerawat hitam loh. Lemon tinggi akan vitamin C, bahkan melebihi mentimun. Namun, sebelum memakai air perasan lemon, oleskanlah terlebih dahulu pada bawah leher kamu.

Jika dalam dua hari ke depan tidak menimbulkan iritasi, kamu boleh gunakan lemon sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Sebaiknya, tuangkan sedikit air perasan lemon pada kapas, lalu usap perlahan pada kulit wajah yang memiliki bekas jerawat hitam, dan bilas sampai bersih.

  • Madu

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa juga dengan madu sebagai masker. Madu dinilai aman dan efektif bantu menghilangkan bekas jerawat karena menjadi pelembap yang alami sehingga peradangannya juga cepat membaik. Oleskan madu murni pada bekas jerawat, tunggu hingga mengering, lalu bilas wajah dengan face wash sampai bersih.

  • Putih telur

Selama ini yang kita tahu putih telur untuk mengangkat komedo, padahal bisa juga sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi loh. Putih telur mengandung vitamin A serta protein untuk meredakan peradangan pada kulit wajah. Ambil satu butir telur ayam, lalu pisahkan kuning dari putihnya. Oles putih telur pada bekas jerawat hitam, jika sudah kering segera bilas.

  • Bubuk kunyit

Apakah bekas jerawat hitam bisa hilang? Tentu, kamu bisa andalkan bubuk kunyit. Kandungan kurkumin dalam kunyit meregenerasi kulit sehingga bantu menghilangkan bekas jerawat. Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam cara menghilangkan bekas jerawat nih, Teman SUPERjuangan.

Sebaiknya, gunakan kunyit yang sudah dalam bentuk bubuk jadi, lalu beri air sampai menjadi masker. Barulah oleskan pada kulit wajah yang punya bekas jerawat. Nah, tak perlu tunggu terlalu lama, segera bilas wajah kamu sebelum meninggalkan warna kuning yang sulit dibersihkan.

  • Es batu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Pakai Es Batu
Sumber: https://www.freepik.com/

Mungkin kamu bertanya-tanya, masa sih cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat pakai es batu. Nyatanya, es batu bantu mengurangi kemerahan pada wajah akibat jerawat. Di samping itu, membuat kulit lebih kencang loh. Caranya juga nggak susah, cukup kompres wajah dengan es batu sembari pijat lembut. Lakukan ini setiap hari dan lihatlah hasilnya.

  • Kentang

Siapa yang tak kenal kentang yang punya banyak manfaat buat tubuh. Begitu juga dengan kesehatan kulit wajah loh. Kentang mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, serta pigmentasi pada kulit wajah. Kamu bisa menghaluskan kentang terlebih dahulu, kemudian taruh pada bekas jerawat.

  • Nanas

Nanas bisa kamu gunakan untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara perlahan. Selain penghilang bekas jerawat, nanas juga efektif bikin kulit wajah bersih sehingga mencegah munculnya kembali bekas jerawat hitam. Pilihlah nanas yang manis, lalu cuci. Jika sudah kering, potong nanas secukupnya aja dan usap lembut pada kulit wajah.

  • Cuka apel

Punya bekas jerawat hitam membandel, kamu patut coba penghilang bekas jerawat pakai cuka apel. Bahkan, dikenal sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Itu karena kandungan asam asetat dalam cuka apel yang mampu membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

Cuka apel pun mudah kamu temukan dalam bentuk yang kemasan. Nah cara pakainya, tuangkan 1 tetes cuka apel banding 2 tetes air matang ke dalam wadah, lalu celupkan ujung kapas. Saat mulai meresap, tempelkan pada kulit bekas jerawat, dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah. 

  • Vitamin C

Kalau vitamin C sebelumnya dari bahan alami, kali ini bisa memanfaatkan yang ada di dalam produk skincare. Vitamin C salah satu kandungan terbaik sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi loh, bahkan yang baru aja muncul. Dan seiring pemakaian rutin, kulit wajah kamu akan jauh lebih cerah serta kenyal.

  • Glycolic acid

Buat kamu yang sudah lama terjun dalam dunia kecantikan, pasti udah nggak asing dengan kandungan glycolic acid alias AHA, yang membantu meratakan warna kulit yang tidak merata akibat bekas jerawat. Karena itu penggunaan AHA sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, termasuk dalam bentuk obat bekas jerawat.

  • Salicylic acid

Selain AHA, ada juga kandungan yang berfungsi dalam eksfoliasi bernama BHA atau salicylic acid. Fungsi utama salicylic acid dalam eksfoliasi, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab bekas jerawat menghitam. Kamu bisa melakukan cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat satu ini melalui obat bekas jerawat atau skincare.

  • Azelaic acid

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dari Skincare
Sumber: https://www.freepik.com/

Meskipun punya nama ilmiah belakang dengan AHA dan BHA, azelaic acid sudah ada secara alami dari biji-bijian seperti gandum. Azelaic acid berperan dalam cara menghilangkan bekas jerawat karena kandungan antioksidannya yang baik. Beberapa obat bekas jerawat dengan azelaic acid bisa kamu coba di rumah.

  • Retinoid

Retinoid ternyata tidak sebatas untuk produk anti aging aja loh, salah satu dari banyak manfaat retinoid sebagai penghilang bekas jerawat dengan cara meregenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Hanya saja yang perlu diketahui bahwa ada kemungkinan efek samping setelah pakai retinoid, seperti rasa gatal.

  • Niacinamide

Sebagian telah membuktikan niacinamide untuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. Niacinamide juga aman buat semua jenis kulit, bahkan punya tingkat toleransi tinggi terhadap kulit sensitif. Walau perlahan, skincare yang mengandung niacinamide mampu menghilangkan bekas jerawat hitam, dan kulit akan tampak cerah.

  • Sunscreen

Obat bekas jerawat bisa aja sia-sia kalau masih malas pakai sunscreen. Tahu dong, jerawat yang lagi meradang bila kena paparan sinar matahari bakal meninggalkan bekas. Itu mengapa kamu harus rajin pakai sunscreen. Selain terlindungi, sunscreen bagus untuk meratakan warna kulit wajah kamu akibat bekas jerawat hitam.

  • Laser

Kalau kamu kurang sabar, kamu bisa lakukan laser, yang pasti merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Perawatan satu ini dengan menembakkan sinar laser ke bekas jerawat. Laser juga dinilai aman dalam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat loh. Tapi, hanya boleh dilakukan oleh yang ahli ya, dan utamakan konsultasi terlebih dahulu.

  • Filler injection

Pilihan lain cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat adalah suntikan filler atau filler injection. Terutama dalam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, yang mana mengisi cekungan dengan kolagen, lemak, atau zat lainnya. Nah, perawatan ini nggak bisa dilakukan satu kali aja, melainkan berulang-ulang demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Teman SUPERjuangan, jadi kamu pilih cara menghilangkan bekas jerawat yang mana nih? Walau bekas jerawat suka muncul tidak terduga, udah nggak perlu khawatir lagi kan. Sama kayak hidup selalu penuh kejutan, tapi jadi tenang dengan mudahnya punya asuransi kesehatan. Kini klaim cashless menanggung seluruh penyakit, cukup bayar premi mulai Rp4.500 aja loh per hari, apalagi kalau bukan Super Easy Health dari Super You by Sequis!

Artikel Terkait