Manfaat Retinol untuk Wajah

Perawatan kulit yang ditujukan untuk anti-aging semakin berkembang di Industri kecantikan. Namun, selain inovasi perawatan dan produk lainnya, retinol masih merupakan bahan skincare yang sangat dipuja untuk mempertahankan healthy glow dan mencegah tanda-tanda penuaan. Meskipun memiliki banyak kegunaan, masih banyak yang bingung untuk menggunakan retinol menyebabkan pemakaian yang salah atau kurang dimanfaatkan. Maka dari itu, mari pelajari lebih lanjut mengenai retinol disini!

 

Apa itu retinol ?

Retinol adalah salah satu jenis retinoid yang merupakan turunan obat vitamin A. Retinoid banyak digunakan untuk mengatasi banyak penyakit kulit, yakni jerawat, dan penuaan kulit. Retinol sebagai salah satu jenis retinoid juga banyak digunakan untuk perawatan wajah.

Di pasaran, sekarang gampang untuk menemukan produk dengan kandungan retinol dalam dosis rendah, dan dapat ditemukan dalam berbagai ragam bentuk seperti pelembab, toner, dan serum.

 

Mengapa diperlukan ?

Retinol adalah salah satu produk perawatan yang dipuja oleh ahli kecantikan dengan kelebihannya untuk menjaga kesehatan kulit. Retinol yang merupakan turunan obat vitamin A adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan hal ini bisa menyebabkan dampak positif.

“Itu ditambahkan ke perawatan kulit topical untuk mendukung pembaruan kulit, mencerahkan warna kulit, mengurangi jerawat, dan meningkatkan produksi kolagen” dikutip dari Whiteny Bowe, M.D, New York City dermatologist.

 

Siapa yang membutuhkan retinol ?

Menurut ahli kecantikan, perawatan anti-aging sudah harus digunakan mulai umur 20an untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Retinol dapat digunakan oleh semua jenis kulit merupakan salah satu perawatan awet muda yang disarankan untuk mulai digunakan pada umur 25 tahun.

“Pertengahan dua puluh tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan retinol” dikutip dari Ellen Marmur, M.D, anggota dari American Society of Dermatologic Surgery.

 

Manfaatnya pemakaian retinol

Berikut ini adalah 5 manfaat penggunaan retinol:

Menjaga kemudaan kulit

Retinol dapat menjaga kemudaan kulit dengan menjaga lapisan epidermis, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, retinol juga menjaga produksi kolagen pada kulit untuk tidak menurun.

Membantu proses regenerasi kulit

Retinol dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cara masuk ke bawah lapisan epidermis, dan saat sudah berada di tengah lapisan kulit akan menyebabkan efek pengelupasan. Efek pengelupasan ini akan menyebabkan regenerasi pada kulit dan menimbulkan lapisan baru kulit dengan tekstur yang lebih lembut.

Meningkatkan produksi kolagen pada kulit

Penggunaan retinol dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan cara meningkatkan ketebalan pada epidermis dan membantu merangsang produksi kolagen. Saat produksi kolagen meningkat, hal ini dapat mencegah kekeringan pada kulit yang juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalan.

Mencegah timbulnya jerawat

Tidak hanya perawatan awet muda, retinol juga bisa menjadi perawatan untuk jerawat lho. Retinol bersifat komedolitik dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah proses pembentukan komedo dan jerawat.

Memudarkan hiperpigmentasi

Timbulnya bintik hitam dikarenakan oleh beberapa faktor, kerusakan sel kulit karena sinar matahari atau dari bekas jerawat. Retinol yang dapat membantu proses regenerasi kulit juga bisa membantu memudarkan hiperpigmentasi.

Dikutip dari Dr. Corey L. Hartman, MD, Pendiri Skin Wellness Dermatology “Bintik hitam muncul setelah kondisi peradangan yang merusak sel kulit dan melepaskan pigmen ke tingkat yang lebih dalam dari kulit anda di luar sel. Retinol meningkatkan pergantian sel dan membuat siklus sel kulit lebih efisien”

Selain memudarkan hiperpigmentasi dengan membantu proses regenerasi, retinol juga membantu perlambat produksi tyrosinase, enzim yang membantu perkembangan bitnik hitam.

 

Ketahui ini sebelum menggunakan retinol

Jika baru menggunakan retinol, sebaiknya untuk diperkenalkan ke rutinitas skincare secara perlahan karena meski memiliki banyak manfaat, masih ada efek samping dari retinol. Efek samping penggunaan retinol ini sementara dan dapat berlangsung selama beberapa minggu, tetapi akan membaik setelah kulit terbiasa dengan retinol. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan retinol:

  • Umumnya pengguna baru retinol akan merasa kulit mereka kering. Baca juga, cara mengatasi kulit kering.
  • Kulit menjadi kemerahan
  • Terjadinya peradangan
  • Gatal-gatal
  • Kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, karena itu harus rutin menggunakan sunscreen. ketahui manfaat sunscreen.

Efek diatas juga bisa terjadi apabila menggunakan produk yang tidak seharusnya dipakai bersamaan dengan retinol seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide. Apabila tidak menggunakan hal tersebut dan efek samping berlangsung terus menerus, segera hentikan penggunaan retinol.

Risiko efek samping dapat dikurangi dengan memperhatikan beberapa hal ini:

  • Tunggu penggunaan retinol 30 menit setelah mencuci muka
  • Perkenalkan retinol secara perlahan, dapat dimulai dengan menggunakan 2 minggu sekali untuk meningkatkan toleransi kulit pada kandungan retinol
  • Hindari area mata dan mulut. Pastikan untuk menggunakan pelembap setelah itu.
  • Hanya gunakan di malam hari

Demikian fungsi, manfaat, dan efek samping dari penggunaan retinol. Namun, selain efek samping, memiliki kondisi eksim atau rosacea, tidak disarankan untuk menggunakan retinol. Ibu hamil dan menyusui juga tida diperbolehkan untuk menggunakan retinol karena meningkatkan risiko kecacatan atau keguguran pada janin.

Lakukan konsultasi dengan dokter apabila ingin mengetahui lebih lanjut seputar retinol. Selain itu untuk membuat kulit kamu sehat, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat untuk kulit kamu lho!