cek nomor xl

Pernah nggak sih lupa nomor sendiri? Untungnya sekarang banyak cara untuk cek nomor sendiri. Artikel yang ini khusus pengguna XL ya! Ketahui cara cek nomor XL dengan mudah dan bisa dilakukan kapan saja di sini!

Table of Contents

Sebagai salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, pengguna XL sangat banyak dan layanan yang disediakan juga semakin beragam. Yang dulunya hanya bisa digunakan untuk Hp, sekarang bisa digunakan untuk berbagai perangkat, bahkan sekarang XL mulai meluas hingga mengeluarkan Wi-Fi portabel tersendiri. Dengan banyaknya perkembangan XL sejak didirikan hingga sekarang, mari kita ketahui dahulu mulai dari latar belakang perusahaannya. 

Sejarah Berdirinya PT XL Axiata Tbk

sejarah xl axiata

PT XL Axiata Tbk yang sebelumnya didirikan dengan nama PT Grahametropolitan Lestari mulai berdiri pada tanggal 6 Oktober 1989 di Jakarta. Pada saat itu segala sahamnya atau 100% dari saham XL dikuasai oleh PT Rajawali Wira Bhakti Utama milik Peter Sondakh. 

Di bulan Juni, tahun 1995, semua kepemilikan PT Rajawali Wira Bhakti Utama jatuh kepada anak perusahaannya, PT Telekomindo Primabhakti dan hal ini lah yang membuat PT Grahametropolitan yang sekarang dikenal sebagai XL untuk ganti nama menjadi PT Excelcomindo Pratama.

Pada bulan September, tahun 1995. PT Excelcomindo Pratama berhasil mendapatkan lisensi yang memperbolehkan mereka membangun jaringan GSM ketiga di Indonesia setelah Satelindo dan Telkomsel. Mungkin anak muda jaman sekarang kurang familiar dengan GSM. Jaringan GSM yang juga dikenal sebagai Global System for Mobile Communications yang membuat sebuah teknologi komunikasi seluler bersifat digital, contohnya diterapkan pada telepon genggam.

Dilansir dari laman XL Axiata bahwa di tahun 1996, XL Axiata berhasil menjadi perusahaan seluler swasta pertama di Indonesia. Tidak hanya itu, PT XL Axiata Tbk juga berhasil menjadi perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia pertama untuk meluncurkan 4.5G loh.

Perkembangan PT XL Axiata Tbk 

Setelah mendapatkan lisensi GSM, XL berhasil meluncurkan jaringan GSM dengan produknya, ‘GSM – XL’ yang pada saat itu hanya bisa beroperasi di Jakarta dan sekitarnya, tetapi di tahun depan akan diperluas hingga jangkauan seluruh nasional kedepannya. 

Excelcomindo berkembang pesat, tetapi saat terjadi krisis ekonomi di 1997 – 1998, jumlah pelanggannya mengalami penurunan yang drastis, dari 133.000 menjadi 65.000. Untuk memperbaiki hal ini, XL membuat strategi yang bisa membantu kinerjanya tetap stabil, yaitu layanan prabayar yang dinamakan ‘Pro – XL’. 

XL terus berinovasi dan berkembang hingga sekarang menjadi salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. 

Baca Juga: Lupa Nomor Hp Ga Perlu Panik! 9 Cara Cek Nomor Smartfren Dengan Mudah Ada Di Sini

Layanan Konsumen PT XL Axiata Tbk 

cek nomor xl

Dengan perkembangan pesat dari PT XL Axiata Tbk, berikut ini adalah beberapa layanan konsumen yang tersedia.

  • XL Prepaid: Ini adalah produk prabayar XL dimana pengguna bisa membeli paket atau kuota yang dibutuhkan terlebih dahulu dan diisi setiap  bulannya.
  • XL Prioritas: Ini adalah produk pascabayar XL yang telah didukung jaringan XL Axiata 4.5G dengan kuota unlimited. Untuk produk XL prioritas biasanya akan bertahan selama beberapa bulan hingga 1 tahun.
  • XL Home: Ini adalah layanan Wifi portable dari XL yang cocok digunakan sekeluarga. Produk ini menggunakan kuota, karena itu harus diisi ulang pulsa dan paket seperti Hp untuk digunakan.

Bagaimana Cara Cek Nomor XL

Dengan berbagai macam produk yang dimiliki oleh XL, semuanya masih bergantung dan terkoneksi dengan nomor telepon. Lantas bagaimana jika tidak tahu atau lupa dengan nomor yang dimiliki? Nggak usah panik ya karena cara cek nomor XL itu gampang dan beragam banget kok! Jadi pasti ada cara cek nomor kartu XL yang berhasil untuk kamu! 

Berikut ini adalah 8 cara cek nomor XL dengan mudah agar nggak takut lagi kelupaan nomor XL kamu.

  • Cara Cek Nomor XL Dengan Menghubungi *123#

Menghubungi *123# merupakan salah satu cara mengetahui nomor XL paling gampang yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah langkah – langkahnya!

  1. Pada Hp pilih menu telepon
  2. Ketik *123#
  3. Tekan telepon 
  4. Tunggu beberapa saat hingga opsi layanan keluar
  5. Pada kolom yang tersedia, pilih opsi info
  6. Jika sudah pilih opsi detail nomor XL anda
  7. Pilih opsi cek profile 
  8. Lalu pilih opsi info nomor 
  9. Tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai nomor yang dimiliki muncul pada layar

instagram superyou

  • Cara Cek Nomor XL Lewat *123*7*1*2#

Selain menghubungi *123#, cara cek nomor XL Axiata bisa dengan menghubungi *123*7*1*2#. Caranya tidak begitu beda dari yang sebelumnya, mari ketahui bagaimana langkahnya di bawah ini!

  1. Buka menu telepon pada Hp 
  2. Ketik *123*7*1*2#
  3. Tekan telepon dan tunggu beberapa saat untuk diproses
  4. Jika sudah, maka pada kolom yang tersedia pilih opsi info nomor
  5. Tunggu lagi beberapa saat 
  6. Informasi nomor XL yang dimiliki akan muncul pada layar
  • Cara Cek Nomor XL Dengan Telepon

Bisa cek nomor XL dengan telepon? Apa bedanya dengan yang sebelumnya? Cara cek nomor kartu XL ini berbeda dengan dua sebelumnya. Dimana cara pertama dan kedua menggunakan layanan XL yang telah tersedia yang ini adalah dengan menghubungi pengguna lain. Seperti menelpon teman saja, pasti nomor milik kita timbul di layar mereka kan? Nah, berikut ini adalah langkahnya. 

  1. Buka menu telepon pada Hp
  2. Pastikan orang yang akan ditelepon berada di dekat kamu
  3. Hubungi orang tersebut 
  4. Tunggu hingga panggilan masuk 
  5. Nomor orang yang melakukan panggilan akan timbul pada layar Hp orang yang ditelepon
  • Cara Cek Nomor XL Dengan SMS

cek nomor xl

Cara mengetahui nomor XL juga bisa dilakukan melalui SMS juga menjadi cara yang mudah dan mirip dengan metode cek nomor XL dengan telepon sebelumnya. 

  1. Dengan membuka aplikasi SMS 
  2. Pada bagian nomor tujuan bisa dikirim ke 9333
  3. Pada bagian isi surat bisa mengetik NOM
  4. Kirim SMS 
  5. Tunggu hingga SMS balasan berisi nomor yang dimiliki masuk
  • Cara Cek Nomor XL Melalui Call Center 

Call center merupakan salah satu layanan XL yang bisa membantu cek nomor XL loh. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Buka menu telepon pada Hp
  2. Ketik 818 atau 817 
  3. Klik telepon 
  4. Tunggu hingga panggilan dijawab oleh mesin penjawab otomatis  

Baca Juga: Pengguna Setia Wajib Tahu Cara Mudah Cek Nomor Indosat Kamu!

  • Cara Cek Nomor XL Melalui E-mail 

Apa kamu tahu bahwa cara cek nomor XL bisa dilakukan melalui layanan e-mail? Cara mengecek kartu XL lewat email gampang sekali kok! Hanya perlu menulis e-mail yang ditujukan ke customerservice@xl.co.id. Pada isi e-mail jelaskan mengenai kendala yang dimiliki dan tujuan melakukan pengecekan nomor serta beberapa informasi identitas yang terdaftar pada nomor yang dicari.

  • Cara Cek Nomor XL Melalui Aplikasi MyXL

Cara mengetahui nomor XL paling gampang lainnya adalah melalui aplikasi MyXL. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi MyXL, seperti gampang untuk mengisi pulsa, mengetahui jumlah kuota yang dimiliki berdasarkan spesifikasinya, gampang mengisi kuota dan membeli jenis kuota lainnya. 

Terkadang bahkan XL mengadakan promosi yang memperbolehkan pengguna membeli pulsa atau kuota dengan harga yang jauh lebih murah. Kembali ke cara cek nomor XL melalui aplikasi MyXL, mari pelajari langkah-langkahnya.

  1. Unduh aplikasi MyXL ke Hp dari Google Play atau App Store
  2. Daftarkan akun ke aplikasi 
  3. Masuk ke akun yang dimiliki 
  4. Pada  halaman utama aplikasi bisa melihat nomor yang dimiliki dan sisa saldo
  • Cara Cek Nomor XL Melalui Situs Web XL

Cara mengetahui nomor XL juga bisa melalui situs web XL. Yuk, ketahui langkah-langkahnya!

  1. Buka browser
  2. Pergi ke situs resmi XL Axiata di www.xl.co.id
  3. Pilih opsi login 
  4. Ketik nomor telepon yang dimiliki dan kata sandi akun yang telah dimasukkan lalu login, tetapi jika belum memiliki akun bisa daftar terlebih dahulu 
  5. Masuk ke akun yang dimiliki
  6. Pada bagian informasi akun atau profil pengguna nomor akan terlihat 

super easy health terbaru

Nah, itulah 8 metode untuk cek nomor XL dengan mudah dan cepat! Pastikan untuk mengetahui 8 cara ini agar tidak bingung ketika memerlukan nomor Hp. Jangan lupa juga untuk selalu melindungi kesehatan diri dengan asuransi kesehatan, seperti Super Easy Health dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait