daun sambiloto untuk kesehatan

Daun sambiloto untuk kesehatan memiliki banyak manfaat yang tak terduga. 

Tidak disangka bahwa si kecil yang berasa pahit ini memiliki segudang kegunaan karena kandungannya. 

Manfaat sambiloto untuk kesehatan banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional, tetapi tidak hanya disitu tanaman sambiloto juga dijadikan minuman herbal dalam bentuk teh karena khasiat daun sambiloto yang dipercaya bisa memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara menyeluruh. 

Daun Sambiloto

Apa itu Daun Sambiloto?

Apa itu Daun Sambiloto

Di Indonesia mungkin terdapat beragam aneka tanaman obat, salah satunya adalah tanaman sambiloto. Tanaman sambiloto yang juga dikenal dengan nama ‘King of Bitter’ merupakan tanaman yang digunakan untuk medis. 

Tanaman sambiloto dengan nama saintifik Andrographis Paniculata Nees sudah ada di Indonesia sejak 1893 menurut data dari Herbarium Bogoriense di Bogor. Namun, tanaman ini tidak hanya berada di Indonesia, tetapi juga India, bagian selatan China, Australia dan berbagai negara Asia Tenggara lainnya. 

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan sangat banyak dipergunakan untuk mengobati penyakit seperti disentri, malaria atau diare. 

Tanaman sambiloto tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan dikenal dengan berbagai macam sebutan. Sambiloto dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai bidara, sambiroto, sandiloto, sadilata, sambiloto. 

Namun, di Sumatera, tanaman sambiloto dikenal oleh masyarakatnya sebagai pepaitan atau ampadu.

Kenali Ciri Daun Sambiloto 

Di Indonesia tanaman Sambiloto tersebar luas di daerah pulau Jawa, Madura dan Bawean. 

Tanaman sambiloto berdiri tegak dan memiliki ketinggian yang berkisar 35 – 110 sentimeter. Selain itu, ciri – ciri daun sambiloto juga bisa dilihat dari daun tunggal yang memiliki tangkai pendek, terletak berhadapan dan menyilang serta berbentuk seperti pedang dengan pangkal dan ujung runcing, tepi rata dengan permukaan atas halus berwarna hijau tua.

Saat berbunga, warnanya putih keunguan dengan bentuknya yang bulat panjang dengan pangkal dan ujungnya lancip.

Buah sambiloto juga sama seperti daun dan bunganya, memiliki bentuk jorong dengan ujungnya yang lancip dan tajam dengan panjang sekitar 2 cm. 

Meski tanaman sambiloto terdapat di berbagai negara, tetapi waktu tumbuhnya berbeda – beda dan hanya pada bulan tertentu saja, loh. Ketahui bulan – bulannya di bawah ini:

  • India: Di India, tanaman sambiloto akan berbunga dan berbuah pada bulan – bulan tertentu, yakni bulan Oktober atau Maret hingga bulan Juli.
  • Australia: Di Australia, tanaman sambiloto akan berbunga dan berbuah pada bulan November hingga Juni.
  • Indonesia: Berbeda dari negara lainnya, di Indonesia tanaman sambiloto bisa berbunga dan berbuah sepanjang tahun, sehingga  bisa dijumpai kapan saja.

Baca Juga: 14 Manfaat Daun Kelor yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Saja Kandungan Tanaman Sambiloto

Digunakannya daun sambiloto untuk kesehatan adalah karena dipercaya mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Meski efektivitasnya untuk kesehatan masih perlu diteliti lebih jauh lagi, berikut adalah beberapa kandungan yang dipercaya ada pada tanaman sambiloto:

  • Flavonoid: Senyawa ini bermanfaat karena bersifat anti – inflamasi dan antioksidan.
  • Tanin: Selain flavonoid, ada juga Tanin yang memiliki sifat anti – inflamasi, tetapi tidak hanya itu karena tanin juga memiliki sifat antiseptik.
  • Asam Lemak: Tanaman sambiloto mengandung asam lemak, seperti asam linoleat dan asam linolenat yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Senyawa anti – tumor: Manfaat sambiloto untuk kesehatan juga untuk mengatasi kanker. Hal ini karena tanaman sambiloto mengandung senyawa anti – tumor. 

Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan 

Daun sambiloto untuk kesehatan memiliki beberapa manfaatnya tersendiri, meski masih harus dipelajari lebih jauh lagi. Namun, berikut ini adalah beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan:

  • Meredakan nyeri: Dengan kandungan yang bersifat anti – inflamasi, tanaman sambiloto bisa membantu meredakan nyeri dan peradangan.
  • Mengatasi infeksi bakteri: Tanaman sambiloto juga bersifat antibakteri sehingga jika dikonsumsi bisa mencegah dan mengatasi infeksi bakteri.
  • Membantu masalah pencernaan: Manfaat sambiloto untuk kesehatan juga membantu dengan masalah pencernaan yang sering terjadi, seperti diare, mual dan muntah.
  • Menjaga kesehatan kulit: daun sambiloto untuk kesehatan kulit bisa mengatasi masalah seperti jerawat, bisul dan luka.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh: Tanaman sambiloto juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga mencegah adanya penyakit dan infeksi untuk terjadi.

Sekali lagi, penggunaan dari daun sambiloto untuk kesehatan dan obat alternatif masih harus dipelajari lebih jauh lagi karena masih belum terbukti secara ilmiah. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Cara Penyajian Tanaman Sambiloto

Terdapat beberapa cara untuk menyajikan tanaman sambiloto untuk digunakan sebagai minuman atau makanan untuk kesehatan, yaitu:

  1. Di rebus: Salah satu cara penyajian daun sambiloto untuk kesehatan adalah dengan merebus daun sambiloto yang masih segar atau sudah kering ke dalam air hingga air rebusan menyerupai warna air teh. Jika sudah jadi, air rebusan daun sambiloto tersebut bisa diminum sebagai minuman herbal.
  2. Jamu Sambiloto: Selain dijadikan teh, daun sambiloto juga bisa dijadikan jamu sambiloto. Cara membuat jamu sambiloto adalah dengan mencampurkan daun sambiloto yang telah diolah dengan bahan – bahan herbal lainnya, gula dan air agar bisa membuat jamu herbal.
  3. Ditambahkan ke makanan: Selain untuk diminum, tanaman sambiloto juga bisa dicampurkan ke dalam makanan, loh. Cara menyajikan daun sambiloto dengan makanan adalah dengan mencampurkannya ke makanan seperti sambal atau dengan di tumis sehingga rasanya semakin pekat dan semakin kaya kandungan nutrisinya. 

Meski tidak ada larangan mengonsumsi tanaman sambiloto, pastikan untuk melakukan konsultasi dahulu, karena manfaat sambiloto untuk kesehatan masih belum terbuktikan. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi. 

super cinta superyou

Selain menggunakan daun sambiloto untuk kesehatan, pastikan untuk menjaga kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait