Fungsi Tulang Telapak Kaki

Tulang telapak kaki sangat penting untuk pergerakan kaki, sehingga jika tulang telapak kaki terganggu maka bisa menyebabkan fungsi tulang telapak kaki terganggu. Jika terganggu maka pergerakan kaki juga semakin sulit dan menyebabkan aktivitas sehari – hari tidak maksimal. 

Tulang Telapak Kaki

Apa itu Tulang Telapak Kaki

Tulang telapak kaki merupakan tulang panjang yang menjadi penghubung antara jari kaki dan pergelangan kaki. Pada tulang telapak kaki, jumlahnya bisa dibagi tiga bagian dengan jumlah tulang telapak kaki ada 10. 

Tidak hanya tulang, pada telapak kaki juga dilengkapi dengan ruas tulang hingga 26, 19 jumlah otot, 33 sendi dan 100 otot, tendon dan ligamen. Untuk seseorang bisa menggerakkan kakinya dan bisa beraktivitas secara maksimal sehari – hari, seluruh bagian tulang telapak kaki harus bekerja sama dengan baik agar fungsi tulang telapak kaki bisa dilakukan.

Baca Juga:  Ketahui 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga dan 10 Gerakannya!

Apa Fungsi Tulang Telapak Kaki

Apa Fungsi Tulang Telapak Kaki

Fungsi tulang telapak kaki manusia yaitu untuk mendukung pergerakan kaki secara keseluruhan. Namun, jika diperjelas, apa fungsi tulang telapak kaki?

Fungsi tulang telapak kaki memiliki 3 fungsi utama yang bisa menjaga tubuh untuk beraktivitas secara maksimal. Yuk, ketahui penjelasan dari 3 fungsi telapak kaki adalah:

  • Menopang Berat Badan Tubuh 

Fungsi tulang telapak kaki adalah menahan berat badan tubuh seseorang sehingga bisa berdiri tegak. Untuk melakukan hal ini, tulang telapak kaki juga menerima bantuan dari tulang lainnya, seperti tulang paha, tulang jari kaki dan betis.

  • Menjaga Kaki dan Tubuh Tetap Seimbang 

Agar tubuh bisa berdiri tegak, fungsi tulang telapak kaki adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dengan tubuh seimbang, akan semakin aman dan mudah seseorang loncat, berlari dan berjalan.

  • Mendukung Pergerakan Kaki 

Fungsi tulang telapak kaki juga mendukung pergerakan kaki sehingga bisa bergerak fleksibel dan bergerak dengan maksimal.

Struktur Tulang Telapak Kaki 

Struktur tulang telapak kaki sangat penting bagi fungsi tulang telapak kaki. Jika terjadi masalah pada struktur atau terjadi kelainan, maka bisa menyebabkan sakit pada telapak kaki. Yuk, ketahui bagaimana anatomi dan struktur dari tulang telapak kaki.

Anatomi dari tulang telapak kaki bisa dibagi menjadi 3 bagian, yakni bagian depan, tengah dan belakang. Ketahui penjelasannya di bawah ini!

  • Bagian Depan dari Tulang Telapak Kaki 

Pada bagian depan tulang telapak kaki terdiri dari tulang jari kaki dan metatarsal. Pada jari kaki, terdapat 14 ruas tulang, 2 ruas tulang untuk jempol kaki dan jari lainnya memiliki 3 ruas tulang. 

Pada metatarsal, ada 5 tulang yang bermula dari jempol kaki. Selain itu, ada sesamoid atau 2 tulang kecil dengan ukuran sebesar kacang polong di bawah tulang metatarsal.

  • Bagian Tengah dari Tulang Telapak Kaki

Pada bagian tengah dari tulang telapak kaki hanya terdapat tulang tarsal yang berbentuk tak seragam yang menyerupai piramida.

  • Bagian Belakang dari Tulang Telapak Kaki 

Tulang telapak kaki bagian belakang atau talus adalah bagian yang terdiri dari tulang tumit dan tulang pergelangan kaki. Keduanya membantu fungsi tulang telapak kaki sebagai penopang kaki.

Apa Saja Masalah Pada Telapak Kaki?

Apa Saja Masalah Pada Telapak Kaki

Berikut ini adalah beberapa masalah yang bisa terjadi pada telapak kaki hingga menyebabkan sakit telapak kaki.

  • Kapalan

Kapalan adalah kondisi lapisan kulit yang mengalami penebalan. Hal ini disebabkan oleh mekanisme kulit yang melindungi diri dari terjadinya gesekan dan tekanan. 

  • Plantar Fasciitis

Ini adalah kondisi peradangan yang terjadi pada jaringan di bawah kaki dari tumit hingga jari kaki. Plantar fasciitis bisa menyebabkan telapak kaki sakit bagian tengah. 

Penyebab dari plantar fasciitis bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti umur sudah 40 – 70 tahun, berat badan berlebih, melakukan olahraga seperti lari jarak jauh dan balet, dan lainnya.

  • Rheumatoid Arthritis

Ini adalah kondisi autoimun yang menargetkan sendi – sendi kecil di tubuh, seperti pada persendian tangan dan kaki. 

Jika mengalami rheumatoid arthritis atau radang sendi yang tidak diobati bisa menyebabkan terjadinya pengikisan tulang dan mengalami kelainan pada bentuk sendi. 

Rheumatoid arthritis menyebabkan terjadinya pembengkakan, timbul rasa nyeri, menjadi kaki dan sulit digerakkan.

  • Asam Urat

Asam urat sering menjadi penyebab telapak kaki sakit. Hal ini karena penumpukan kristal asam urat pada sendi menyebabkan kaki membengkak, hangat karena peradangan dan memerah.

  • Kaki Rata

Kaki rata biasanya terbentuk sejak kecil dimana pada masa kanak – kanak lengkungan pada kaki bagian dalam tidak berkembang. Hal ini menyebabkan seseorang dengan kondisi ini terlihat sepenuhnya menyentuh lantai saat sedang berdiri. 

Namun, terjadinya kaki datar juga bisa terjadi akibat cedera, berat badan yang berlebihan, proses penuaan, mengalami diabetes atau rheumatoid arthritis. 

  • Club Foot 

Club foot yang juga dikenal sebagai kaki pengkor adalah kelainan telapak kaki yang menjadi bawaan sejak lahir. Pada kaki pengkor, tulang bagian atas kaki hingga bagian tumit terpelintir ke dalam yang menyebabkan penderitanya akan mengalami kesulitan untuk jalan dengan normal.

  • Heels Spurs

Heels spurs merupakan kondisi dimana tulang tumit menonjol dan menimbulkan rasa nyeri pada tumit. Terjadinya hal ini karena ada tekanan yang berlebihan, bisa pada tulang tumit atau ligamen dan tendon kaki mengalami penegangan.

  • Kedutan Telapak Kaki Kanan 

Kedutan telapak kaki kanan bisa muncul jika otot – otot di bagian tertentu menjadi tegang dan menimbulkan sensasi seperti sedang ditarik. Peregangan otot yang menyebabkan timbulnya kedutan telapak kaki kanan bisa jadi memiliki alas kaki yang tidak tepat, sehingga menyebabkan otot kaki untuk bekerja menahan beban tubuh lebih keras. 

Tidak hanya itu, jika alas kaki tidak tepat, maka berpotensi untuk mengganggu peredaran darah dan oksigen sehingga timbul kedutan telapak kaki kanan.

Selain alas kaki, beban yang berlebihan pada kaki juga menimbulkan kedutan telapak kaki kanan. Beban tersebut bisa terjadi karena berolahraga berlebihan dan terus melakukan gerakan sehingga otot terus mengalami kontraksi. 

  • Kedutan Telapak Kaki Kiri

Kedutan telapak kaki kiri terjadi karena titik saraf yang ada pada telapak kaki kiri mengalami penegangan yang disebabkan oleh kelelahan, pola tidur yang tidak beraturan, terlalu banyak kafein, terlalu banyak merokok dan makan yang tidak teratur.

promo super cinta

Tulang telapak kaki sangat diperlukan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik dan aktivitas sehari – hari tidak terganggu, karena itu pastikan untuk menjaga kesehatan dari tulang telapak kaki agar fungsi tulang telapak kaki tidak bermasalah. Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan. Super You memiliki asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait