kondiloma akuminata

Kondiloma akumintata merupakan masalah kulit kelamin menular yang bisa terjadi saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini tidak jarang ditemui oleh seseorang yang aktif secara seksual dan pasti pernah mengalaminya setidaknya sekali. Hal ini karena salah satu penyebaran dari kondiloma akuminata adalah melakukan kontak saat berhubungan seksual. 

Namun, untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu kondiloma akuminata, penyebab dan gejalanya hingga bagaimana cara mengatasinya mari ketahui di bawah ini!

Kondiloma Akuminata

Apa itu Kondiloma Akuminata

Kondiloma akuminata adalah kutil kelamin yang timbul akibat infeksi virus Human Papillomavirus atau HPV. Karena penyebaran kondiloma akuminata terjadi lewat hubungan seksual, kondisi ini dianggap sebagai penyakit menular seksual (PMS). 

Penularan penyakit kutil kelamin ini atau kondiloma akuminata biasanya tersebar melalui hubungan suami istri, oral maupun anal.

Secara kasatmata, kutil kelamin ini awalnya tidak terlihat. Namun, lama kelamaan kutil akan membesar dan bisa terasa langsung dengan sentuhan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Tetapi, wanita sangat dominan tertular penyakit ini.

Jenis-Jenis Kondiloma Akuminata

Terdapat dua jenis kondiloma, yaitu kondiloma akuminata dan kondiloma lata. Perbedaan kondiloma lata dan akuminata adalah: 

  1. Kondiloma akuminata merupakan kutil anogenital yang disebabkan oleh HPV tipe 6 dan tipe 11 dan bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun setelah terkena infeksi tersebut. 
  2. Kondiloma lata disebabkan oleh bakteri treponema pallidum dan menyebabkan infeksi sifilis. Infeksi ini bisa terlihat seperti luka berwarna keputihan atau keabuan. Luka tersebut tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya timbul pada area yang cenderung lembab dan hangat, seperti alat kelamin dan anus.

Penyebab Kondiloma Akuminata 

Penyebab kondiloma akuminata terjadi disebabkan oleh HPV, kutil kelamin yang gampang menyebar melalui kontak seksual dan terdapat lebih dari 40 jenisnya. Kutil kelamin tersebut tidak selalu terlihat saat menyebar dan pada dasarnya, siapapun yang aktif secara seksual pasti pernah terkena infeksi HPV genital meski hanya sekali.

  • HPV

Berdasarkan National Cancer Institute, 90 persen penyebab terjadinya kutil kelamin adalah HPV tipe 6 dan HPV tipe 11 yang memiliki risiko rendah. HPV sendiri memiliki sekitar 30 hingga 40 tipe yang menyerang kelamin, tetapi hanya beberapa yang menyebabkan terjadinya kutil kelamin. 

Penyebaran virus HPV sangat mudah, yaitu melalui kontak fisik atau kulit ke kulit. Hal ini menyebabkan HPV untuk dianggap infeksi menular seksual atau IMS dan tidak jarang untuk orang yang aktif secara seksual terkena kutil kelamin. 

Baca Juga: Pahami Fungsi dari Sistem Reproduksi Manusia dan Cara Merawatnya

  • Faktor Risiko 

Namun, meskipun kondiloma akuminata disebabkan oleh HPV, terdapat beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan terjadinya kondiloma akuminata. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang bisa menjadi penyebab kondiloma akuminata:

  • Melakukan hubungan intim atau seksual tanpa menggunakan proteksi dari kondom
  • Berganti-ganti pasangan saat melakukan hubungan seksual 
  • Melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang riwayat seksualnya tidak diketahui
  • Mulai aktif berhubungan seksual sejak usia muda 
  • Mengidap penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti human immunodeficiency virus atau HIV 
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu 

Gejala Kondiloma Akuminata  

Terjadinya kondiloma akuminata akan disertakan dengan beberapa gejala tertentu. Gejala kondiloma akuminata pada wanita biasanya kutil kelamin akan timbul pada vulva, dinding vagina, atau pada area di antara alat kelamin luar dan anus. Selain itu, kondiloma akuminata juga bisa tumbuh di lubang anus dan dinding rahim.

Gejala kondiloma akuminata pada pria akan disertai dengan tumbuhnya kutil kelamin pada area ujung atau batang penis, skrotum serta bisa juga timbul di anus. 

Jika seseorang melakukan hubungan seksual secara oral, kutil kelamin juga bisa timbul di mulut atau tenggorokan. Berikut ini adalah gejala kondiloma akuminata yang umum terjadi:

  • Timbul benjolan kecil dengan warna yang menyerupai kulit atau daging, kecoklatan atau bahkan kemerahan pada area genital 
  • Jika kutil kelamin tumbuh berdekatan, maka bisa menyerupai kembang kol
  • Timbul rasa gatal pada area genital
  • Saat melakukan hubungan seksual bisa menyebabkan pendarahan 
  • Perlu diketahui bahwa tidak semua kutil menimbulkan benjolan, beberapa juga bisa berukuran kecil dengan tekstur yang datar sehingga tidak terlihat  

Baca Juga: Penyebab Penyakit Kutil Tumbuh, Apa Berbahaya Bagi Kulit?

Cara Menangani Kondiloma Akuminata

Menangani kondiloma akuminata bisa dilakukan dengan berbagai pengobatan, baik menggunakan bahan alami atau menggunakan obat-obatan. 

Pengobatan Menggunakan Bahan Alami

Menangani gejala yang terjadi akibat kutil kelamin bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini adalah 5 bahan alami yang bisa membantu meredakan gejala kutil kelamin:

  • Tea Tree Oil 

Tea Tree Oil merupakan minyak esensial yang memiliki kandungan antiseptik dan antivirus, sehingga bisa melawan virus dan mikroorganisme. Kelebihan dari minyak ini adalah bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, seperti kutil kelamin.

Cara menggunakan tea tree oil sebagai pengobatan kondiloma akuminata adalah dengan mencampurkannya ke minyak pengencer, seperti minyak kelapa atau almond, hanya perlu 1-2 tetes dan dioleskan ke kutil. Setelah itu tunggu 1-2 jam sebelum bilas. 

Namun, menggunakan tea tree oil harus berhati-hati karena bisa menyebabkan iritasi, terutama pada area yang sensitif, seperti area kelamin.

  • Aloe Vera

Tanaman lidah buaya atau aloe vera bisa digunakan sebagai pengobatan kondiloma akuminata karena memiliki efek antimikroba dan sifatnya yang antiradang. Cara menggunakan aloe vera untuk mengatasi kulit kelami adalah: 

  1. Siapkan lidah buaya dalam bentuk gel
  2. Oleskan gel lidah buaya ke area kutil kelamin 
  3. Tutupi kutil menggunakan kain kasa bersih dan diamkan semalaman 
  4. Keesokan harinya lepaskan kain kasa dan bersihkan area tersebut menggunakan air hangat
  5. Ulangi 1 kali sehari minimal 1 bulan 
  • Green Tea

Green tea atau teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai pengobatan kondiloma akuminata. Cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi kutil kelamin adalah dengan mengambil ekstrak teh hijau dan campurkan ke minyak kelapa. Setelah itu oleskan ke daerah kutil kelamin. 

Sebelum menggunakan teh hijau untuk mengobati kondiloma akuminata, perlu diketahui bahwa teh hijau pada area kemaluan bisa menyebabkan iritasi dan terjadinya kemerahan pada kulit, mengering dan timbul rasa perih.

  • Apple Cider Vinegar

Cuka sari apel yang juga dikenal sebagai Apple Cider Vinegar bisa digunakan sebagai pengobatan kondiloma akuminata. Cara menggunakan apple cider vinegar untuk mengatasi kutil kelamin sama dengan obat tetes kutil. Keasaman dari cuka sari apel akan mengikis permukaan kutil.

  • Minyak Jarak

Minyak jarak banyak digunakan untuk mengatasi banyak masalah kulit, salah satunya adalah kutil kelamin. Minyak jarak mengandung asam risinoleat sehingga bisa membantu pengobatan kondiloma akuminata karena bersifat anti radang dan antivirus.

Cara menggunakan minyak jarak sama seperti menggunakan tanaman lidah buaya untuk mengatasi kondiloma akuminata. Namun, pastikan untuk hindari pemakaian minyak jarak jika seseorang memiliki kulit sensitif, sedang hamil atau menderita eksim.

Pengobatan Menggunakan Obat Medis

Selain mengobati kondiloma akuminata dengan bahan alami, terdapat beberapa obat medis yang bisa diberikan oleh dokter untuk mengobati kutil kelamin, yakni:

  • Podofilotoksin yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dari sel kutil
  • Imiquimod yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan infeksi HPV
  • Salep herbal dengan kandungan katekin yang merupakan senyawa aktif di teh hijau yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi HPV

Operasi 

Jika telah diberikan pengobatan tetapi tidak kunjung sembuh, kutil kelamin bisa diatasi dengan operasi. Berikut ini adalah beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan sebagai pengobatan kondiloma akuminata:

  • Terapi sinar laser prosedur menghilangkan kutil kelamin menggunakan sinar laser
  • Cryosurgery merupakan prosedur pembekuan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair
  • Electrocautery merupakan prosedur untuk menghilangkan kutil menggunakan arus listrik
  • Eksisi merupakan prosedur pembedahan dengan tujuan menghilangkan kutil

Cara Mencegah Kondiloma Akuminata

Untuk mencegah terjadinya kondiloma akuminata, pastikan keamanan saat melakukan hubungan seksual dengan menggunakan kondom serta hindari untuk mengganti-ganti pasangan untuk sebagai cara mencegah kutil kelamin.

Selain itu cara mencegah kondiloma akuminata juga bisa dilakukan dengan melakukan vaksin HPV.

Sekian penjelasan mengenai kondiloma akuminata yang merupakan kutil kelamin. Pastikan untuk melindungi diri dari kondisi ini dengan melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim dan hindari mengganti pasangan, terutama jika riwayat hubungan seksualnya tidak jelas atau kita ketahui. 

Asuransi sesuai gaji kamu

Selain itu pastikan untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait