Cara Hitung Weton Jodoh

Buat kamu yang saat ini sedang mencari pasangan, ada sebuah perhitungan atau ramalan untuk menunjukkan siapa jodoh kamu. Apa kamu pernah mendengar tentang weton jodoh? Weton sendiri adalah hitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menunjukkan ramalan tertentu.

Sekadar informasi, weton merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa Jawa dengan arti peringatan hari kelahiran dari seorang bayi. Sama dengan namanya, weton jodoh merupakan sebuah penanggalan yang berasal dari kalender Jawa dan dianggap bisa meramal jodoh seseorang.

Table of Contents

Weton Jawa ini biasanya dilihat dari hari lahir pasangan yang dijadikan dasar untuk menilai kecocokan di antara keduanya sebelum menjalani hubungan yang lebih jauh. Dari hasil weton jodoh ini, maka nantinya kamu akan bisa menentukan tingkat kecocokan dengan pasangan kamu lho.

Lantas, bagaimana cara menghitung weton jodoh ini? Kamu akan mendapatkan informasinya dalam artikel yang akan kami buat ini.

Cara Perhitungan Weton Jodoh

Cara Perhitungan Weton Jodoh

Dalam perhitungan weton jodoh, kamu perlu untuk memperhitungkan jumlah hari lahir dari pasangan sesuai dengan hitungan weton. Namun, kalau ini menjadi hitungan weton pertama, ini rumus yang harus kamu ketahui.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan nilai atau jumlah dari masing-masing hari kelahiran. Dalam weton, terdapat 7 nilai masehi, yakni:

  • Minggu bernilai 5
  • Senin bernilai 4
  • Selasa bernilai 3
  • Rabu bernilai 7
  • Kamis bernilai 8
  • Jumat bernilai 6
  • Sabtu bernilai 9

Selain mengetahui nilai dari hari kelahiran masehi, kamu juga perlu untuk mengetahui nilai pasaran yang merupakan hari dalam tanggalan Jawa.

Untuk informasi tambahan, ada 5 jenis hari yang memiliki nilainya masing-masing, yaitu:

  • Kliwon bernilai 8
  • Legi bernilai 5
  • Pahing bernilai 9
  • Pon bernilai 7
  • Wage bernilai 4

Setelah kamu mengetahui kedua niai dari masehi dan pasaran yang sudah kami jelaskan di atas, kamu kini bisa menjumlahkannya.

Misalnya saja, kamu lahir pada Senin Wage maka 4+4=8. Sementara itu pasangan kamu lahir di Sabtu Pon, maka 9+7=16. Penjumlahan kedua nilai itu dikenal dengan nama neptu (nilai jumlah angka hari dan pasaran).

Maka jika dijumlahkan hasil dari penggabungan weton jodoh di antara keduanya adala 8+16=24. Kemudian, hasil  dari penjumlahan itu adalah tingkat kecocokan yang nantinya akan dilihat apakah hubungan pasangan tersebut layak atau perlu diwaspadai.

Untuk mengetahui tingkat kecocokannya, kamu perlu untuk mengetahui penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Baca Juga : Arti Mimpi Hamil Ditinjau Dari Sisi Islam, Primbon Jawa, dan Psikologis

Tingkat Kecocokan Hitungan Jodoh Jawa (Weton)

Tingkat kecocokan hitungan jodoh Jawa ini juga penting untuk kamu ketahui selain dari hitungan weton jodoh. Pasalnya ini akan sangat berkaitan dengan tingkat kesamaan kamu dengan pasangan. Perhitungan weton jodoh ini memang dikenal sebagai cara lama, namun hal ini juga bisa diaplikasikan di zaman modern seperti sekarang ini.

Tanpa berlama-lama lagi, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang neptu atau nilai jumlah angka hari dan pasaran hitungan jawa.

  • Pegat

Tingkat kecocokan yang pertama dikenal dengan nama pegat atau rawan. Kondisi ini bisa terjadi jika jumlah weton kamu dan pasangan memiliki neptu seperti 1,9,10,18,19,27,28, dan 36. Sudah banyak isu beredar bahwa ramalan jodoh berdasarkan weton ini sebagai pasangan yang rentan.

Dalam weton jawa dijelaskan bahwa pasangan yang memiliki nilai neptu beberapa angka di atas mungkin akan sering bertemu dalam masalah di kemudian hari. Beberapa masalah yang mungkin akan terjadi adalah ekonomi, kekuasaan, atau sampai perselingkuhan.

  • Ratu

Perhitungan weton jodoh kecocokan berikutnya adalah ratu. Kondisi ini terjadi jika hasil neptu kamu dan pasangan berada di angka 2, 11, 20, dan 29. Ratu diartikan sebagai hubungan yang dihargai atau disegani oleh lingkungan sekitar kamu.

Maka, jika kamu dan pasangan memiliki jumlah weton 29, maka hubungan rumah tangga kamu dan pasangan diprediksi akan berjalan manis atau harmonis.

  • Jodoh

Selanjutnya ada jodoh. Dalam hitungan weton jodoh, hal ini bisa terjadi jika neptu menemukan angka 3,12,21, dan 30. Sama dengan namanya, maka kamu dan pasangan yang menemukan angka ini dianggap sebagai jodoh sejati.

Dengan angka weton ini, kamu akan menjalani hubungan rukun hingga tua bersama pasangan. Namun, hal ini juga harus diiringi dengan sikap saling mengerti diantara pasangan ya. Jangan karena hasil hitungan weton ini, maka kamu akan bersikap seenaknya saja kepada pasangan.

  • Topo

Lalu, kalau hasil penjumlahan neptu kamu dan pasangan menunjukkan angka 4,13, 22, dan 31, maka ini masuk ke dalam kategori topo dalam weton jodoh jawa. Ramalan jodoh berdasarkan weton ini diprediksi akan mengalami kesusahan di awal-awal.

Namun, kamu dan pasangan tak perlu khawatir karena dalam ramalan weton masalah ini mungkin hanya terjadi di awal-awal hubungan saja. Di kemudian hari, kamu dan pasangan akan bahagia dan bisa mengatasi dengan baik.

  • Tinari

Tinari

Kalau angka neptu kamu dan pasangan berjumlah 5,14,23, dan 32, ini bisa dikatakan sebagai tinari yang memiliki pasangan penuh dengan kebahagiaan. Sesuai dengan artinya, kamu dan pasangan akan menemukan kebahagiaan bersama.

Kebahagiaan yang dimaksud di sini adalah kamu dan pasangan akan dimudahkan dalam mencari rezeki dan dikelilingi dengan keberuntungan.

  • Padu

Jika hasil penjumlahan neptu kamu adalah 6,15,24, dan 33, maka kamu dan pasangan perlu untuk berhati-hati. Pasalnya, dalam jumlah ini kamu dan pasangan mungkin akan sering mengalami pertengkaran.

Meski demikian, kamu dan pasangan diharapkan masih bisa mengelola emosi dan berubah ke arah yang lebih baik lagi.

  • Sujanan

Hitungan jawa berikutnya adalah Sujanan. Kalau hasil perhitungan kamu dan pasangan menunjukkan angka 7,16, 25, dan 34, maka ini masuk ke dalam kategori Sujanan yang memiliki makna waspada. Kamu dan pasangan kedepannya akan sering dipertemukan dengan masalah.

Masalah yang dimaksud di sini adalah mulai dari pertengkaran sampai dengan masalah perselingkuhan Tak hanya terjadi pada pihak perempuan, masalah ini juga bisa dirasakan oleh pihak dari laki-laki. Jadi, diharapkan ada kebijaksanaan kalau kamu menemukan jumlah angka perhitungan weton jodoh seperti di atas.

Baca Juga : Bukan Primbon, Ketahui Arti Kedutan Mata Kanan Atas yang Harus Kamu Ketahui!

  • Pesthi

Perhitungan weton jodoh yang terakhir adalah pesthi. Pesthi terjadi jika penjumlahan neptu kamu menghasilkan angka 8,17,26, dan 35. Pasangan dengan jumlah neptu ini akan memiliki rumah tangga yang rukun, tentram, dan adem sampai hari tuanya.

Walaupun ada sedikit masalah yang akan hadir, namun hal ini bisa diselesaikan tanpa adanya sesuatu hal yang akan merusak keharmonisan rumah tangga. Jadi, diharapkan bagi kamu dan pasangan yang memiliki jumlah weton jodoh seperti angka di atas, untuk selalu menjaga komunikasi di tengah keluarga agar selalu hidup rukun tanpa adanya masalah berarti.

Super Well Campaign

Demikianlah penjelasan kami tentang perhitungan weton jodoh. Selain informasi itu, kami juga mau mengingatkan kembali kalau sekarang kamu dan pasangan sudah bisa mendaftarkan asuransi kesehatan yang terpercaya di Super Easy Health dari Super You by Sequis Online.

Hanya dengan Rp 4.500 saja, kamu sudah bisa menerima berbagai manfaaat asuransi kesehatan di berbagai macam rumah sakit terkenal di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang ya.

Artikel Terkait