Manfaat Hidup Rukun

Salah satu manfaat hidup rukun merupakan kunci kebahagiaan. Dalam kehidupan sehari-hari mulai dari keluarga, saudara, teman, bahkan tetangga, yang kita inginkan pastinya bisa selalu rukun. Dan nggak bisa dipungkiri, sebagai makhluk sosial kita patut membangun hubungan baik. Sejatinya kita memang saling membutuhkan.

Tapi, bukan berarti nggak pernah terjadi perbedaan loh, misalnya sekedar pendapat. Sebab, setiap orang juga memiliki karakter, pilihan, serta keunikan masing-masing. Justru inilah yang mempertemukan kita dengan keberagaman masyarakat, termasuk dalam beragama.

Nah, manfaat hidup rukun membantu kita saling berbaur dengan rasa nyaman dan aman. Di samping itu, perlu diingat cara menciptakan kerukunan nggak cuma jadi tanggung jawab satu orang aja, melainkan keharusan bagi seluruh masyarakat.

Table of Contents

Sama kayak sekarang, Supermin akan membagikan apa manfaat hidup rukun yang perlu untuk Teman SUPERjuangan ketahui. Melalui artikel ini, manfaat hidup rukun bisa tercipta di tengah kita. Jangan tunggu nanti-nanti lagi, ini dia manfaat hidup rukun!

Apa yang Dimaksud dengan Kerukunan?

Teman SUPERjuangan, kamu pasti mempunyai banyak teman. Ada yang laki-laki dan perempuan, ada yang dari suku Jawa, Sunda, Batak, atau suku lainnya, serta ada pula yang beragama Islam, Kristen, bahkan Hindu. Sayangnya, perbedaan ini masih sering menimbulkan konflik dalam masyarakat.

Makanya, untuk menyikapi perbedaan yang ada nih, setiap orang perlu menghidupi manfaat hidup rukun, dimulai dari mengenal apa yang dimaksud dengan kerukunan. Nah, sebelum kita menyebutkan apa manfaat hidup rukun di masyarakat, menurut Teman SUPERjuangan apa yang dimaksud dengan kerukunan sih?

Kalau mencari kata ‘rukun’ pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan kerukunan adalah baik dan damai, tidak bertengkar, bersatu hati, atau bersepakat. Nah, keadaan yang harmonis ini merupakan tujuan dari konsep kerukunan dalam masyarakat.

Kalau disimpulkan, apa yang dimaksud dengan kerukunan juga berarti sikap saling menghargai, saling menghormati, saling tolong-menolong, saling menyayangi, saling memahami, dan saling mengutamakan kepentingan bersama ketimbang pribadi agar menghindari perselisihan.

Penasaran kan, apa manfaat hidup rukun di masyarakat, baik keluarga, sekolah, pekerjaan, bahkan lingkungan rumah. Berikut ulasannya!

Cara Menciptakan Kerukunan

Sebenarnya, sulit nggak sih cara menciptakan kerukunan itu, Teman SUPERjuangan? Sama sekali tidak! Kita hanya perlu menanamkan aspek-aspek penting berikut ini sebagai cara menciptakan kerukunan. Adapun manfaat hidup rukun akan lebih banyak yang kita rasakan kalau kita tahu cara menciptakan kerukunan itu. Yuk, telusuri apa aja aspek-aspeknya!

  • Pengertian

Cara menciptakan kerukunan yang pertama tentu kita harus memahami dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Ketika kita sudah mampu, maka kita akan lebih terbuka terhadap pandangan, perspektif, atau pikiran orang lain.

  • Toleransi

Teman SUPERjuangan, sementara pengertian aja belum cukup loh. Kita pun harus memiliki toleransi. Cara menciptakan kerukunan tentu nggak lepas dari menerima adanya keberagaman masyarakat sehingga kita bisa menerapkan sikap toleransi terhadap perbedaan. 

  • Komunikasi

Komunikasi memberi kesempatan untuk kita menyampaikan pendapat, tapi perlu dibangun efektif bagi semua orang. Cara menciptakan kerukunan ini bisa dibarengi dengan menjadi pendengar yang baik, memberi perhatian satu sama lain, dan penuh kesopanan apalagi dalam penyelesaian konflik.

  • Berbagi

Aspek penting dalam cara menciptakan kerukunan juga perlu diimbangi sama kontribusi nyata. Nggak perlu muluk-muluk, mulailah saling menolong saat saudara, teman, atau tetangga ditimpa bencana, seperti memberi kebutuhan sehari-hari mereka.

  • Tanggung jawab sosial

Tahukah kamu, setiap kita punya tanggung jawab sosial yang sama sebagai cara menciptakan kerukunan. Salah satunya memberikan kontribusi positif dalam masyarakat, termasuk kebersihan lingkungan loh. Dengan adanya kesadaran ini, semakin mudah kita mencapai manfaat hidup rukun.

Manfaat Hidup Rukun di Keluarga dan Contohnya

Manfaat Hidup Rukun di Keluarga
Sumber: https://www.freepik.com

Keluarga merupakan unit sosial terkecil dalam masyarakat. Meski begitu, keluarga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan individu, hingga dalam kehidupan sosialnya. Karena itu, banyak yang menilai manfaat hidup rukun harus berawal dari keluarga. Yuk, lihat apa manfaat hidup rukun di keluarga!

  • Mengajarkan nilai dan etika

Manfaat hidup rukun di keluarga yang pertama adalah mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Sebagai contoh, ketika ayah dan ibu rukun, baik secara langsung atau tidak, anak-anak pun mampu menghargai orang lain. Begitu juga dengan sikap toleransi kerukunan antar umat beragama di lingkungannya.

  • Menjalin komunikasi yang baik

Kerukunan memungkinkan terciptanya komunikasi yang terbuka, nggak cuma satu arah. Anak-anak yang tinggal dalam keluarga rukun bisa sangat nyaman bercerita karena orang tua lebih dulu menerapkan sikap saling memahami. Si kecil pun akan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan sekitarnya.

  • Menjaga kesehatan mental

Nggak sedikit kasus kesehatan mental pada remaja saat ini disebabkan oleh keluarga. Misalnya anak merasa nggak didengarkan, orang tua merasa nggak dihargai, dan sebagainya. Karena itu, manfaat hidup rukun di keluarga perlu dibangun sehingga menjaga bahkan meningkatkan kesehatan mental kita.

  • Menyelesaikan konflik dengan sehat

Bukan berarti dalam keluarga jarang terjadi perdebatan, malah sering banget kan. Kayak biasanya antara kakak dan adik. Tapi, manfaat hidup rukun dalam keluarga akan membantu kita menyelesaikan konflik dengan kepala dingin. Sebagai contoh diskusi, supaya nggak jadi berkepanjangan.

  • Membentuk keluarga harmonis

Manfaat hidup rukun di keluarga udah pasti membentuk ikatan yang kuat dan harmonis. Di mana ada kerukunan, di situ ada kedamaian, bahu-membahu, dan cinta kasih. Contoh yang nggak bisa kita pungkiri, jika salah satu anggota keluarga diterpa masalah, tentu kita akan saling mendukung dong.

Manfaat Hidup Rukun di Sekolah dan Contohnya

Manfaat Hidup Rukun di Sekolah
Sumber: https://www.freepik.com

Nah, buat Teman SUPERjuangan yang masih sekolah, sudahkah kamu hidup rukun dengan teman-teman atau guru? Karena ternyata, manfaat hidup rukun di sekolah memberimu banyak dampak positif. Apalagi untuk mendukung prestasi deh. Di bawah ini apa manfaat hidup rukun di sekolah dan contohnya!

  • Memperluas wawasan dan keterampilan

Ketika sekolah mengedepankan kerukunan, kan terbentuk lingkungan belajar yang aman serta nyaman. Para guru cenderung termotivasi untuk mengajar, dan para siswa dapat memperluas wawasan serta keterampilannya. Dengan kata lain, manfaat hidup rukun juga untuk kebaikan diri kita sendiri.

  • Mengajak keterlibatan kegiatan positif

Selain bisa memperluas wawasan dan keterampilan, manfaat hidup rukun di sekolah akan meningkatkan keterlibatan kita dalam kegiatan yang positif loh. Sebagai contoh, guru yang membuka kesempatan untuk berpartisipasi dalam lomba sehingga terbuka bagi semua siswa bisa lebih aktif.

  • Menjunjung tinggi toleransi

Seperti yang kita tahu, Indonesia kaya akan keberagaman, mulai dari suku, agama, budaya, sampai dengan bahasa. Hal inilah yang perlu dibangun dari manfaat hidup rukun. Tak terbatas pada guru aja, anak-anak juga menerima adanya perbedaan serta menjunjung tinggi sikap toleransi.

  • Mencegah kekerasan

Kekerasan di sini bisa mencakup verbal dan nonverbal. Dalam lingkungan sekolah, anak rentan membuat konflik dengan teman yang berbeda, misalnya saat mereka menyadari ada perbedaan agama. Makanya, perlu mengajarkan mereka kerukunan antar umat beragama untuk mencegah konflik.

  • Mendapatkan sahabat-sahabat baru

Kalau kita sendiri nggak menganggap perbedaan itu buruk, kita akan memiliki banyak teman baru sebagai salah satu manfaat hidup rukun di sekolah. Akan sangat menyenangkan kita dikelilingi pertemanan yang sehat, saling dukung, saling menerima, saling menghargai, dan saling membantu.

Manfaat Hidup Rukun di Pekerjaan dan Contohnya

Manfaat Hidup Rukun di Pekerjaan
Sumber: https://www.freepik.com

Siapa coba yang tidak mau punya lingkungan kerja selalu rukun, tapi kira-kira apa manfaat hidup rukun dalam pekerjaan? Dari pembahasan berikut kamu akan temui fakta menarik bahwa manfaat hidup rukun di lingkungan kerja berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Sayang kan kalau kamu lewatkan!

  • Membangun ruangan kerja yang nyaman

Manfaat hidup rukun di lingkungan kerja yang pertama adalah membangun lingkungan kerja yang nyaman. Buat apa sih? Hal ini juga untuk menjaga keseimbangan waktu kerja para karyawan perusahaan tersebut, antara lain dukungan psikologis, kesejahteraan mental, dan kesehatan fisiknya.

  • Meningkatkan inovasi, kreativitas, dan produktivitas

Bayangkan deh, lingkungan kerja yang toxic pasti bikin kamu nggak betah. Sebaliknya, lingkungan kerja yang sehat justru meningkatkan kreativitas dan produktivitas kita sehingga hasilnya juga maksimal. Karyawan yang merasa dihargai pun cenderung lebih setia sebagai manfaat hidup rukun.

  • Mengurangi tingkat konflik

Berbeda pandangan atau pendapat itu hal yang biasa. Tapi, menjadi salah kalau ditanggapi dengan cara yang salah pula. Nah, manfaat hidup rukun beri kita contoh nyata saat dihadapkan dengan perbedaan. Kita akan bisa saling menghargai, saling menghormati, dan mementingkan kebersamaan.

  • Menambah jaringan pertemanan

Mungkin ada saatnya kita terpaksa berhenti bekerja karena suatu kondisi. Nah, kalau di tempat kerja sebelumnya kita telah menghidupi kerukunan antar umat beragama, suatu ketika kita bisa diberi kesempatan untuk bekerja lagi dengan mereka tanpa memandang perbedaan agama deh.

  • Mendukung keberlanjutan perusahaan

Perusahaan yang mengutamakan nilai-nilai kerukunan, tanpa disadari telah mendorong citra positif. Mereka akan dikenal sebagai perusahaan yang baik, sehat, dan menghargai para karyawan. Dengan begitu, manfaat hidup rukun ini menguntungkan perusahaan menarik potensi baru untuk bergabung.

Manfaat Hidup Rukun di Masyarakat dan Contohnya

Manfaat Hidup Rukun di Masyarakat
Sumber: https://www.freepik.com

Hayoo ngaku, siapa yang pernah berselisih sama tetangga. Pas banget, berikutnya kita bakal bahas apa manfaat hidup rukun di masyarakat luas, ingat lagi dengan keberagaman masyarakat. Nah, banyak pula manfaat hidup rukun yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sosial kita. Nah, sebenarnya seperti apa sih manfaatnya?

  • Memperkuat rasa solidaritas

Apa manfaat hidup rukun di masyarakat yang pertama bisa kita lihat adalah memperkuat rasa solidaritas sosial, alias persatuan. Nah, dari rasa solidaritas bisa mendorong kita saling tolong-menolong saat salah satunya mengalami situasi sulit, termasuk kerukunan antar umat beragama.

  • Memajukan ekonomi

Secara nggak langsung, apa manfaat hidup rukun ikut memajukan ekonomi masyarakat itu sendiri. Sebagai contoh, kamu sedang membangun usaha di dekat rumah, karena adanya kerukunan tetangga pun ikut meramaikannya. Hal ini membuat masyarakat luas juga penasaran dong sama usahamu.

  • Melestarikan budaya

Ketika kita bisa menerima perbedaan dan saling menghormati, budaya yang dimiliki masing-masing orang akan tetap lestari. Sebab, kita pun bisa bebas mengekspresikan bahkan mengenalkan budaya kita kepada masyarakat luas sebagai apa manfaat hidup rukun di masyarakat.

  • Mendamaikan konflik

Apa manfaat hidup rukun di masyarakat selanjutnya adalah mendamaikan konflik. Namanya keberagaman yang kompleks, bisa aja terjadi selisih paham kan. Tetapi, saat kita mengedepankan hidup rukun, masalah tersebut akan diselesaikan dengan cara damai, dan bersikap adil.

  • Menciptakan lingkungan yang aman

Dan terakhir, apa manfaat hidup rukun di masyarakat pastinya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Misalnya hal-hal sederhana yang kita lakukan bersama, gotong royong membersihkan lingkungan, bergantian guna menjaga keamanan lingkungan, serta kerukunan antar umat beragama.

Jadi, manfaat hidup rukun itu banyak dan penting semua kan? Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga bagi orang-orang yang kita sayang. Setuju sih kalau buat orang tersayang nggak boleh setengah-setengah. Sama halnya memberi mereka perlindungan kesehatan yang terbaik. Tenang, kini Super You by Sequis udah punya Super Well Protection, biaya kondisi kritis rumah sakit ditanggung sesuai tagihan deh!

Artikel Terkait