cara menaikan berat badan

Mungkin kamu berpikir, “Oh aku kekurangan berat badan, artinya aku kurus. Bagus dong?” Jika ya, itu pemikiran yang salah. Faktanya kekurangan berat badan atau underweight pun mempunyai risiko kesehatannya sendiri lho.

Nah, sebelum kita membahas cara menaikkan berat badan, kita harus mengerti dulu nih apa saja yang menyebabkan seseorang sehingga bisa underweight.

Apa yang menyebabkan underweight?

Logikanya jika berat badan seseorang di bawah normal, maka itu menandakan kurangnya asupan gizi yang didapatkan. Tapi apa saja sih faktor penyebab kurangnya berat badan?

1. Genetik

Kalau kamu sekeluarga berbadan ramping, maka tidak heran lagi kalau penyebab kamu underweight adalah faktor genetik. Memang ada beberapa orang yang makan sebanyak apapun, akan tetap kurus. Biasanya ini berarti kamu mempunyai sifat keturunan yang mempunyai metabolisme yang sangat tinggi. Atau di sisi lain, bisa jadi kamu mempunyai nafsu makan yang sangat rendah, jadi memang tidak terbiasa makan banyak.

2. Aktivitas fisik yang tinggi

Jika kamu sering berolahraga atau memang tidak bisa diam saja, maka kamu bisa mengalami underweight. Ini artinya kalori atau energi yang masuk lebih kecil dibanding energi yang kamu keluarkan sehari-hari.

3. Penyakit

Orang yang sakit tentu akan lebih mudah untuk berat badannya turun. Hal ini bisa disebabkan oleh metabolisme yang terganggu atau berkurangnya nafsu makan akibat sakit yang diderita. Jika berat badan kamu turun drastis bahkan tanpa mencoba untuk menurunkan berat badan, konsultasikan ke dokter ya, Teman SUPERjuangan, karena ada kemungkinan kamu sedang sakit.

4. Efek dari obat

Beberapa jenis obat mempunyai efek samping seperti berkurangnya berat badan atau hilangnya nafsu makan. Namun biasanya pengobatan yang mempunyai efek samping seperti ini adalah pengobatan yang lumayan keras seperti chemotherapy.

5. Gangguan mental

Masalah mental bisa berakibat langsung kepada nafsu makan. Stress dan depresi adalah gangguan mental yang paling umum ada dan berpengaruh kepada pola makan. Selain itu, ada juga stigma masyarakat yang lebih memuji kekurusan sehingga menyebabkan beberapa orang untuk mengalami kelainan pola makan (eating disorder). Jika kamu mempunyai tekanan secara mental yang menyebabkan gangguan pola makan kamu, segera konsultasikan kepada psikologi profesional ya!

Memangnya kurang berat badan berbahaya?

Walau menjadi kurus itu dambaan setiap orang, tetapi kekurangan berat badan mempunyai sejumlah risiko kesehatan. Berikut adalah beberapa efek samping dari underweight:

  • Kekurangan vitamin D & kalsium: Bisa menyebabkan tulang rapuh
  • Kekurangan zat besi & vitamin B12: Bisa menyebabkan anemia
  • Ketidakstabilan hormon: Bisa menyebabkan gangguan menstruasi & kesuburan
  • Turunnya sistem imun tubuh
  • Gangguan kesehatan pada rambut, kulit, gigi, dan gusi

Terkadang kekurangan berat badan berarti kekurangan nutrisi yang diperlukan dalam tubuh. Karena itu, kamu harus berhati-hati bila ingin kurus.

Ingin Punya Berat Badan Ideal? Yuk Coba Hitung dengan Kalkulator BMI

Bagaimana cara menaikkan berat badan?

Kamu bisa menaikkan berat badan kamu menjadi berat yang sehat dengan mengikuti 3 cara berikut.

1. Tambahkan kalori yang sehat

Hal penting yang perlu diingat adalah mencatat semua kalori dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Jika memang kurang, usahakan untuk menambah kalori yang sehat dengan menambah kacang-kacangan atau keju sebagai topping.

Jika kamu tidak mempunyai nafsu makan yang banyak, cobalah untuk membagi makanan menjadi kudapan-kudapan. Pastikan makanan kamu penuh protein dan serat seperti alpukat, kacang-kacangan, kuaci, buah-buahan, dan batang atau susu protein.

2. Cari makanan yang padat nutrisi

Mungkin insting pertamamu berkata untuk memakan berbagai macam makanan cepat saji, namun perlu diingat bahwa cara menambah berat badan yang sehat memerlukan makanan yang padat nutrisi. Contoh dari makanan ini adalah nasi merah, daging berprotein tinggi, dan juga roti gandum.

3. Menambah berat otot

Walau terdengar aneh, olahraga yang tepat bisa menyebabkan bertambahnya berat badan. Hal ini dilakukan dengan menambah massa otot kamu. Untuk memicu hal ini, kamu harus melakukan pelatihan yang berfokus kepada kekuatan, seperti angkat beban atau yoga.

Yuk, Lindungi Tubuh Kamu!

Kamu perlu ingat bahwa berat badan ini bukanlah masalah penampilan, tapi kesehatan. Pastikan kamu melakukan yang terbaik untuk melindungi diri dari risiko penyakit. Kamu bisa mencoba perlindungan asuransi penyakit kritis, mulai dari Rp28.500 per bulan!

Bermasalah dengan Underweight? Ini 3 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

SHARE

Artikel Terkait Lainnya