Mengenal Alat Musik Ritmis

Ada banyak sekali alat musik di dunia ini yang jika dibahas satu per satu tidak akan pernah habis. Bagaimana dengan alat musik ritmis? Kamu sudah tahu apa itu alat musik ritmis? Sebelum jauh kesana, ternyata keahlian bermain musik memiliki segudang manfaat untuk manusia.

Bermain musik terkadang bisa menjadi terapi yang sangat baik untuk beberapa orang. Selain itu, memiliki bakat di bidang musik juga menjadi kebanggaan. Ada juga yang bilang kalau bermain musik sama halnya dengan mengasah otak manusia.

Hal ini terjadi karena permainan alat musik bisa melatih manusia untuk terus fokus dan melatih otak untuk terus berpikir menentukan nada yang pas. Berangkat dari hal tersebut, maka tak heran banyak orang tua yang sangat mendukung anaknya untuk mengeksplor bakat musik dengan mendaftarkan di kursus musik seperti piano, biola, drum, gitar, dan lain sebagainya.

Dari sini, kamu sudah mulai tertarik belajar alat musik? Atau ingin menyarankan saudara belajar alat musik? Eits, tunggu dulu. Kamu juga harus paham konsep dasar alat musik yang ada. Salah satunya adalah alat musik ritmis. Ha? Alat musik ritmis? Apa itu alat musik ritmis?

Baca juga : Jadwal FYP Tiktok 2023 Hari Ini Jam Terbaik Upload Video Agar Cepat Viral

Pengertian Alat Musik Ritmis

Pengertian Alat Musik Ritmis

Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? Alat musik ritmis adalah sebuah alat musik yang menjalankan fungsi untuk mengatur ritme atau irama pada musik. Ini juga tentu memiliki kaitan yang sangat erat dengan fungsi ketukan dan birama yang ada pada sebuah perpaduan alat musik.

Perbedaan mendasar dari alat musik ritmis ini adalah tidak menghasilkan banyak nada seperti alat musik melodis yang lain. Oleh karenanya, alat musik tanpa nada ini biasanya memiliki bentuk yang cukup sederhana dan tidak memiliki banyak tombol atau bagian khusus untuk mengatur nada.

Jadi, secara umum alat musik ritmis adalah sebuah alat musik yang tidak bisa mengeluarkan nada-nada, sehingga biasanya dimainkan dengan cara dipukul. Sebagian besar alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul, baik yang langsung dengan tangan ke permukaan atau dengan bantuan stick.

Ada juga yang dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga beberapa bagian saling berbenturan dan menghasilkan suara yang khas, contohnya adalah Kecrekan. Tapi, ada juga yang dimainkan dengan cara digesek seperti Kastanyet yang terdiri dari sepasang kepingan kayu atau gading yang digesek-gesekkan pakai jari tangan.

Alat musik ritmis biasanya digunakan sebagai pelengkap alat musik melodis dalam instrumen musik harmonis. Hal ini bermakna bahwa sebuah musik tidak akan harmonis jika hanya menghadirkan alat musik melodis saja.

Pada zaman modern sekarang ini, contoh alat musik ritmis adalah drum dan cajon. Alat musik seperti drum atau cajon akan membuat perpaduan yang sangat indah jika dipadukan dengan alat musik melodis seperti gitar, bass, piano, dan lain sebagainya. Hal ini juga berlaku untuk musik tradisional, karena ada beberapa alat musik ritmis yang juga berfungsi untuk menghasilkan nada yang melodis.

Baca Juga : Jadi Tuan Rumah, Ketahui Daftar Harga Tiket Konser SMTOWN Live 2023 di Jakarta

Fungsi Alat Musik Ritmis

Sama seperti alat musik pada umumnya, jenis alat musik ritmis tentu tak hanya digunakan sebagai pengiring lagu seperti yang diaplikasikan oleh masyarakat modern saat ini. Dalam kehidupan masyarakat dari zaman dulu sampai sekarang, ada banyak jenis alat musik dengan fungsi yang beragam pula. Lalu, apa fungsi alat musik ritmis?

  • Menentukan Tempo

Dalam dunia musik, tempo sangat menentukan untuk menciptakan nada yang harmonis. Tempo akan berguna untuk mengatur cepat lambatnya sebuah nada, karena tempo sangat berpengaruh kepada kenyamanan pendengarnya. Disinilah fungsi dari alat musik ritmis untuk mengatur tempo itu. Tempo yang dihasilkan oleh alat musik ritmis membuat musik terdengar lebih harmonis.

  • Mengiringi Lagu

Menyanyikan sebuah lagu dengan hanya mengandalkan alat musik melodis sebenarnya sah-sah saja. Namun, penampilannya akan lebih menarik dengan kehadiran alat musik ritmis. Tugasnya menjadi pelengkap bagi alat musik melodis untuk menciptakan harmonisasi yang enak didengar.

Penampilan suatu band agak kurang pas rasanya jika tidak ada alat musik drum. Nah, gitar dan keyboard dikategorikan sebagai alat musik melodis, untuk drum masuk ke dalam alat musk ritmis yang paling popular.

  • Penyempurna Instrumen

Gelaran musik orkestra adalah salah satu contoh pertunjukkan yang menampilkan harmonisasi yang sempurna. Dalam penampilan orkestra, tidak hanya menampilkan beragam jenis alat musik melodis. Namun, juga ada alat musik ritmis di dalamnya.

Oleh karenanya, alat musik ritmis berperan penting dalam sebuah alunan nada atau irama untuk menciptakan harmonisasi. Sehibgga, karya yang dihasilkan menjadi sempurna untuk diperdengarkan kepada khalayak banyak.

Baca Juga : Anti Ribet, Ketahui Cara Download Video Reels Instagram!

Apa Saja Contoh Alat Musik Ritmis?

Alat musik ritmis sesungguhnya sudah ada sejak dahulu kala dan dijadikan alat musik tradisional masyarakat Indonesia. Siapa yang tak kenal kendang yang sangat identik dengan kebudayaan Sunda di Jawa Barat?

Lalu, seiring dengan perkembangan zaman modern, kini alat musik ritmis bertransformasi menjadi bagian penting dari sebuah pertunjukkan, contohnya adalah alat musik drum. Selain kedua itu, apa saja alat musik ritmis yang biasa kita temui?

  • Tifa

Tifa adalah alat musik asli Papua yang mirip dengan kendang. Bedanya, alat musik yang satu ini memiliki bentuk yang lebih panjang dari kendang. Bentuknya silinder yang bagian tengahnya kosong, serta di bagian ujung juga dilapisi kulit binatang.

Biasanya, tifa dibuat menggunakan kulit rusa yang umum jadi hewan buruan oleh masyarakat di Papua. Tak hanya itu, kayu yang digunakan untuk material tifa adalah jenis kayu khas  yang hanya ada di sekitar masyarakat adat tinggal.

Baca Juga : Ketahui 4 Teknik Dasar Bola Basket yang Harus Kamu Ketahui!

  • Gong

alat musik gong

Gong menjadi salah satu jenis alat musik ritmis tradisional lainnya. Gong biasanya dimainkan untuk instrument Gamelan Jawa. Gong memiliki bentuk bundar seperti piringan yang dimainkan dengan cara dipukul.

Alat ini terbuat dari leburan bahan logam yang di bagian belakangnya dikeruk tipis agar menghasilkan nada yang nyaring.

  • Kendang

Kendang adalah salah satu jenis alat musik ritmis tradisional berikutnya. Kendang cukup popular di Indonesia dan memiliki bentuk tabung silinder yang biasanya terbuat dari kayu, biasanya kayu nangka, cempedak, bahkan kayu kelapa.

Kendang juga menjadi salah satu alat musik yang dimainkan dalam instrumen Gamelan Jawa. Fungsinya adalah sebagai pengiring penari, khususnya untuk mengatur tempo dalam gelaran tersebut.

Alat musik ini juga kerap dijumpai pada acara pertunjukkan seperti Jaipongan, Penampilan Wayang, Pencak Silat, dan sebagainya.

  • Drum

Alat musik drum masuk ke dalam alat musik ritmis modern yang bentuknya mirip dengan sejumlah alat musik tradisional Indonesia. Alat musik ini memiliki bentuk tabung seperti halnya kendang, namun di bagian luar menggunakan bahan plastik bukan kulit hewan yang biasanya ada di kendang.

Drum juga tidak berdiri sendiri, biasanya satu set drum terdiri dari bass, snare, tom-tom, cymbal, dan lain sebagainya. Drum dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stick yang terbuat dari kayu. Drum akan dipakai sebagai pengirim lagu dalam musik modern.

Itulah pembahasan kami tentang alat musik ritmis yang ternyata tidak terlepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Oiya, buat kamu yang lagi peduli-pedulinya sama asuransi kesehatan, kini daftarnya udah anti lama dengan Super Easy Health dari Super You.

super care

Asuransi kesehatan ini siap melindungi kamu dari berbagai risiko penyakit dimulai dari Rp4.500 saja. Murah banget kan? Yok langsung daftar premi kamu sekarang juga!

Artikel Terkait