arti bunga lily

Bunga lily dikenal sebagai kelompok bunga yang sangat beragam. Keanggunan dan arti bunga lily membuatnya sangat populer dikalangan masyarakat, tetapi bunga lily tidak hanya sekedar bunga anggun loh. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bunga lily, manfaat bunga lily sangat beragam, mulai dari sebagai bahan dekorasi hingga bahan untuk membuat pengobatan herbal, tetapi untuk lebih lengkapnya mari ketahui lebih lanjut dengan membaca artikel ini!

Bunga Lily

Table of Contents

Untuk memahami arti dari bunga lily, ketahui dahulu taksonominya! Bunga Lily merupakan jenis bunga dari kerajaan Plantae atau tumbuhan, di bawah divisi Angiospermae, tumbuhan berbiji tertutup. Bunga lily berada di kelas Monocotyledonae, di dalam order Liliales atau Ordo Lili dari Famili Liliaceae, Genus Lilium. 

Untuk bunga dengan genus Lilium biasanya memiliki beberapa ciri – ciri umum, beberapanya adalah memiliki daun – daun yang linear, bentuk dari bunganya menyerupai lonceng yang terdiri dari enam kelopak dengan akar umbi yang menggantung ke bawah. 

Terdapat beberapa spesies bunga lily yang terkenal, seperti Lilium Longiflorum atau juga dikenal sebagai Lily Easter, Lilium Orientale atau juga dikenal sebagai Lily Oriental dan Lilium Lancifolium atau juga dikenal sebagai Lily Tiger. 

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa bunga yang disebut Lily, tetapi bukan termasuk dalam genus Lilium. Beberapa jenis bunga tersebut adalah:

  • Genus Hemerocallis atau juga dikenal sebagai Daylily
  • Genus Nymphaea atau juga dikenal sebagai Lily Air 
  • Genus Arum atau juga dikenal sebagai Lily Arum 

Baca Juga: 15 Arti Bunga Matahari Berdasarkan Kehidupan dan Warna!

Sejarah Bunga Lily

bunga lily putih

Bunga lily sudah ada dari sebelum masehi dan ditemukan gambar bunga Lily di Kret pada tahun 1580 SM. Hal ini menandakan bahwa signifikan dari bunga ini sudah ada dan digunakan sejak zaman mitologi kuno. Nama Lily saja berasal dari kata Yunani, yaitu ‘Leiron’ dan asumsi bahwa ini ditujukan untuk bunga lily bakung Madonna putih.

Tidak hanya itu, sejarah dari bunga lily juga terikat dengan sejarah  Yunani kuno loh. Berdasarkan cerita, Dewa Zeus jatuh cinta dengan seorang manusia bernama Alceme dan mereka memiliki seorang putra bersama yang dinamakan Hercules. Dewa Zeus yang menginginkan Hercules menjadi dewa seutuhnya membawa putranya ke surga untuk disusui oleh istrinya, Dewi Hera.

Dewa Zeus berspekulasi bahwa Dewi Hera tidak akan mau menyusui putranya dari wanita lain, karena itu agar Hercules tetap mendapatkan susu, Dewa Zeus akan membius Dewi Hera membuatnya tertidur. Hercules kemudian akan diletakkan di bawah payudara Dewi Hera yang tanpa sadar mulai menyusui Hercules. Namun, seiring efek dari obat bius habis, Dewi Hera bangun dan kaget, tanpa sadar ia melempar Hercules menyebabkan ASI untuk menyembur ke langit dan ke bumi. 

ASI Dewi Hera yang menyembur ke langit menjadi bintang dan dikenal sebagai Galaksi Bima Sakti atau Milky Way dan yang menyembur ke Bumi menjadi bunga lily pertama yang ada.

Arti Bunga Lily Di Berbagai Negara

Bunga lily banyak berada di berbagai negara di dunia dan makna bunga lily sangat beragam. Contohnya, pada masa Ratu Victoria, arti bunga lily di negara Eropa digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang dimiliki seseorang untuk pujaan hatinya. 

Namun, makna bunga lily yang ada di Tionghoa berbeda. Arti bunga lily di Tionghoa melambangkan keberuntungan dan banyak digunakan ketika menggelar acara khusus.

Nah, bagi masyarakat Mesir Kuno, bunga lily melambangkan kesuburan dan kelahiran kembali, karena itu bunga lily banyak diberikan kepada wanita yang baru melahirkan.

Baca Juga: Ingin Kasih Bunga Mawar Merah? Ini Arti Bunga Mawar Merah Selain Cinta!

Jenis Bunga Lily

buket bunga lily

Jenis bunga lily ada banyak sekali dengan warna yang beragam, tidak hanya itu setiap jenis dan warna bunga lily memiliki artinya masing – masing. 

  • Lily Putih

Arti bunga lily putih banyak dikaitkan dengan kesucian, kemuliaan dan kelahiran kembali sehingga banyak digunakan dalam acara sakral, seperti pernikahan. Makna bunga lily yang berwarna putih juga menyimbolkan pengabdian dan rasa sayang yang tulus.

  • Lily Kuning

Makna bunga lily kuning adalah rasa bahagia dan senang. Bunga lily kuning membawa keceriaan dengan warnanya yang terang dan mencolok membuatnya menjadi bunga yang cocok untuk diberikan kepada sahabat ketika merayakan hal yang menyenangkan. Namun, ini bukan berarti tidak bisa diberikan kepada pasangan ya! 

Fun fact mengenai tata cara memberikan seseorang bunga lily berwarna kuning adalah jangan memberikan dalam jumlah yang banyak atau melebihi 10 tangkai karena akan mengubah arti bunga lily kuning dari kebahagiaan menjadi kepalsuan.

  • Lily Orange

Jika ingin mengungkapkan rasa yang negatif kepada seseorang, bisa pilih bunga lily orange. Meski berwarna ceria, makna bunga lily orange melambangkan kebencian, kesombongan hingga kecemburuan terhadap seseorang.

  • Lily Biru

Perlu diketahui bahwa bunga lily biru bukan bagian dari genus lily, tetapi bentuknya yang serupa membuatnya disebut sebagai lily. Meski bukan genus yang sama, bunga lily biru memiliki maknanya tersendiri loh. Arti bunga lily biru adalah kesadaran spiritual, kesetiaan dan kepercayaan.

  • Lily Ungu

Bunga lily ungu memiliki arti kesuksesan, harga diri, kebanggaan dan kehormatan. Berdasarkan arti bunga lily ungu, bunga ini cocok diberikan kepada rekan kerja atau rekan bisnis.

  • Lily Hijau

Bunga lily hijau merupakan bunga yang jarang dijumpai, meski begitu arti bunga lily hijau sangat dalam, yaitu harapan dan keberuntungan dalam hidup!

  • Lily Merah

Dengan warna yang mencolok, arti bunga lily merah melambangkan kemakmuran dan kekayaan yang melimpah, sehingga banyak digunakan dalam buket ketika pembukaan sebuah usaha. 

Makna bunga lily merah adalah harapan bahwa bisnis akan terus berjaya dan makmur. Tidak hanya itu, warnanya yang merah juga berarti kekuatan dan gairah energi.

  • Lily Pink

Arti bunga lily pink adalah rasa cinta dan rasa kagum terhadap seseorang, jadi sangat cocok diberikan untuk mengungkapkan rasa cinta. Selain bunga lily putih, variasi bunga lily pink banyak digunakan di acara pernikahan dan juga pertunangan.

Super care terbaru

Kegunaan Bunga Lily 

Bunga lily terlihat sangat cantik dan elegan karena itu banyak digunakan untuk diberikan kepada seseorang atau mempercantik taman atau ruangan, tetapi selain untuk dekorasi, bunga lily memiliki banyak kegunaan lainnya loh! Apa saja kegunaan bunga lily? Yuk, ketahui di bawah ini!

  • Dekorasi 

Salah satu fungsi bunga lily yang paling sering digunakan adalah sebagai dekorasi untuk aransemen bunga, baik untuk di taman atau diletakkan dalam vas bunga. Bunga lily sangat menarik untuk digunakan sebagai dekorasi karena warnanya yang beragam dan variasi bentuknya yang menarik.

  • Simbol Bunga Lily 

Arti bunga lily sangat beragam karena itu banyak digunakan sebagai simbolisme. Beberapa simbol bunga lily yang ada adalah digunakan untuk menandakan kesucian, kemurnian dan kepolosan. Arti bunga lily tersebut adalah mengapa banyak buket bunga saat pernikahan serta upacara keagamaan yang menggunakan bunga lily sebagai simbol spiritual dan kebersihan.

  • Makna Bunga Lily 

Selain arti bunga lily tersebut, ada lagi makna bunga lily lainnya, yaitu adalah kesuburan. Dalam pernikahan, makna bunga lily melambangkan harapan akan keberuntungan dan keturunan. 

  • Bunga Potong 

Meski bukan bunga lily segar, bentuk lainnya dari bunga lily, seperti potongan tetap bisa digunakan sebagai dekorasi loh, terutama dengan penampilannya yang menarik dan aromanya yang harum, pastinya bisa membantu untuk mempercantik ruangan.

  • Bahan Obat Herbal 

Arti bunga lily dan kecantikannya mungkin banyak menangkap perhatian banyak orang, tetapi fungsi bunga lily lebih dari dekorasi. Bunga lily, secara khusus Lilium Candidum atau yang dikenal sebagai bunga Lily Tawas, bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan obat herbal tradisional. 

Hal ini karena bunga Lily Tawas memiliki sifat penyembuhan tertentu, tetapi hingga saat ini penggunaan bunga lily ini dalam pembuatan obat herbal tradisional masih belum seumum bunga – bunga obat lainnya.

  • Kemajuan Genetika 

Berdasarkan studi, ditemukan bahwa bunga lily dapat digunakan untuk penelitian dan membantu memahami perkembangan bunga dan perkembangan dari berbagai tanaman bunga lainnya.

  • Kehidupan Satwa Liar  

Bunga lily memiliki peran yang besar di kehidupan satwa liar karena bisa membantu dengan mendukung kehidupan di satwa liar, seperti burung dan serangga yang memanfaatkan nektar yang diproduksi sebagai sumber makanan.

Baca Juga: Benar Abadi? Kenali Bunga Edelweiss dari The Sound of Music!

Manfaat Bunga Lily untuk Kesehatan

bunga lily pink putih

Selain berbagai kegunaan bunga lily yang ada di atas, bunga ini juga memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan. Yuk, ketahui apa saja manfaat bunga lily untuk kesehatan di bawah ini!

  • Merawat Luka Bakar

Bunga lily memiliki kandungan yang mampu membantu merawat luka bakar akibat terkena api. Untuk menggunakan bunga lily, ambil akarnya dan olah menjadi salep kulit.

  • Diolah Menjadi Tonik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bunga lily bisa menjadi bahan obat herbal, salah satunya adalah tonik jantung. Bunga lily disebutkan bahan yang lebih aman digunakan untuk merawat penyakit jantung daripada foxglove atau digitalis. 

Jika ramuan ini dikombinasikan dengan hawthorn dan motherwort, maka bisa menjadi tonik untuk mengobati kondisi jantung seperti penyakit katup jantung, lemah jantung, hingga gagal jantung kongestif.

Adanya kandungan flavonoid juga bermanfaat untuk membantu penyebaran darah serta meningkatkan tekanan darah.

  • Obat Amandel Alami

Dengan mengambil bagian umbi bunga lily, ini bisa digunakan untuk membuat ramuan yang menyembuhkan amandel dengan mudah. Lakukan dengan mengeringkan umbi bunga lily, rebus dengan air, saring dan minum ramuan tersebut.

  • Membantu Infeksi Saluran Kandung Kemih

Salah satu jenis bunga lily, bunga peace lily memiliki sifat diuretik karena itu bisa membantu dengan infeksi saluran kemih dengan meningkatkan sekresi urin. Hal ini bisa membantu mendetoksifikasi hati dan racun yang ada di dalam tubuh. 

  • Obat Mata

Kegunaan bunga lily juga bisa digunakan untuk mengobati mata yang sensitif. Obat tetes mata dengan ekstrak bunga lily bisa menyebabkan penyakit mata cepat kempes atau membantu meredakan bengkak, sehingga mata bisa kembali nyaman.

  • Membantu Kesehatan Mental

Berdasarkan sebuah legenda, dikatakan bahwa bunga lily yang diolah menjadi minyak bisa memberikan ketenangan kepada seseorang apabila dioleskan ke dahi. Hal ini karena ekstrak bunga lily yang meredakan rasa stres penggunanya. 

Minyak aromaterapi dari bunga lily juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, depresi dan melankolis. Selain itu dikatakan bahwa aroma dari bunga lily dapat memperkuat sel otak serta memperbaiki proses kognitifnya.

  • Membantu Proses Regenerasi Kulit

Dalam bunga lily terkandung antioksidan yang tinggi, terutama pada bagian kelopak bunganya, karena itu bunga lily bisa membantu regenerasi kulit lebih cepat dan menjaga kulit awet muda dan segar.

super easy health

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai arti bunga lily berdasarkan jenis dan warnanya, tetapi juga belajar fakta – fakta menarik mengenai bunga lily. Jaga diri tetap sehat dengan miliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga terjangkau mulai dari Rp4.500 per hari!

Artikel Terkait