arti bunga tulip

Bunga tulip memiliki makna cinta yang dalam, tetapi bahasa bunga juga tergantung warnanya karena itu arti bunga tulip sangat beragam dan berdasarkan warnanya. Bunga tulip merupakan salah satu bunga tercantik di dunia, tetapi tidak hanya warna bunga tulip, bentuknya juga berbeda-beda berdasarkan jenisnya. 

Table of Contents

Negara Belanda memang memiliki simbol bunga tulip dan dikenal sebagai salah satu produsen bunga tulip terbesar di dunia, tetapi apa kamu tahu bahwa aslinya bunga tulip bukan berasal dari Belanda? 

Aslinya bunga tulip berasal dari Asia Tengah dan Asia Barat di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan dimana bunga tulip termasuk sebagai salah satu tanaman yang tumbuh liar. Tumbuhnya bunga tulip di Eropa adalah karena mereka menyukai tanaman tersebut dan dibawa kembali ke negaranya untuk dibudidayakan. 

Bunga Tulip adalah tumbuhan bunga yang berasal dari keluarga Liliaceae dan memiliki umbi yang bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 10 sampai 70 cm. Daun dari bunga tulip sempit dan memanjang dengan warna hijau kebiruan, bunganya memiliki 6 helai daun mahkota dan terdiri dari banyak warna. Makna bunga tulip didasarkan oleh warna – warna tersebut. Selain warna, jenis – jenisnya juga sangat banyak, saat ini terdapat lebih dari 100 jenis bunga tulip di alam. 

Perlu diketahui bahwa sulit untuk bunga tulip hidup di alam terbuka karena ia hanya bisa tumbuh ketika mendapatkan suhu rendah di musim dingin. Bunga tulip ditanam dengan menggunakan umbi atau biji dan bunga tulip bisa tumbuh dalam waktu yang lama, bisa 5 sampai 7 tahun, tetapi dengan umbi bisa tumbuh dengan cepat dalam waktu 1 tahun.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Tulip

Kingdom: Plantae

Division: Angiosperms

Ordo: Liliales

Family: Liliaceae

Subfamily: Lilioideae

Genus: Tulipa

Baca Juga : Ingin Kasih Bunga Mawar Merah? Ini Arti Bunga Mawar Merah Selain Cinta!

Filosofi Bunga Tulip

Arti dari bunga tulip berasal dari bahasa Turki yang berarti ‘Turban’. Mengapa dinamakan tulip? Filosofi bunga tulip dinamakan tulip dari bahasa Turki dengan arti turban disebabkan oleh bentuknya ketika masih kuncup yang menyerupai turban, kain yang digunakan untuk menutup kepala pria Turki. 

Sejarah Bunga Tulip

Sejarah bunga tulip itu sangat panjang, karena keberadaannya juga sudah ada sejak zaman dahulu. Meski sekarang dikenal sebagai bunga Belanda, padahal sebenarnya bunga tulip berasal dari negara asia tengah yang mana sebelumnya simbol bunga tulip adalah milik Kerajaan Turki Ottoman yang membudidayakan bunga tulip pada 1000 Masehi. 

Ini dimulai sejak masa pemerintahan Sultan Mehmed I di tahun 1413 hingga 1421 Masehi. Ia menyukai bunga tulip dan memerintahkannya untuk ditanam di kebun kerajaan. Rasa suka sang Sultan terhadap bunga tulip membuat kepopulerannya meningkat hingga melewati kepopuleran bunga mawar. 

Rasa suka Sultan Sulaiman I kepada bunga tulip tidak hanya membuatnya ditanam di kebun kerajaan, tetapi juga memberikannya inspirasi untuk membuat banyak tulisan mengenai bunga tulip.

Baca Juga : 15 Arti Bunga Matahari Berdasarkan Kehidupan dan Warna!

Tidak hanya sampai disitu, masih ada sejarah simbol bunga tulip hingga menjadi bunga yang melambangkan Belanda. Ini dimulai pada abad ke – 16 ketika Oghier Ghislain de Busbecq, duta besar Raja Ferdinand I yang membawa bunga tersebut ke Belanda. 

Ia yang kagum akan bagaimana sempurnanya bunga tulip mekar di kebun kerajaan Turki Ottoman. Oghier tidak membawa pulang bunganya, melainkan membawa pulang beberapa bibit yang kemudian diserahkan pada Carolus Clusius, yang merupakan seorang botanis yang juga mengajar di Universitas Leiden.

Selain diberikan bibit tersebut, Clusius juga diberikan mandat untuknya mengambil alih kebun raya tertua yang ada di Eropa, Hortus Botanicus of Leiden agar ia bisa mengelola bunga tulip yang dibawa tersebut tumbuh kembang dengan baik di Belanda.

Hal ini menyebabkan semakin banyak bunga tulip yang berkebang di Eropa. Kemudian di tahun 1703 – 1730 timbul suatu perintah dari Sultan Ahmed III yang melarang perdagangan tulip agar eksistensi simbol kerajaan terlindungi. Selain itu Sultan Ahmed III juga membentuk dewan khusus untuk memberikan nama pada setiap jenis tulip berbeda. Setiap bunga tulip juga dinilai kualitasnya hingga bisa dijadikan penghias kerajaan. Hal ini mengapa harga bunga tulip sangat mahal pada saat itu. 

Baca Juga : Sudah Tahu? Ini Beragam Khasiat Bunga Telang bagi Kesehatan

Jenis Bunga Tulip

Bunga tulip terkenal karena bentuknya yang indah dan berwarna-warni. Berikut beberapa jenis bunga tulip yang paling umum!

  • Little Princess

Bunga tulip jenis Little Princess memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis lainnya dan menjadi hasil persilangan Tulipa Aucheriana dan Tulipa Hageri. Little Princess adalah jenis bunga tulip melambangkan ‘cinta yang sempurna dan kebahagiaan abadi’.

  • Darwin Hybrid

bunga tulip Darwin Hybrid merupakan tulip yang dikenal sebagai lambang Belanda dan biasanya seiring bertambahnya usia warna dari bunga ini akan semakin pekat. 

  • Tulip Angelique

Terkenal dengan penampilannya yang terkesan feminim dengan warnanya dan bentuknya, biasanya bunga tulip angelique tumbuh subur di area yang dingin sehingga cocok ditanam pada bulan Oktober sampai November. Angelique adalah jenis bunga tulip melambangkan ‘impian’ .

  • Tulip Double Late

Tulip double late adalah salah satu jenis bunga tulip yang relatif besar dengan warna yang mencolok. Bunga Tulip Double Late sulit untuk dibudidayakan karena perlu berada di daerah dengan curah hujan yang rendah.

  • Lady Tulip

Bunga Lady Tulip dikenal dengan bentuknya yang unik karena ketika mekar akan berbentuk seperti bintan yang memiliki diameter hingga 4 inci. Warna dari bunga Lady Tulip adalah putih dengan warna emas di tengahnya. 

  • Tulip Tarda

Tulip tarda adalah jenis bunga tulip yang berasal dari Asia Tengah dan dikenal dari warna kuningnya yang mencolok. Jenis bunga tulip ini paling mudah untuk dibudidayakan karena cepat mekar dan akan tumbuh abadi.

  • Tulip Shirley

Bunga Tulip Shirley ini sangat unik dengan kombinasi warna berbeda dimana bunga didominasi warna putih dengan warna lain di ujung bunganya dan tidak ada warna bunga ini yang sama.

  • Tulip Estella Rijnveld

Bunga Tulip Estella Rijnveld memiliki kelopak bunga dengan bentuk yang berantakan. Bunga ini hanya bisa mekar di bulan November hingga Januari.

Baca Juga: Benar Abadi? Kenali Bunga Edelweiss dari The Sound of Music!

Arti Bunga Tulip Berdasarkan Warna 

Selain jenisnya, makna bunga tulip bisa diketahui dari warnanya. Berikut ini adalah arti dari bunga tulip berdasarkan warnanya!

  • Arti Bunga Tulip Merah

Warna merah banyak dikaitkan dengan gairah, dalam bunga tulip berwarna merah juga sama. Arti bunga tulip merah adalah rasa cinta yang sangat mendalam kepada seseorang. 

  • Arti Bunga Tulip Putih

Dengan warnanya yang putih, arti bunga tulip ini adalah kesucian, kepolosan dan kerendahan hati. Arti tersebut mengapa banyak yang menggunakan bunga tulip putih di pernikahan.

Makna bunga tulip putih juga memiliki arti lainnya, yaitu rasa simpati, permintaan maaf, pengampunan dan penyesalan sehingga juga banyak digunakan di pemakaman. 

  • Arti Bunga Tulip Kuning

Bunga tulip kuning menjadi salah satu bunga tulip terpopuler karena gampang ditemukan. Arti bunga tulip kuning ada dua, persahabatan murni dan cinta yang tak terbalas, tergantung kepada siapa teman SUPERjuangan memberikan bunga tersebut.

  • Arti Bunga Tulip Pink

Pink adalah warna yang melambangkan feminim dan asmara serta sisi yang lebih manis dari warna merah yang menggairah. Makna dan arti dari bunga tulip pink, warna ini melambangkan harapan bahagia dan rasa menghargai seseorang sehingga banyak digunakan di pertandingan olahraga.

Baca Juga : Arti Bunga Melati Ditinjau Secara Filosofis dan Makna yang Ada di Dalamnya

  • Arti Bunga Tulip Ungu

Bukan warna janda, melainkan warna yang elegan, arti bunga tulip ungu adalah klasik dan menawan. Tulip ungu adalah bunga yang melambangkan kebangsawanan dalam cerita Hamlet karya William Shakespeare. Pada zaman dahulu, mendapatkan warna ungu itu sangat mahal karena harus mencampurkan dua cat untuk mendapatkan warnanya.

  • Arti Bunga Tulip Oranye

Seperti warnanya yang hangat, arti bunga tulip oranye melambangkan kebahagiaan, kehangatan dan keberuntungan karena itu banyak diberikan ke ibu yang baru melahirkan agar ibu dan bayi terus diberikan keberuntungan. 

  • Arti Bunga Tulip Biru

Secara psikologis, warna biru melambangkan ketenangan dan kedamaian, maka dari itu tidak heran jika arti warna bunga tulip biru adalah rasa cinta yang sempurna, rasa tenang dan damai. Dengar – dengar banyak pasangan Eropa yang memberikan bunga tulip biru kepada pasangannya untuk berbaikan loh!

  • Arti Bunga Tulip Hijau

Bunga tulip hijau termasuk bunga tulip yang langka dan ada akibat dari hasil persilangan beberapa tulip. Arti bunga tulip hijau adalah permulaan baru yang penuh harapan. 

  • Arti Bunga Tulip Hitam 

Bunga tulip hitam mungkin jarang dijumpai, tetapi ada dari hasil pencampuran berbagai varian tulip. Meski warnanya hitam, tetapi memiliki undertone ungu. Arti bunga tulip hitam adalah kekuatan dan biasanya digunakan untuk memberikan kekuatan pada orang tersayang.

Baca Juga : Suka Bunga Lily? Yuk, Pelajari Arti Bunga Lily dan Apa Saja Kegunaannya!

kartu super easy health

Nah itulah arti bunga tulip serta sejarahnya hingga bisa menjadi bunga terpopuler di Belanda. Jika ingin melihat bunga tulip langsung, pastikan dalam keadaan sehat ya! Jaga kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan. 

Artikel Terkait