arti bunga mawar merah

Setiap ada acara atau perbuatan romantis antara pasangan pasti selalu memberikan bunga mawar merah, memangnya apa sih arti bunga mawar merah sesungguhnya? Kenapa bunga mawar merah selalu digunakan sebagai simbolisme romantis? Mari ketahui penjelasannya dari filosofi bunga mawar di bawah ini!

Table of Contents

Bunga mawar merupakan spesies bunga yang paling terkenal di dunia, juga memiliki banyak spesies, melebihi 100 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Lokasinya terutama pada kawasan yang sejuk. Keindahan bunga mawar merah tidak hanya apa yang membuatnya terkenal, tetapi juga bahwa bunga mawar dikenal memiliki duri pada semua spesiesnya.

Taksonomi Bunga Mawar

Bunga mawar sendiri merupakan tanaman semak yang berasal dari genus. Pertumbuhan mawar ada banyak, baik yang tumbuh tegak maupun yang tumbuh secara merambat karena itu jika seseorang ini menanam mawar, perawatannya dapat disesuaikan dengan bagaimana orang tersebut ingin menanamnya. 

Bunga mawar merupakan bagian kerajaan plantae dari divisi Magnoliophyta di kelas Magnoliopsida. Ordo dari bunga mawar adalah Rosales dengan familinya Rosaceae dan subfamili Rosidae dari genus Rosa L. 

Baca Juga : Arti Bunga Melati Ditinjau Secara Filosofis dan Makna yang Ada di Dalamnya

Fakta Unik Bunga Mawar

bunga merah mengkilat

Bunga mawar dikenal sebagai salah satu bunga tercantik di dunia, tetapi keindahan bunga mawar merah dan warna lainnya tidak menjadi satu-satunya keunikan dari bunga ini loh. Masih ada banyak fakta unik bunga mawar yang bisa kamu ketahui, mari ketahui apa saja di bawah ini!

  • Merupakan Salah Satu Bunga Tertua

Bunga mawar adalah salah satu bunga tertua di dunia yang sudah tercatat dalam karya sastra, musik hingga ilustrasi selama berabad-abad. Bahkan telah ditemukan fosil bunga mawar yang diperkirakan berusia 35 juta tahun, hal ini menunjukkan bahwa bunga mawar telah ada sejak zaman dahulu. Tidak hanya itu, di Jerman ditemukan bunga mawar yang masih hidup dan telah berumur 1.000 tahun di tembok Katedral Hildesheim.

  • Bisa Dimakan 

Bunga mawar dikenal memiliki aroma yang wangi, tetapi tidak hanya wangi, kelopak bunga mawar bisa dimakan loh. Contohnya, di India dan di Cina, bunga mawar digunakan sebagai bahan masakan, tetapi tidak hanya itu, air mawar bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat jeli dan selai. 

  • Bisa Menghasilkan Buah 

Salah satu keunikan dari bunga mawar, beberapa jenisnya bisa menghasilkan buah yang menyerupai buah beri. Buah yang dihasilkan oleh bunga mawar memiliki warna yang beragam, ada oranye, merah, hitam, hingga ungu tua.

  • Beda Warna, Beda Arti 

Bunga mawar memiliki warna yang sangat beragam karena itu dalam bahasa bunga arti bunga mawar berbeda dari warnanya. 

  • Arti bunga mawar merah adalah elegan dan keanggunan
  • Arti bunga mawar kuning adalah pertemanan dan keceriaan 
  • Arti bunga mawar putih adalah kesucian, spiritualis dan kepolosan 
  • Arti bunga mawar oranye adalah antusias
  • Arti bunga mawar ungu adalah kemegahan
  • Arti bunga mawar hijau adalah kesejahteraan 
  • Arti bunga mawar krem adalah keanggunan
  • Arti bunga mawar peach adalah kemurnian, kesopanan dan keseriusan
  • Digunakan Untuk Wewangian

Sejak zaman dulu, bunga mawar dikenal dengan keharumannya, karena itu sering digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Hingga saat ini wangi bunga mawar masih menjadi aroma yang digemari banyak orang, terutama wanita. 

Selain parfum, bunga mawar juga sering digunakan untuk membuat minyak mawar dan bunga mawar yang diperlukan dalam proses pembuatannya sangat banyak. Untuk 1 gram minyak mawar diperlukan sekitar 2000 bunga mawar yang menyebabkan kenapa harganya sangat mahal.

instagram superyou

  • Ada Mawar Termahal

Tahukah kamu bahwa ada mawar yang dijual dengan harga melebihi jutaan dolar? Ya, itu adalah mawar yang dibudidayakan oleh David Austin, seorang pembudidaya mawar ternama di dunia. 

Ia membudidayakan mawar tersebut selama 15 tahun lamanya dan menghabiskan dana hingga $5 juta. Mawar tersebut diberi nama Juliet oleh David dan di tahun 2006, Juliet berhasil dijual dengan harga $15,8 juta membuatnya mawar termahal di dunia.

  • Tidak Ada Mawar Hitam

Mawar hitam banyak digunakan di media, tetapi aslinya tidak ada mawar yang asli secara alami berwarna hitam. Yang ada hanyalah mawar yang berwarna merah pekat hingga terlihat seperti warna hitam.

  • Tidak Ada Mawar Biru

Mawar biru juga tidak ada yang asli secara alami berwarna biru, tetapi berbeda dari mawar hitam yang aslinya bunga mawar merah pekat yang menyerupai warna hitam. Mawar biru aslinya adalah bunga mawar putih yang dicelupkan pada cat berwarna biru dan hanya rekayasa.

  • Digunakan Sebagai Aksesoris

Keindahan bunga mawar merah dan berbagai warna lainnya menyebabkannya banyak digunakan sebagai aksesoris baik untuk menghias kamar atau dirangkai sebagai aksesoris, seperti kalung.

  • Taman Bunga Mawar di Italia 

Di Italia terdapat sebuah taman bunga mawar pribadi yang memiliki 7,500 variasi bunga mawar berbeda di Cavriglia.

Baca Juga : Suka Bunga Lily? Yuk, Pelajari Arti Bunga Lily dan Apa Saja Kegunaannya!

Manfaat Bunga Mawar

bunga merah tabur

Selain terlihat sangat cantik, bunga mawar juga memiliki banyak manfaatnya loh. Apa saja manfaat bunga mawar? Yuk, ketahui di bawah ini!

  1. Keindahan bunga mawar merah dan berbagai warna lainnya menyebabkan bunga mawar sering digunakan sebagai tanaman hias. Bunga mawar merupakan bunga yang telah dibudidayakan lebih dari ratusan tahun dan berdasarkan sejarah yang ada, telah digunakan sebagai tanaman hias sejak tahun 500 SM di negara Mediterania, Persia dan China.
  2. Bunga mawar banyak dijual sebagai bunga potong dimana ketika masih berbentuk tunas akan dipotong dan disimpan di mesin pendingin untuk kemudian diperjual belikan. Hal ini untuk keperluan pembudidayaan bunga mawar, karena banyak negara tropis yang mengekspor bunga mawar ke berbagai negara.
  3. Dengan wanginya yang harum, sejak dulu bunga mawar menjadi salah satu bahan untuk membuat wewangian dan parfum. Ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu.
  4. Salah satu manfaat bunga mawar adalah bisa digunakan sebagai bahan makanan dan minuman. Jadi, bunga mawar bisa menghasilkan buah yang dikenal sebagai rose hip yang banyak digunakan tidak hanya sebagai dekorasi tanaman, tetapi juga diolah menjadi selai, jelly, marmalade dan bahkan sup.

Baca Juga: 15 Arti Bunga Matahari Berdasarkan Kehidupan dan Warna!

Arti Bunga Mawar Merah

setangkai bunga mawar merah

Kita sudah mengetahui tentang fakta unik serta manfaat dari bunga mawar, sekarang mari kita ketahui filosofi bunga mawar merah dan apa yang digambarkan dari makna bunga mawar merah.

Banyak orang yang memberikan arti bunga mawar merah dihubungkan kepada perasaan cinta. Namun, aslinya tidak setiap bunga mawar merah memiliki arti cinta loh. Apa saja artinya? Yuk, ketahui di bawah ini!

  • Kemurnian Cinta 

Arti bunga mawar merah dalam cinta melambangkan kemurnian dalam perasaan mereka serta keindahan yang dirasakan ketika bersama-sama dalam cinta yang romantis. 

Arti bunga mawar merah tua yang diawetkan bisa dibilang untuk melestarikan cinta yang dirasakan. 

  • Komitmen Tinggi

Arti bunga mawar merah dalam cinta selain melambangkan perasaan adalah keseriusan mereka, karena itu arti bunga mawar merah juga melambangkan komitmen yang tinggi. Hal ini menyebabkan kenapa bunga mawar merah banyak digunakan dalam acara sakral, seperti pernikahan.

  • Penyampaian Emosi

Berdasarkan penjelasan dari Fifty Flowers, arti bunga mawar merah tua berhubungan dengan emosi mendalam pada orang tersayang, arti bunga mawar cerah berhubungan dengan emosi romansa dan makna bunga mawar merah anggur sering dihubungkan dengan cinta bertepuk sebelah tangan.

  • Semangat Hidup

Arti bunga mawar merah dalam kehidupan adalah kuncup yang sedang mekar banyak digunakan sebagai simbol kebangkitan. Hal ini mengapa bunga mawar merah banyak digunakan untuk tradisi perayaan hidupan atau awal yang baru, seperti pernikahan atau wisuda.

  • Pengorbanan

Dalam beberapa budaya dan keagamaan, arti bunga mawar merah tidak hanya cinta atau kehidupan, tetapi juga bisa sebagai simbol pengorbanan loh. Salah satu contohnya adalah bagaimana di agama kristen, makna bunga mawar merah dikaitkan dengan darah Yesus sebagai lambang dari pengorbanan dan penebusan.

Baca Juga: Pahami Arti Bunga Tulip Dari Warnanya Untuk Buket Bunga Bermakna

Selain itu, keunikan dari arti bunga mawar merah bisa diwakili dari berapa banyak jumlah yang diberikan. 

  • 1 Mawar: Cinta pertama
  • 2 Mawar: Saling mencintai 
  • 6 Mawar: Kegilaan untuk menjadi milik seseorang 
  • 10 Mawar: Cinta sebagai kesempurnaan
  • 11 Mawar: Cinta sejati
  • 12 Mawar: Jadilah milikku
  • 15 Mawar: Permintaan maaf kepada orang tercinta
  • 24 Mawar: Aku adalah milikmu
  • 36 Mawar: Dalam fase jatuh cinta
  • 50 Mawar: Cinta tanpa batas

Baca Juga : Arti Bunga Lavender Berdasarkan Kehidupan dan Warna!

Nah, itulah arti bunga mawar merah beserta keunikan dan manfaatnya. Seperti bunga mawar merah yang perlu dicintai dan dijaga, pastikan untuk mencintai diri sendiri dengan merawatnya, ini bisa dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp4.500 per hari!

Artikel Terkait