arti bunga anggrek

Bunga anggrek terkenal dengan keindahan dan keharumannya, karena itu sering digunakan untuk mengharumkan ruangan. Tidak hanya itu arti bunga anggrek juga banyak mencerminkan perasaan dan pikiran seseorang, karena itu bisa digunakan sebagai buket untuk diberikan pada seseorang atau sebagai dekorasi yang mencerminkan orang tersebut. 

Kenali Bunga Anggrek 

Table of Contents

Bunga anggrek merupakan bunga yang dikenal sebagai populer dan memiliki variasi yang dinal sebagai bunga yang indah dan beragam. Bunga anggrek tumbuh di semua kontinen di dunia kecuali di Antartika, tetapi terutama di wilayah subtropis. Berikut ini adalah wilayah asal bunga anggek.

  • Wilayah tropis: Brazil, Ekuador, Peru, negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan
  • Asia Tenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand
  • Afrika: Madagascar
  • Australia
  • Amerika Utara: Amerika Serikat dan Kanada
  • Eropa: Yunani, Italia dan Inggris
  • Asia: Cina, India, Nepal dan Bhutan

Berikut ini adalah taksonomi dari bunga anggrek untuk mengetahui detail dari tanamanannya.

  • Kerajaan: Plantae (Tumbuhan)
  • Divisi: Angiospermae (Tumbuhan Berbiji Tertutup)
  • Kelas: Monocotyledonae (Monokotil)
  • Order: Asparagales 
  • Famili: Orchidaceae (Famili Anggrek)
  • Genus: Phalaenopsis

Baca Juga:

Asal Usul dan Sejarah Bunga Anggrek

bunga anggrek cantik

Bunga anggrek sudah ada sejak dulu dan memiliki sejarah yang sangat panjang karena itu bunga anggrek digunakan untuk berbagai macam kegiatan serta simbol bunga anggrek yang beragam, bisa dari warna hingga makna bunga anggrek berdasarkan negara.

Sejauh ini, sejarah paling awal mengenai bunga anggrek adalah dalam bentuk fosil dari 100 juta tahun yang lalu menandakan bunga anggrek sudah ada sejak zaman dinosaurus. Tidak diketahui penggunaan bunga anggrek pada zaman itu, tetapi terdapat catatan sejarah yang menunjukkan bahwa bangsa Mesir Kuno sudah menghargai bunga anggrek.

Catatan yang menunjukkan penggunaan bunga anggrek sudah dilakukan sejak 700 SM. Keberadaan dari bunga anggrek adalah dalam bentuk gambar dan sastra Cina dan Jepang. Tanaman ini digambarkan sebagai tumbuhan herbal untuk mengobati banyak penyakit. 

Masuknya bunga anggrek ke negara barat baru mulai 200 hingga 300 tahun yang lalu. Ini dimulai sebagai tradisi ketika para misionaris gereja, personil tentara dan penjelajah mulai mengirimkan tanaman kepada keluarga. Tradisi ini dengan cepat menyebar kepada para pelaut yang kembali dengan membawa tanaman eksotis dari berbagai negara yang dikunjungi untuk diberikan kepada anggota keluarga dan teman. 

Perlu diketahui pada saat itu harga anggrek yang berasal dari daratan seberang dinilai sangat mahal sehingga hanya orang kaya raya yang mampu untuk membelinya, bahkan mampu membelinya pun belum berarti bisa memilikinya karena harus mengalahkan tawaran tinggi di lelang publik dan bersaing melawan para penggemar anggrek kaya raya lainnya. 

Abad ke-18 dan abad ke-19 menjadi abad budidaya anggrek dan para peneliti seperti Charles Darwin dan John Lindley berkontribusi pada pemahaman ilmiah mengenai anggrek. Pada abad ini juga diciptakan teknologi pemanan ruangan dan mengembangkan teknik budidaya yang mempermudah untuk mengembangkan bunga anggrek di lingkungan yang lebih terkendali. 

Di abad ke-20 para peneliti mulai melakukan penemual untuk memproduksi bunga anggrek hibrida dan meningkatkan bisnis anggrek berkembang pesat. 

Harga Bunga Anggrek 

Harga bunga anggrek bergantung dari ukuran dan jenisnya, contohnya salah satu bunga anggrek dengan harga yang paling terjangkau adalah bunga anggrek bulan dengan harga Rp12.000 untuk bibitnya, Rp30.000 untuk bunga yang sudah remaja dan Rp75.000 untuk yang berukuran jumbo. 

Memang ada bunga anggrek yang termasuk terjangkau, tetapi terdapat beberapa jenis bunga anggrek termahal di dunia. Ini karena bunga anggrek tidak hanya indah dan unik, tetapi beberapa jenis bunga anggrek diketahui sangat langka keberadaannya. 

Jenis bunga anggrek termahal di dunia adalah bunga anggrek Shenzhen Nongke dengan harganya yang bisa mencapai Rp3,6 miliar rupiah. Jenis bunga anggrek termahal di dunia yang kedua adalah bunga anggrek hitam papua dengan harga bunga anggrek ini mencapai Rp100 juta rupiah dan selain dua itu masih banyak lagi jenis bunga anggrek termahal lainnya.

Baca Juga: 

Simbol Bunga Anggrek Di Berbagai Negara

bunga angrrek putih

Bunga anggrek sudah ada sejak zaman dahulu dan tersebar luas di beberapa negara di dunia, baik karena memang tumbuh disana atau ditanam. Bunga anggrek juga banyak digunakan di berbagai negara sehingga memiliki simbolisme yang berbeda di setiap negara. Berikut ini adalah filosofi bunga anggrek di berbagai negara. 

  • Tiongkok

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan catatan bunga anggrek tertua di dunia. Bunga anggrek di Tiongkok memiliki banyak makna dan sering digunakan dalam acara penting. Di Tiongkok bunga anggrek melambangkan kesuburan, kesucian dan kemurnian serta sering dikaitkan dengan kesuksesan dan keberuntungan. Arti bunga anggrek di Tiongkok menjadi penyebab kenapa sering digunakan untuk upacara pernikahan.

  • Jepang

Seperti Tiongkok, Jepang adalah salah satu negara yang memiliki catatan bunga anggrek tertua di dunia. Makna bunga anggrek di Jepang bisa dibilang kompleks, karena melambangkan keindahan, tetapi disaat yang sama bunga anggrek melambangkan kematian sehingga digunakan sebagai simbol penghormatan terhadap orang yang telah meninggal. Tidak hanya itu, dalam budaya Jepang, simbol bunga anggrek memiliki makna kesabaran dan ketekunan.

  • Indonesia 

Simbol bunga anggrek di Indonesia adalah bunga nasional yang melambangkan keberanian dan kejayaan. Dalam budaya Indonesia, sebagai bunga nasional, bunga anggrek banyak digunakan dalam berbagai upacara adat dan ritual keagamaan di Indonesia. 

  • Amerika Serikat 

Bunga anggrek yang juga asli dari daerah Amerika memiliki banyak makna tersendiri. Arti bunga anggrek di Amerika Serikat melambangkan cinta, kegembiraan dan kecantikan. Beberapa bagian di Amerika Serikat bunga anggrek melambangkan bunga resmi daerah tersebut, salah satunya adalah Hawaii.

  • Eropa

Meski tidak memiliki banyak bunga anggrek, ada beberapa yang memang tumbuh di daerah Eropa, khususnya pada negara Yunani, Italia dan Inggris. Arti bunga anggrek di Eropa banyak dikaikan dengan keinginan dan hasrat, karena itu banyak diberikan kepada orang tersayang untuk menyatakan rasa cinta dan ketertarikan mereka terhadap orang tersebut.

  • Yunani Kuno

Yunani merupakan salah satu negara dimana bunga anggrek termasuk asli dari sana dan bunga ini juga memiliki makna dan simbolisme yang dikaitkan dengan kepercayaan orang Yunani. Simbol bunga anggrek di Yunani adalah cinta dan kecantikan karena dikaitkan dengan dewi cinta dan kecantikan, Aphrodite, tetapi tidak hanya itu bunga anggrek melambangkan kesuburan di Yunani.

Baca Juga:

Arti Bunga Anggrek Berdasarkan Warna

bunga anggrek hijau

Selain filosofi bunga anggrek berbeda berdasarkan negara, fiosofinya juga bisa berdasarkan warna bunganya loh. Apa saja arti bunga anggrek berdasarkan warna? Yuk, ketahui di bawah ini!

  • Bunga Anggrek Putih

Arti bunga anggrek putih melambangkan kesucian dan kemurnia karena itu banyak digunakan di upacara pernikahan dan perayaan keagamaan. Selain itu makna bunga anggrek putih adalah penghormatan kepada orang yang telah meninggal dan bisa mewakili kenangan yang suci dan abadi. 

  • Bunga Anggrek Merah

Arti bunga anggrek merah adalaj cinta dan hasrat karena itu bunga ini sering diberikan kepada orang tercinta karena simbol bunga anggrek merah yang menunjukkan rasa cinta dan keinginan yang mendalam. 

Namun, tidak hanya itu, warna merah yang sering dikaitkan dengan energi membuat arti bunga anggrek merah sebagai energi dan vitalitas yang menggambarkan semangat.

  • Bunga Anggrek Biru 

Arti bunga anggrek biru melambangkan kedamaian, ketenangan dan kesejukan karena mengaitkan warna biru denga memberikan nuansa yang menenangkan. Selain itu bunga anggrek melambangkan kesetiaan dan kepedulian.

  • Bunga Anggrek Ungu

Arti bunga anggrek ungu adalah kepintaran dan kejelasan, hal ini karena warna ungu yang melambangkan kebijaksanaan, kepintaran dan kejelasan sehingga simbol bunga anggrek ungu digunakan untuk melambangkan kecerdasan. 

Tidak hanya itu, simbol bunga anggrek ungu juga melambangkan kemewahan dan kekuasaan, hal ini karena pada zaman dahulu ungu merupakan warna yang sangat mahal karena harus menyatukan warna merah dan biru sehingga harganya hanya sesuatu yang bisa dibeli oleh orang – orang tertentu, seperti anggota kerajaan, bangsawan atau saudagar kaya.

  • Bunga Anggrek Kuning

Dengan warna kuning yang hangat, bunga anggrek melambangkan persahabatan dan cocok untuk diberikan kepada teman untuk menunjukkan selamat dan rasa gembira. Simbol bunga anggrek kuning adalah keceriaan dan optimisme karena warnanya yang cerah. 

  • Bunga Anggrek Oranye

Arti bunga anggrek oranye dengan warnanya yang hangat mencerminkan kebanggaan, antusiasme dan keberanian, karena itu cocok diberikan kepada seseorang yang melakukan hal menegangkan.

  • Bunga Anggrek Hijau 

Bunga anggrek hijau melambangkan berbagai macam hal, simbol bunga anggrek hijau banyak digunakan untuk menggambarkan kesehatan alam, kehidupan, umur panjang, keberuntungan dan harapan. Ini lah mengapa bunga anggrek hijau banyak digunakan untuk melambangkan aspirasi dan cita – cita.

  • Bunga Anggrek Pink 

Arti bunga anggrek pink melambangkan kasih sayang dan kelembutan karena itu bunga anggrek ini banyak digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang yang dimiliki terhadap seseorang serta juga rasa hormat.

Super care terbaru

Arti bunga anggrek sangat beragam karena itu untuk mencegah menyampaikan pesan yang salah atau bahkan menyinggung, pastikan untuk mengetahui artinya di setiap negara atau berdasarkan warnanya. Jangan lupa terus lindungi kesehatan diri dan finansial dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang mampu memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari Rp4.500 per hari!

Artikel Terkait