cara mengatasi kulit wajah kering

Kulit kering atau dengan nama saintifiknya Xerosis, merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kulit. Kekurangan hidrasi bisa membuat wajah kering dan memerlukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, sebelum membahas cara mengatasi kulit kering, mari kita ketahui lebih lanjut mengenai kulit kering.

 

Apa itu Kulit Kering?

Pada umumnya terdapat 3 jenis tipe kulit. Kulit normal, kulit berminyak dan kulit kering. Kulit kering terjadi karena kekurangan minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak.

Masalah yang biasa ditemukan oleh pemilik kulit kering adalah kulit terasa lebih kencang dan kondisi kulit terdehidrasi. Bagi yang memiliki kulit kering, setelah cuci muka kulit akan terasa lebih kencang dari sebelumnya.

 

Apa yang menyebabkan kulit kering?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kulit yang kering. Hal ini bisa dikarenakan faktor genetik dan faktor luar.

Minyak diproduksi oleh kelenjar minyak, kulit yang tidak bisa memproduksi banyak sebum dan hal ini berdasarkan faktor genetik.

Faktor luar yang dapat menyebabkan kekeringan kulit adalah:

–   Cuaca:

Kulit akan semakin kering saat cuaca sedang dingin dan berangin, hal ini dikarenakan saat suhu turun, juga kelembaban di udara. Tingkat kelembapan merepresentasikan kandungan uap air di udara yang memberikan hidrasi pada kulit.

Namun, saat cuaca dingin dan tingkat kelembaban menurun, karena kandungan uap air juga menurun, hidrasi yang diberikan juga berkurang menyebabkan kekeringan pada kulit.

–   Obat:

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Obat jerawat seperti retinol, glycolic acid, salicylic acid dan benzoyl peroxide dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Selain obat jerawat, medikasi untuk perawatan lainnya juga dapat menyebabkan kekeringan, seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol dan obat kemoterapi.

–   Umur:

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor umur, dimana setelah masa menopause kulit akan menjadi semakin kering. Ini disebabkan oleh berkurangnya produksi sebum semakin bertambahnya usia.

 

Apa yang harus dilakukan apabila memiliki kulit kering?

Berikut adalah cara mengatasi kulit kering yang dapat dilakukan untuk menambah dan mempertahankan hidrasi pada kulit:

  • Gunakan sabun dan pembersih yang lembut. Hindari sabun dan pembersih yang menyebabkan kulit terasa tertarik setelah pemakaian.
  • Pilih pelembab atau krim yang tebal. Gunakan sesering mungkin untuk mempertahankan kelembaban pada kulit.
  • Kulit kering adalah kulit yang terhidrasi, walaupun sudah menjaga kulit dari luar memperbanyak konsumsi air dapat membantu dehidrasi dari dalam. Selain memperbanyak minum air, mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan vitamin juga bisa membantu menjaga kondisi kulit mu!

 

Apa yang harus dihindari untuk kulit kering?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi kulit kering menjadi lebih parah. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan kulit yang kering:

  Hindari berlama-lama mandi air panas. Melakukan ini dapat mengelupas minyak dan kelembaban dari kulit dan memperparah kekeringan.

  Hindari eksfoliasi apabila tidak diperlukan. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

  Hindari penggunaan scrub, handuk muka atau alat pembersih lainnya yang dapat memperparah kekeringan.

 

Rutinitas untuk Mengatasi Kulit Kering:

Berikut ini adalah rutinitas perawatan wajah di pagi dan malam hari untuk mengatasi kulit yang kering:

–   Pagi

    • Sabun Cuci Muka
    • Krim Mata
    • Hydrating antioxidant serum
    • Pelembab
    • Sunscreen

Baca Juga: Manfaat Pemakaian Sunscreen dan Tips yang Harus Kamu Ketahui!

 

–   Malam

    • Oil Cleanser
    • Sabun Cuci Muka
    • Krim Mata
    • Pelembab

 

Merawat kulit yang kering dengan mengikuti tips diatas, tetapi apabila kondisi kulit tidak membaik disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Mengatasi kulit kering tidak hanya bisa dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga yang rutin, perbanyak konsumsi air putih dan memakan makanan yang bergizi tidak hanya memperkuat tubuh, tapi juga bisa membantu merawat kulit dari dalam.