propolis

Propolis adalah salah satu kandungan dalam madu dengan manfaat yang sangat banyak dan serbaguna. 

Umumnya manfaat propolis untuk kesehatan banyak digunakan sebagai obat herbal yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, tetapi khasiat propolis juga bisa untuk manfaat lainnya. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai propolis obat apa di sini.

Table of Contents

Apa itu Propolis

apa itu propolis

Mari awali dengan memahami apa itu propolis?

Propolis adalah hasil produk dari lebah, tetapi jangan salah, tetapi propolis dan madu merupakan dua hasil produksi lebah yang berbeda. Hal ini karena propolis adalah getah dan bukan madu, dengan mencampur getah pohon dan zat alami dari tubuh mereka, seperti kotoran mereka dan beeswax, lebah bisa menghasilkan propolis, zat lengket dengan warna kecoklat hijauan digunakan untuk melapisi sarang mereka sehingga madu tetap steril dan bersih.

Propolis digunakan oleh lebah untuk mengisi celah dan lubang – lubang yang ada pada sarang mereka untuk membantu melindungi sarang dari ancaman luar seperti hewan pemangsa atau mikroba. Tetapi propolis tidak hanya berguna bagi lebah, bagi manusia terdapat banyak manfaat propolis untuk kesehatan dan lainnya.

Kandungan Propolis

Manfaat propolis karena kandungannya. Yuk ketahui apa saja kandungan propolis dan khasiat propolis.

  • Karbohidrat 
  • Protein 
  • Lemak 
  • Magnesium 
  • Kalium 
  • Natrium 
  • Zat besi 
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E 
  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Minyak Esensial 

Perlu diingat karena pembuatan propolis menggunakan getah dari pohon, kandungan propolis pun bisa berubah ubah berdasarkan area lokasi lebah dan area lokasi tumbuhan. Hal ini menyebabkan kandungan propolis dan khasiat propolis yang berasal dari Eropa, Asia dan Amerika bisa berbeda – beda. 

Manfaat Propolis

Manfaat propolis selain untuk sarang lebah, bagi manusia banyak manfaat propolis untuk kesehatan. Propolis sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu untuk masalah kesehatan manusia seperti sebagai salah satu bahan untuk obat, mengobati luka, membantu proses pemulihan hingga infeksi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat propolis untuk kesehatan, simak di bawah ini!

  • Mengobati Luka 

Salah satu khasiat propolis yang umum adalah sejak dulu propolis sudah digunakan sebagai obat untuk luka seperti luka bakar ringan karena bisa mempercepat proses pemulihan luka. Hal ini karena beberapa kandungan propolis memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan anti radang.

  • Meredakan Gejala Herpes Genital

Manfaat propolis untuk kesehatan adalah jika menggunakan salep yang memiliki kandungan propolis sebesar tiga persen maka bisa membantu mengurangi lenting atau cold sores dan nyeri akibat herpes genital. 

  • Efek Anti Kanker

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity bahwa obat herbal kanker dengan kandungan propolis bisa bantu cegah pertumbuhan sel kanker. 

Manfaat propolis untuk kesehatan lainnya adalah sebagai terapi tambahan untuk kanker payudara. Namun, penelitian mengenai manfaat propolis untuk kesehatan dalam topik kanker saat ini masih sebatas studi pada hewan dan masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

  • Merawat Gigi dan Mulut 

Manfaat propolis untuk kesehatan sebagai perawatan gigi dan mulut juga bisa dilakukan dimana propolis bisa bekerja sebagai obat kumur, pasta gigi, gel oral hingga dikonsumsi sebagai permen tenggorokan. Hal ini karena kandungan propolis yang memiliki sifat antibakteri dan anti radang yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri kandidiasis (candidiasis) dan Streptococci yang bisa merusak gigi dan mulut. 

Baca Juga: 3 Tips Jitu Memilih Asuransi Gigi Terbaik di Indonesia

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak skincare yang mengandung propolis sebagai salah satu bahan kandungannya. Kenaikan dari penggunaan propolis adalah karena kandungan propolis yang sangat bagus untuk menjaga. kesehatan kulit. Yuk, ketahui beberapa khasiat propolis pada skincare propolis.

  1. Salah satu manfaat propolis untuk kesehatan kulit adalah khasiatnya untuk meredakan kemerahan baik yang disebabkan secara eksternal (cuaca, musim atau reaksi perawatan kulit) ataupun yang disebabkan secara internal (makanan atau stress).
  2. Salah satu khasiat propolis adalah mengontrol sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat dengan menjadi produk perawatan pasca pengelupasan kulit yang bagus.
  3. Manfaat propolis untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah melindungi kulit dari radikal bebas dengan cara menggunakan antioksidan yang merupakan salah satu kandungan propolis. Propolis yang kaya akan antioksidan menyumbang elektron pada radikal bebas dan melindungi kulit sehingga kulit tampak sehat dan muda.
  4. Manfaat propolis untuk kesehatan kulit adalah untuk meredakan jerawat dengan antibakteri sebagai salah satu kandungan propolis. Antibakteri yang ada pada propolis membantu untuk melawan bakteri jerawat dan menurunkan jumlah serta tingkat keparahan jerawat.

Selain karena antibakteri sebagai salah satu kandungan propolis, masih ada juga anti peradangan yang menjadi kandungan propolis. Anti peradangan yang ada pada propolis membantu untuk menenangkan kemerahan pada kulit dan menurunkan suhu kulit sehingga mencegah timbulnya jerawat baru.

  1. Memproduksi kolagen adalah salah satu khasiat propolis. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Medical University of Silesia in Katowice, propolis bisa membantu proses penyembuhan luka dengan membantu produksi kolagen tipe I dan III.
  2. Sejak jaman dahulu, digunakannya propolis obat apa saja mulai dari menangani infeksi, bahan obat dan mengobati luka menandakan bagusnya manfaat propolis untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah mengobati kulit pasca jerawat.Dengan efek propolis yang bisa mempercepat pengobatan luka propolis secara efektif dengan menciptakan pelindung yang sehat untuk kulit.
  • Meredakan Gastrointestinal 

Penelitian Herbal Medicines Useful to Treat Inflammatory and Ulcerative Gastrointestinal Disorders: Preclinical and Clinical Studies yang menjelaskan salah satu manfaat propolis untuk kesehatan yaitu gastrointestinal. Hal ini karena asam caffeic phenethyl ester (CAPE), artepillin C, kaempferol dan galangin yang ada dalam kandungan propolis bisa menghilangkan patogen.

  • Diabetes

Berdasarkan penelitian Effects of bee propolis supplementation on glycemic control, lipid profile and insulin resistance indices in patients with type 2 diabetes: a randomized, double – blind clinical trial dikatakan bahwa propolis memiliki efek positif pada diabetes. Hal ini karena propolis bisa membantu mengontrol gula darah dan mempengaruhi kadar insulin serta meningkatkan resistensi insulin.

kalkulator masa subur

Risiko Efek Samping Propolis

Manfaat propolis untuk kesehatan memang banyak dan bagus, tetapi tidak semua orang akan cocok menggunakan propolis. Ketahui beberapa orang yang berisiko efek samping dari penggunaan produk yang mengandung propolis:

  1. Memiliki alergi terhadap lebah atau produksi lebah 
  2. Memiliki riwayat asma karena reaksi alergi tersebut bisa memicu gejala asma menjadi semakin buruk
  3. Ibu hamil dan menyusui berisiko mengalami efek samping dari propolis karena masih belum terbukti aman untuk dikonsumsi untuk yang masuk dalam kategori ini
  4. Memiliki gangguan perdarahan karena senyawa yang ada di kandungan propolis dapat memperlambat proses pembekuan darah
  5. Pasien yang akan melakukan operasi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi propolis karena bisa meningkatkan risiko pendarahan selama tau setelah operasi

Propolis semakin banyak digunakan sebagai kandungan produk kesehatan karena manfaatnya, tetapi ingat untuk mengetahui kondisi diri untuk mencegah risiko efek samping propolis. Proteksi kesehatan selain menggunakan propolis bisa dengan asuransi kesehatan dari Super You, asuransi online yang memberikan proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang aman di kantong. Tunggu apa lagi?

Artikel Terkait