vitamin c

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita, karena berguna untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, gigi, serta pembuluh darah. Disebut juga asam askorbat, antioksidan satu ini tidak tersimpan dalam tubuh, karena itu ada konsumsi wajib setiap harinya demi menjaga kesehatan. 

Tentunya vitamin C terdapat dalam berbagai makanan, terutama dalam sayur dan buah. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya melalui suplemen. Konsumsi vitamin C dianjurkan sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Lantas seberapa penting sih vitamin C bagi tubuh? Yuk simak artikel berikut!

Table of Contents

Apa Fungsi Vitamin C?

Apa Fungsi Vitamin C

Vitamin C banyak digunakan untuk mencegah terjadinya sariawan, tetapi fungsi vitamin C lebih dari itu, lho! Yuk, ketahui apa fungsi vitamin C di bawah ini!

  1. Fungsi vitamin C adalah membantu pembentukan protein yang berperan dalam membuat kulit, tendon dan ligamen
  2. Vitamin C membantu pembentukan pembuluh darah yang penting untuk proses penyembuhan luka serta jaringan parut.
  3. Membantu pemeliharaan tulang, gigi dan tulang rawan.
  4. Menyerap kelebihan zat besi dalam tubuh.
  5. Membantu proteksi sel dan menjaga kesehatan sel.

Manfaat Vitamin C

Manfaat vitamin C dalam tubuh kita sangatlah penting, takk hanya bagi tubuh tetapi juga untuk kesehatan kulit. Nutrisi vitamin C ini berperan besar mendukung daya tahan tubuh serta kesehatan kulit. 

Berikut 6 manfaat vitamin C bagi tubuh yang dengan mudah bisa anda dapatkan;

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin C sendiri mempunyai beberapa pengaruh terhadap imunitas tubuh, antara lain: 

  • Meredakan peradangan sehingga membantu fungsi imun tubuh.
  • Mendorong produksi kolagen untuk kulit sehingga membantu fungsi kulit dalam menghadang zat berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh.
  • Meningkatkan aktivitas fagosit, yaitu jenis sel darah putih yang melawan bakteri atau partikel berbahaya.
  • Membantu pertumbuhan limfosit, yaitu jenis sel darah putih yang memproduksi antibodi saat adanya bakteri, virus, atau racun dalam darah. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dosis vitamin C yang tinggi dapat mengurangi risiko peradangan paru dalam penyakit pernapasan akut, seperti virus H1N1 atau virus lainnya. Namun, dosis vitamin C harus berdasarkan anjuran dokter karena bisa menyebabkan efek samping lain.

2. Menjaga tekanan darah tetap normal

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin C merilekskan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. 

Bagaimana pun juga, belum ada yang tahu pasti efek jangka panjang dari vitamin C pada tekanan darah. Untuk menjaga tekanan darah normal, kamu tidak bisa bergantung hanya pada vitamin C saja tapi berbagai usaha lainnya. 

3. Kurangi risiko penyakit kritis

Tahukah kamu bahwa vitamin C mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke? Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat mengurangi faktor risiko dari kedua penyakit tersebut. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi minimal 500 mg vitamin C setiap harinya bisa mengurangi faktor risiko penyakit, seperti kolesterol jahat dan trigliserida.

Bagaimanapun juga kamu tetap perlu menerapkan pola hidup sehat dan menyadari gejala penyakit jantung maupun gejala stroke, demi mencegah risiko penyakit kritis.

4. Mencegah kekurangan zat besi

Zat besi penting untuk berbagai fungsi tubuh, antara lain pembuatan sel darah merah dan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, terkadang zat besi susah diserap oleh tubuh ketika bersumber dari tumbuhan. 

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dari sayur-sayuran yang kita makan. Hal ini menjadi penting terutama bagi mereka yang memilih untuk tidak memakan daging, secara daging adalah sumber zat besi.  

Selain itu, vitamin C juga mengurangi risiko anemia bagi orang-orang yang rentan untuk kekurangan zat besi.

Baca Juga : 7 Cara Efektif Jaga Kesehatan Tubuh

5. Bagus untuk ingatan

Salah satu khasiat vitamin C adalah sebagai antioksidan, vitamin C dapat mencegah peradangan pada sistem saraf utama yang menyebabkan dementia. Karena itu, vitamin C sangat berpengaruh untuk mencegah risiko gangguan memori atau berpikir seperti dementia. 

Sementara itu, kurangnya vitamin C dapat menyebabkan penurunan dalam kemampuan berpikir dan mengingat. Terutama pada kelompok lanjut usia.

6. Bagus untuk kulit

Selain membantu pembentukan kolagen pada kulit, vitamin C juga mempunyai beberapa fungsi lainnya bagi kesehatan tubuh. Terutama berguna sebagai anti penuaan

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa tingginya vitamin C dalam tubuh mempengaruhi berkurangnya tanda garis penuaan (keriput), keringnya kulit, dan kulit yang sehat.

super easy health terbaru

Apa Vitamin C Bisa Mencegah Corona?

Sebuah artikel dari Chinese Journal of Infection Diseases mengatakan adanya penggunaan vitamin C dosis tinggi untuk membantu penyembuhan orang yang terinfeksi COVID-19 demi meningkatkan fungsi paru. 

Beberapa penelitian lain juga sedang dalam tahap uji klinis untuk melihat efektivitas vitamin C kepada pasien COVID-19. Namun, perlu diingat bahwa belum ada standarisasi tentang penyembuhan COVID-19 dengan vitamin C karena bukti datanya masih kurang lengkap.

Kalau pun vitamin C memang terbukti membantu penyembuhan, tidak ada data yang mendukung bahwa mengonsumsi vitamin C saja dapat mencegah terjangkitnya penyakit COVID-19. Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi malah bisa memiliki efek samping seperti diare.  

Baca Juga : 5 Langkah Pencegahan Corona untuk Anak

Lalu Apa Akibat Kekurangan Vitamin C?

Ada banyak khasiat vitamin C dan fungsi dari untuk tubuh, lantas apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C? Yuk, ketahui 6 akibat kekurangan vitamin C di bawah ini!

  1. Akibat kekurangan vitamin C bisa menyebabkan terjadinya masalah kulit. Hal ini karena produksi kolagen memerlukan vitamin C dan jika kadar kolagen menurun maka kulit bisa menjadi kasar dan kering. Ini juga berpotensi menyebabkan jika kulit terluka maka akan semakin sulit sembuh.
  2. Dengan menipisnya kolagen akibat kekurangan vitamin C, kulit menjadi bermasalah tidak hanya lebih kering dan susah sembuh, kulit juga lebih mudah memar. Timbulnya memar ini karena pembuluh darah yang lebih gampang pecah karena kolagen yang berkurang.
  3. Salah satu fungsi vitamin C adalah membantu mengubah lemak menjadi energi tubuh, tetapi jika vitamin C kurang maka proses ini akan terganggu, karena itu akibat kekurangan vitamin C menyebabkan tubuh gampang lelah.
  4. Selain mengubah lemak menjadi energi, fungsi lainnya dari vitamin C adalah menjaga kesehatan gusi dan gigi. Akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh bisa menyebabkan gusi mudah berdarah dan gigi yang rentan untuk copot.
  5. Karena vitamin C membantu memproses lemak menjadi energi, akibat kekurangan vitamin C adalah berat badan naik karena lemak yang tidak diproses menjadi lemak sehingga meningkatkan risiko obesitas.
  6. Skorbut atau scurvy adalah kondisi dengan gejala tubuh lemas, nafsu makan berkurang, mual, mengalami diare dan demam. Skorbut merupakan akibat kekurangan vitamin C dan jika tidak diobati bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga kematian.

banner instagram

Cegah dengan Vitamin C, Antisipasi dengan Super You!

Walau mengonsumsi vitamin C dapat membantu kamu menjaga kesehatan tubuh, tapi kamu juga tetap harus menerapkan pola hidup sehat. Pastikan pola makan yang sehat dan olahraga tetap teratur. 

Namun, kamu juga bisa mengantisipasi risiko kesehatan dengan menggunakan perlindungan asuransi kesehatan. Dengan asuransi online Super You, kamu bisa mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan, mulai dari Rp 39.500 saja per bulan.

Namanya juga sakit, siapa sih yang bisa prediksi? Sebaiknya kamu bermain aman dengan perlindungan finansial dari Super You. Yuk cek produknya!

Proteksi Diri dengan Asuransi Penyakit Kritis Super Well, Perlindungan Hingga Rp 1 Milyar per Tahun

Artikel Terkait