tips menabung untuk menikah

Tips menabung tak hanya diperlukan untuk membeli rumah atau pendidikan anak saja. Salah satu hal yang perlu dipikirkan secara matang dari segi keuangan adalah pesta pernikahan. Pernikahan adalah proses menyatukan dua insan manusia dalam satu ikatan suci. Diperlukan kesiapan fisik dan mental sebelum yakin menuju ke jenjang tersebut.

Selain kesiapan fisik dan mental, kesiapan keuangan pun patut menjadi perhatian. Pesta pernikahan adalah momen istimewa yang sakral dan sangat penting bagi kedua pasangan. Maka, wajar bila semua pasangan ingin mewujudkan pesta impian. Namun untuk mewujudkannya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Jadi ada 3 persiapan yang perlu dilakukan sebelum menikah:

  • Kesiapan Fisik
  • Kesiapan Mental
  • Kesiapan Finansial

Mengingat dana yang diperlukan juga tidak sedikit. Biaya pernikahan di era modern seperti sekarang tidak bisa disepelekan. Terdapat banyak aspek yang perlu dipikirkan biayanya. Mulai dari catering, gedung, gaun pengantin, undangan, souvenir, hingga jasa wedding organizer. Itulah mengapa tips menabung uang untuk biaya resepsi pernikahan sangat penting.

Dalam persiapan melangsungkan pesta perkawinan, kamu tentu perlu bekerja sama dengan pasangan. Bukan hanya berkaitan dengan teknis pelaksanaan, anggaran pun patut didiskusikan berdua. Ini sudah menjadi hal lazim dan tidak tabu lagi. Karena keterbukaan soal keuangan juga penting dalam berpasangan. Berikut tips menabung untuk kamu.

1. Merencanakan Anggaran Pernikahan

Tips menabung bersama pasangan yang yang pertama yaitu membuat perencanaan anggaran pernikahan secara detail. Sebelumnya, diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan konsep resepsi seperti apa yang hendak dilaksanakan. Konsep perkawinan ini misalnya mengusung adat tradisional, modern, internasional, garden party, mewah, dan sebagainya. 

Jika sudah menemukan konsep pesta sesuai keinginan bersama, selanjutnya kamu dapat membuat daftar anggaran. Mulai dari pemilihan gedung, hidangan, jasa perencana pernikahan, busana pengantin, busana pendamping, dan segala kebutuhan lainnya. Jika ingin memangkas biaya, kamu dapat melewatkan jasa WO dengan konsekuensi persiapannya lebih ribet.

Dari proses tersebut akan muncul angka untuk dijadikan patokan biaya. Sebaiknya lakukan perhitungan secara detail dan cermat. Hal ini bertujuan agar anggaran yang tersusun lebih akurat sehingga tidak ada pembengkakan biaya. Cara menabung ini sangat penting agar kedua pasangan mengetahui besarnya anggaran yang diperlukan.

Dengan tips menabung ini, keduanya dapat merencanakan langkah apa saja yang dapat ditempuh untuk menutup kebutuhan dana tersebut. Jika masing-masing dari kamu telah mempersiapkan dana sendiri jauh-jauh hari, maka tambahan biayanya kemungkinan tidak terlalu besar. Kuncinya adalah mengkomunikasikannya secara baik dengan pasangan.

Hm, belum tahu cara melakukan perencanaan keuangan?

2. Menabung di Rekening Khusus

Tips menabung untuk biaya perkawinan berikutnya yaitu dengan membuat rekening secara khusus. Setelah kamu mengetahui berapa banyak dana yang dibutuhkan, selanjutnya mengumpulkan dana tersebut. Buatlah rekening tersendiri untuk menyimpan uang guna biaya menikah. Langkah ini dilakukan agar uang tersebut tidak tercampur dengan uang lain.

Dengan begitu, angka tersebut tidak akan terganggu untuk memenuhi kebutuhan lain di luar kepentingan resepsi. Selain itu, kamu lebih fokus dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Melihat dan mengontrol saldo rekening juga lebih mudah. Merencanakan jumlah yang harus ditabung juga akan lebih mudah jika gampang dimonitor secara berkala. 

Tips menabung ini memungkinkan kamu jika memang perlu menggunakan sejumlah uang, kamu harus benar-benar memakainya dengan bijaksana. Pastikan bahwa uang tersebut adalah untuk menunjang pesta perkawinan. Jangan sampai uang yang terkumpul di rekening tersebut dipergunakan untuk kebutuhan tidak penting atau kebutuhan pribadi salah satu pasangan.

Selain itu, komunikasi yang baik juga harus selalu diterapkan. Baik mengenai sumber tabungan hingga saldo keluar. Sikap keterbukaan semacam ini adalah suatu faktor penting untuk melatih diri dalam mengelola keuangan keluarga pasca menikah. Jadi, kamu juga bisa belajar lebih dewasa saat mengatur uang dengan pasangan.

3. Menghindari Utang untuk Pesta Pernikahan

Tips menabung lainnya untuk pasangan yang hendak melangsungkan resepsi pernikahan yaitu menghindari utang. Banyak orang beranggapan bahwa persoalan keuangan dapat diselesaikan dengan utang. Padahal hal tersebut bisa berakibat buruk di kemudian hari. Salah satunya risiko tidak mampu membayar cicilan karena bunga tinggi atau faktor lain.

Untuk itu, jangan sampai memulai kehidupan rumah tangga dengan mengambil pinjaman untuk membiayai pesta perkawinan. Mungkin hal tersebut akan terlihat indah di awal. Karena kamu dapat menggelar pesta mewah dan mengundang decak kagum banyak orang. Namun mementingkan gengsi hanya akan berujung pada kesulitan diri sendiri.

Sebaiknya buatlah pesta sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Karena kehidupan rumah tangga yang sebenarnya adalah pasca pesta itu sendiri. Lebih baik kamu mempersiapkan biaya rumah tangga seusai resepsi. Daripada menjerumuskan diri sendiri dalam utang akibat membesarkan gengsi. Maka, tips menabung yang satu ini sangat dianjurkan.

Daripada utang, mending buat bayar perlindungan aja

4. Menabung dengan Investasi

Kamu juga bisa menabung dengan cara berinvestasi. Manfaat menabung dengan berinvestasi adalah kamu bisa mengumpulkan uang lebih cepat karena keuntungan investasi yang lebih besar.

Ajak pasangan untuk berbicara tentang kemungkinan menginvestasikan sejumlah uang untuk persiapan resepsi pernikahan beberapa waktu ke depan. Pelajari apa saja instrumen investasi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut.

Pilihlah instrumen yang memberikan keuntungan tinggi tanpa mengabaikan risikonya. Bila perlu, kamu juga dapat mengkonsultasikannya dengan professional agar tak salah pilih dalam menentukan instrumen investasi. Jika tujuan investasinya untuk biaya pernikahan, artinya kamu memerlukan investasi jangka pendek di bawah 5 tahun.

P2P Lending adalah satu diantara sekian banyak instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan. Instrumen ini menawarkan keuntungan tinggi. Bahkan investasi P2P Lending di Modal Rakyat, keuntungannya bisa mencapai angka 15-25% per tahun. Langkah ini menjadi tips menabung dengan investasi yang cukup menarik untuk dipertimbangkan.

5. Siapkan Perlindungan Finansial Keluarga

Memasuki jenjang kehidupan yang baru, kamu juga bisa mulai memikirkan kebutuhan perlindungan finansial. Nyatanya menabung bisa menjadi sia-sia bila risiko finansial datang. Karena itu, ada baiknya menyiapkan perlindungan bagi calon rumah tangga barumu melalui asuransi. 

Minimal kamu mempunyai asuransi jiwa (terutama untuk pencari nafkah) dan asuransi kesehatan (untuk seluruh keluarga). Jangan lupa untuk mengalokasikan pendapatan sesuai kebutuhan dan kesanggupan finansial kamu.

Dengan menggunakan asuransi online Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan perlindungan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp30.000-an saja per bulan. Berbekal KTP kamu dan KTP Ahli Waris, kamu bisa memproses produk asuransi digital hanya dalam beberapa klik.

Masih penasaran? Yuk cek produknya sekarang!

SHARE

Artikel Terkait Lainnya