side hustle

Perbedaan Side Hustle VS Side Job 

Diantara side hustle dan side job, meski mirip terdapat 5 aspek berbeda dari satu sama lain. Yuk, ketahui aspek – aspek perbedaannya.

1. Motif

Aspek perbedaan dari kedua istilah adalah fokus dan motif dari melakukan pekerjaan tersebut. Kedua pekerjaan tentunya mendapatkan penghasilan, tetapi side hustle dilakukan dengan motif kesenangan dan passion, tidak selalu karena uang. Side job dilakukan dengan motif uang dimana dilakukan untuk menambah pemasukan seperti untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari.

2. Beban Kerja

Karena pekerjaan side hustle disesuaikan dengan kemauan dan keinginan kita, beban pekerjaannya bisa dipertimbangkan. Sedangkan dengan side job terikat dengan kontrak dan ditentukan oleh pemberi kerja jadi lebih berat, terutama terkadang bebannya sama dengan pekerjaan utama.

3. Bagaimana untuk Memulai

Apabila ingin mencari side job maka harus melamar dahulu ke pemberi kerja dan menunjukan kemampuan yang dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Berbeda dengan side hustle yang tidak perlu melamar pekerjaan dan bisa dimulai kapan saja.

4. Waktu Kerja

Waktu kerja dari side hustle dan side job juga berbeda. Side hustle dilakukan saat memiliki waktu luang, karena itu side hustle lebih fleksibel. Namun, side job biasanya dilakukan di sela – sela waktu pekerjaan utama dan terikat dengan kontrak sehingga harus mengikuti kemauan pemberi kerja jadi tidak begitu fleksibel.

5. Keuntungan

Melakukan side hustle lebih dari sekedar mendapatkan uang, tetapi juga memenuhi kesenangan pribadi. Side job yang memang dilakukan untuk mendapatkan pendapatan lebih akan mendapatkan keuntungan berupa uang.

Baca Juga: Tips Membuka Bisnis Laundry untuk Pemula dengan Modal Kecil


asuransi kecelakaan diri

Artikel Terkait