Arti Bunga Melati Ditinjau Secara Filosofis

Siapa yang tidak mengenal bunga melati? Kami rasa semua orang tahu dengan bunga yang identik warna putih ini. Arti bunga melati sendiri beragam tergantung siapa yang menilai dan pandangan terhadap makna yang ada di dalamnya.

Bunga melati sendiri sangat khas dengan aromanya yang segar dan tampilanya yang cantik. Kalau kamu suka mengoleksi tanaman di rumah, bunga melati menjadi salah satu tanaman wajib yang harus kamu miliki.

Table of Contents

Ciri-ciri dari bunga melati ini adalah memiliki kelopak yang kecil dan berwarna putih. Bunga yang satu ini memiliki nama latin Jasminum dan ada beberapa jenis lainnya yang tak kalah cantik. Namun, tahukah kamu selain karena aroma dan ciri fisiknya, bunga melati juga banyak digandrungi orang karena makna filosofi yang ada di baliknya.

Oleh karena itu artikel ini akan mengupas tuntas tentang arti bunga melati lengkap dengan makna filosofis yang ada di baliknya.

Arti Bunga Melati

Melati atau Jasminum merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki perdu dengan batang tegak dan mampu hidup selama bertahun-tahun. Melati masuk ke dalam genus semak dan tanaman merambat yang tergolong dalam keluarga zaitun.

Di Indonesia, melatih putih memiliki simbol nasional karena melambangkan kesucian dan kemurnian. Simbol bunga melati ini memiliki makna yang cukup penting dalam berbagai tradisi dari banyak suku di Indonesia.

Selain melati putih, jenis lain yang sangat populer di Indonesia adalah melati gambir atau J. Officinale. Banyak masyarakat Indonesia mengenal nama melati dan setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk melati, seperti di Bali adalah Menuh, di Aceh Meulu atau Riwat, dan melur di Gayo dan Batak Karo.

Baca Juga : Ingin Kasih Bunga Mawar Merah? Ini Arti Bunga Mawar Merah Selain Cinta!

Ciri-ciri Bunga Melati

Kelopak Bunga Melati

Untuk lebih mengenal ciri-ciri bunga melati, kami akan menjelaskannya secara rinci untuk kita semua. Selain itu, kami juga akan memberikan tentang morfologi bunga melati yang bisa kamu kenali dengan mudah.

  • Batang

Batang bunga melati memiliki batang bulat dengan struktur kayu. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 30 cm sampai dengan 3 meter. Bunga ini juga bercabang dan memiliki warna coklat.

  • Akar

Akar buga melati terdiri dari akar tunggang yang sangat sulit dipatahkan karena bersifat ulet dan memiliki serat. Beberapa jenis melati ini memiliki akar berbuku-buku, namun ada juga yang tidak.

  • Daun

Melati putih ini adalah spesies melati yang banyak tumbuh di Indonesia. Nah, oleh karenanya ciri-ciri melati ini memiliki daun tunggal. Tangkainya juga pendek sekitar 5 mm dan letaknya berhadapan. Daun melati memiliki bentuk bulat seperti telur dan agak lonjong dengan bagian ujung yang meruncing, sementara pada bagian pangkal melati terlihat agak buat dan di bagian tepi lebih rata. Tulang daun melati berbentuk menyirip dan ukurannya sangat kecil sekitar 5-10 cm x 4-6 cm.

  • Kelopak Bunga Melati

Ciri khas bunga melati berikutnya adalah menghasilkan bunga majemuk dengan pertumbuhan bunga di ketiak daun. Satu pangkal bunga memiliki 3 bunga sehingga terlihat padat. Bunga melati memiliki dua buah benang sari dengan filamen pendek. Kelopak dari bunga melati biasanya memiliki jumlah empat hingga sembilan buah. Bunga ini pada umumnya memiliki 4 ovula dan 2 lokulus atau kantung sari. Ukuran dari bunga melati biasanya cukup kecil yaitu sekitar 2,5 cm dengan corak putih menyerupai lilin serta memiliki tekstur kelopak seperti lembaran dengan bentuk terompet.

  • Aroma Khas Bunga Melati

Bunga ini memiliki aroma yang khas dan wangi segar serta menyenangkan. Aroma bunga melati sendiri sering digunakan sebagai bahan baku dalam produk kecantikan dan perawatan kulit seperti pembersih wajah.

Bunga melati melambangkan kesucian ini memiliki aroma yang bisa dibilang awet dan tahan lama. Meskipun sebenarnya aroma bunga melati lebih kuat pada malam hari. Selan itu, kuncup bunga melati lebih harum dibandingkan dengan bunga yang telah mekar secara penuh, sehingga untuk beberapa keperluan, orang lebih memilih memetik kuncup melati.

Baca Juga : Pahami Arti Bunga Tulip Dari Warnanya Untuk Buket Bunga Bermakna

Fakta Menarik Bunga Melati

Fakta Menarik Bunga Melati

Bunga melati juga sangat akrab dengan mitos di tengah bangsa Indonesia. Mitos ini berkaitan dengan aroma melati yang sangat wangi dan tercium pada malam hari ketika bulan bersinar. Banyak orang meyakini ini berkaitan dengan sesuatu hal gaib. Padahal, kondisi ini terjadi karena suhu udara yang menurun setelah matahari terbenam, sehingga bunga melati mekar dan mengeluarkan aromanya yang khas.

  • Tidak Berasal dari Indonesia

Meski bangsa Indonesia kerap menjadi simbol bunga melati, namun ternyata bunga ini tak berasal dari Indonesia. Bunga melati berasal dari Asia Selatan, khsusunya banyak ditemukan di India. Sebaran bunga melati ke wilayah lain karena adanya imigrasi manusia dan inovasi kolonial di beberapa negara Asia. Tanaman ini kemudian ditanam dan tersebar di kepulauan Melayu, termasuk Indonesia.

  • Hibrida Bunga Melati

Bunga melati bisa hidup lama di air, yaitu sekitar 15-20 tahun. Kalau dibudidayakan dan dirawat dengan baik, maka tanaman melati ini bahkan bisa hidup lebih lama dan terus menghasilkan bunga. Saat ini, terdapat sekitar 200 spesies bunga melati, termasuk beberapa spesies hibrida yang dikembangkan dan dibudidayakan. Selain bunga berwarna putih, melati juga tersedia dalam beberapa warna yaitu kuning dan merah muda.

Baca Juga : 15 Arti Bunga Matahari Berdasarkan Kehidupan dan Warna!

Makna dan Filosofi Bunga Melati

Mengulik tentang makna bunga melati dan filosofi bunga melati menjadi hal menarik lainnya. Melati dalam bahasa Inggris disebut jasmine yang berasal dari nama latinnya yaitu Jaminum. Selain itu, kata Jasmine juga berasal dari Persia, yaitu Yasmin yang memiliki arti “Hadiah dari Tuhan”.

Maka, dengan demikian bisa disimpulkan bahwa bunga melati ini memiliki makna positif sebagai anugrah dari Tuhan. Di Indonesia, simbol bunga melati sendiri melambangkan kesucian, ketulusan, dan keanggunan yang sederhana.

Umumnya, bunga melati memiliki ukuran kecil dan berwarna putih tanpa banyak warna seperti bunga-bunga lain. Oleh karenanya, bunga melati selalu dikaitkan dengan sifat kerendahan hati dan kesederhanaan.

Meskipun gambar bunga melati kecil dan sederhana, namun bunga ini memiliki aroma yang sangat harum dan semerbak. Aroma yang khas ini sering dikaitkan dengan makna cinta dan kasih sayang. Bunga melati juga memiliki makna yang berbeda di setiap negara.

Misalnya saja di Amerika, arti dari bunga melati adalah sebagai lambang cinta, romansa, dan kecantikan. Sedang di Thailand, bunga melati diartikan sebagai simbol kasih sayang yang luas dari seorang ibu, serta sebagai rasa hormat kepada ibu.

Baca Juga : Benar Abadi? Kenali Bunga Edelweiss dari The Sound of Music!

Itu lah tadi penjelasan kami tentang arti bunga melati bagi orang Indonesia sendiri. Bagaimana? Cukup mudah untuk dipahami bukan? Kamu sudah tertarik untuk memelihara bunga melati di rumah?

promo super easy health terbaru

Oiya, selain mulai tertarik memelihara bunga melati di rumah, kamu juga sekarang sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan dengan cepat dan mudah lho dengan Super Easy Health dari Super You by Sequis Online.

Hanya dengan Rp 4.500 per harinya, kamu sudah bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga. Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang yuk.

Artikel Terkait