cara mandi taubat

Banyak yang menyamakan cara mandi taubat dengan mandi besar, tetapi aslinya berbeda loh. Tidak hanya dari tata caranya, tetapi juga tujuan kenapa mandi taubat dilakukan. Mandi besar merupakan proses mandi yang bertujuan untuk menghilangkan hadas besar sedangkan mandi taubat dilakukan untuk mensucikan seseorang dari dosa. Lalu mengapa banyak yang salah mengira mandi besar dan mandi taubat sama? Mari pelajari di sini!

Table of Contents

Pengertian Mandi Taubat

Pada dasarnya, mandi taubat merupakan mandi yang ditujukan untuk meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah SWT. Biasanya yang melakukan mandi taubat adalah seseorang yang baru menjadi mualaf atau baru memasuki agama islam, bertaubat dari kefasikan atau setelah melakukan sebuah dosa yang tergolong besar. 

Hukum Mandi Taubat

Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan melakukan dosa, jadi apakah setiap kali bersalah harus melakukan mandi taubat? Apa aslinya hukum dari melakukan mandi taubat?

Berdasarkan Imam Syafi’i dan Imam Hanafi, hukum mandi taubat adalah sunnah, bukan sesuatu yang wajib dilakukan. Lalu, bukan karena ada mandi taubat seseorang bisa berbuat dosa, melakukan mandi dan melakukan sholat yang akan diterima oleh Allah SWT ya. 

Melansir dari hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, berikut ini adalah penjelasan mengenai hukum dari menjalankan mandi taubat:

“Abu Bakar Ash – Shidiq berkata bahwa tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa, kemudian ia bersuci dan sholat. Lalu ia meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah pasti akan mengampuninya.”

Imam Tirmidzi melanjutkan dengan berikut ini.

“Kemudian beliau membaca ayat ini, Al – Qur’an surat Ali Imran ayat 135 yang berbunyi ‘Dan orang – orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa – dosa mereka, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa – dosa mereka kecuali Allah,’” (HR. Imam Tirmidzi).

Baca Juga: Siap Puasa Dengan Ketahui Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan

Jadi Apa Tujuan Mandi Taubat?

Sumber : https://www.freepik.com/

Tujuan dan cara mandi taubat berbeda dari mandi besar karena itu jangan disamakan. Mandi taubat merupakan suatu proses bagi orang muslim untuk mensucikan diri setelah melakukan perilaku maksiat atau berdosa. Namun, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan berikut ini pada dalil keutamaan melakukan mandi taubat.

1. Menghapus Dosa

Salah satu dari keutamaan melakukan mandi taubat adalah agar dosa dihapuskan atau membuat seseorang suci kembali. Rasulullah SAW bersabda bahwa “Orang yang bertaubat (dari dosanya) seakan – akan ia tidak berdosa.” (HR. Ibnu Majah, no. 4250).

2. Diberikan Kebaikannya 

Keutamaan dari melakukan mandi taubat selanjutnya adalah untuk diberikan kebaikan. Allah berfirman dengan artinya,

“Kecuali orang – orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. 

Dan adalah Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (Qs. al – Furqan: 70).

3. Diberi Keberuntungan 

Salah satu keutamaan melakukan mandi taubat yang terakhir adalah diberikan keberuntungan. Allah SAW berfirman yang artinya, “Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang – orang yang beruntung.” (QS. Al – Qashash: 67).

super easy health terbaru

Bagaimana Tata Cara Mandi Taubat yang Benar?

Selain dengan tujuannya, tata cara mandi taubat yang benar berbeda sedikit dari melakukan mandi wajib. Dimana perbedaan cara mandi taubat dengan mandi wajib? Itu terletak pada niat mandi taubat yang perlu dibaca sebelum melakukan mandi taubat. 

Mengetahui cara mandi taubat yang benar sangat penting karena jika tidak dijalankan dengan benar berpotensi taubat yang dilakukan  untuk batal atau tidak diterima. Untuk melakukan tata cara mandi taubat yang benar, mari pelajari langkah – langkahnya di bawah ini!

1. Membaca Niat Mandi Taubat 

Yang pertama perlu dilakukan sebelum melakukan cara mandi taubat adalah membaca niat mandi taubat. Berikut ini adalah bacaan dari niat mandi taubat dengan cara baca latin dan artinya.

  • Arab:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِلتَّوْبَةِ عَنْ جَمِيْعِ الذُّنُوْبِ للهِ تَعَالَى

  • Latin:

“Nawaitul ghusla lit tobati’an jami’idz dzunuubi lillaahi ta’aala”

  • Artinya:

“Saya berniat untuk melaksanakan mandi taubat dari segala dosa karena Allah”.

2. Dimulai Dengan Membasuh Tangan 

Setelah membaca niat mandi taubat, langkah pertama cara mandi taubat adalah dengan membasuh tangan. Pastikan ketika mandi menggunakan air bersih yang mengalir. 

Membasuh tangan sebagai bagian dari cara mandi taubat adalah membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali dan basuh seluruh tangan, jangan lupa punggung tangan, jari dan lengan yang wajib dibasuh oleh air.

Baca Juga: Kejar Pahala Puasa Senin Kamis, Kejar juga Manfaatnya untuk Kesehatan!

3. Bilas Badan dan Area Kemaluan 

Membilas badan dan area kemaluan menjadi langkah selanjutnya dari cara mandi taubat. Tata cara mandi taubat yang benar adalah dengan membilas area kemaluan dengan tangan kiri dan air bersih yang mengalir. 

Langkah ini merupakan tata cara mandi taubat untuk wanita maupun tata cara mandi taubat untuk pria yang tidak bisa dilewatkan. Pastikan untuk membersihkan area kemaluan dengan baik dan menggunakan sabun. Jika sudah, baru bilas tubuh menggunakan air bersih. 

Gosok kulit secara perlahan dan bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa sabun atau bahkan residunya yang menempel pada kulit. 

4. Wudhu 

Sumber : https://www.freepik.com/

Wudhu menjadi salah satu langkah cara mandi taubat karena setelah selesai membersihkan badan akan melakukan sholat taubat. 

Langkah wudhu dalam cara mandi taubat tidak berbeda dari menjalankan wudhu seperti biasa sebelum melakukan sholat wajib 5 waktu. 

Dimulai dari membasuh kedua tangan, mengambil air untuk kumur, mencuci hidung, mencuci wajah, mulai dengan membilas lengan kanan, lanjutkan dengan membilas lengan kiri, mengusap kepala, mencuci telinga mulai dari yang kanan dan dilanjutkan ke yang kiri, membilas kaki mulai dari kaki kanan dan diakhiri dengan membilas kaki sebelah kiri ya. 

5. Cuci Pergelangan Tangan dan Kaki

Setelah selesai mengambil wudhu, langkah selanjutnya dalam cara mandi taubat adalah dengan membasuh pergelangan kaki dan tangan dengan air bersih.

6. Basuh Sela-Sela Rambut 

Salah satu tata cara mandi taubat yang wajib untuk dilakukan adalah dengan membasuh sela – sela rambut hingga air bersih menyentuh kulit kepala. Bisa dengan membasuh tangan dengan air dan menempatkan jari – jari ke sela rambut. Langkah ini perlu dilakukan 3 kali.

Baca Juga : Tata Cara Sholat Wajib 5 Waktu Lengkap dengan Niat, Bacaan dan Doa Setelah Sholat

7. Siram Kepala

Sumber : https://www.freepik.com/

Langkah selanjutnya dari cara mandi taubat adalah dengan menyiram kepala menggunakan air bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan menuangkan air 3 kali dan dimulai dengan sisi kepala bagian kanan sebelum dilanjutkan di sisi kepala sebelah kiri.

8. Basuh Seluruh Badan

Setelah menyiram kepala, membasuh seluruh badan menjadi cara mandi taubat selanjutkan untuk dilakukan. Pastikan untuk dibasuh menggunakan air yang bersih dan mengalir.

9. Basuh Kaki 

Membasuh kaki menjadi langkah terakhir dalam cara mandi taubat. Pastikan untuk dibersihkan hingga ke sela – sela jari dan dicuci hingga sampai ke mata kaki.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Doa Mandi Taubat

Doa mandi taubat adalah doa yang umumnya dibaca atau diucapkan ketika seseorang sedang mandi sebagai tanda taubat atau pertobatan. Taubat adalah proses introspeksi dan penyesalan atas dosa-dosa yang dilakukan, diikuti dengan tekad untuk memperbaiki diri dan kembali kepada Allah SWT. Saat mandi taubat, seseorang dapat membaca doa berikut ini atau berdoa dengan kata-kata dari hati yang tulus:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ تَوَبْتُ اِلَيْكَ مِنْ جَمِيْعِ الذُّنُوْبِ فَاغْفِرْ لِيْ، اِنَّكَ اَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

“Ashhadu an la ilaha illallah, wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh”

“Allahumma inni tubtu ilaika min jami’i al-dhunubi, faghfirli, innaka anta al-ghafurur-rahim”

Artinya:

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya.

Ya Allah, sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dari segala dosa, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Doa ini dapat membantu menyucikan hati dan pikiran seseorang yang bertaubat. Namun, yang terpenting adalah kesungguhan hati dalam bertaubat dan tekad untuk memperbaiki diri di masa depan. Jika memungkinkan, membaca doa ini dengan tulus hati ketika mandi taubat dapat menjadi bagian dari proses pertobatan.

Berdosa mungkin menjadi sesuatu yang tidak bisa dipungkiri, tetapi cara mandi taubat menjadi suatu yang perlu diketahui, seperti memiliki asuransi kesehatan jika diperlukan nanti sewaktu – waktu. Produk asuransi kesehatan milik Super You memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait