Negara Terbesar di Dunia

Ketika kita memikirkan tentang negara terbesar di dunia, pasti Indonesia menjadi salah satu negara yang terpikirkan oleh kita. Dengan total luas kira-kira 1.904.569 km2, Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara serta menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

Namun, tak hanya Indonesia, ternyata masih banyak negara terbesar di dunia yang memiliki total luas wilayah jauh lebih luas serta memegang predikat negara terbesar di dunia. Dalam artikel ini kami akan membahas urutan negara terbesar di dunia berdasarkan dari luas wilayahnya dan bonus demografi yang dimilikinya.

Table of Contents

Kira-kira negara apa saja yang menempati negara terbesar di dunia dan berapa luas wilayah dari nengara tersebut? Yuk kita intip deretan negara terbesar di dunia yang akan kami bahas di bawah ini.

Daftar Negara Terbesar di Dunia

Ketika kita mendengar kata “terbesar” pasti yang terbersit di benak kita adalah suatu wilayah yang sangat luas dibandingkan dengan negara lain. Ini juga menjadi jawaban atas banyak pertanyaan apa negara terbesar di dunia yang menjadi kata kunci pencarian cukup besar di mesin pencarian digital.

Artikel ini akan membahas 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya yang ternyata terbagi di beberapa benua seperti benua asia dan eropa. Tanpa berlama-lama lagi, berikut kami berikan informasi negara terluas di dunia.

1. Rusia

russia moscow

Rusia merupakan negara pertama yang menjadi negara terluas di dunia. Total luas wilayah Rusia adalah 17.098.246 km2. Bahkan, total luas wilayah Rusia ini mencapai 10,9% dari total luas daratan dunia. Negara terbesar di dunia ini membentang di dua benua, dimulai dari Eropa Timur sampai dengan Asia Utara.

Bahkan, sangking luasnya negara terbesar di dunia ini memiliki sekitar 11 zona waktu dan memiliki tipe lingkungan yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Di Rusia terdapat kurang lebih 23 situs warisan budaya UNESCO, 40 cadangan biosfer UNESCO, serta 41 taman nasional yang bisa kamu temui saat berkunjung ke negara tersebut.

Ibu Kota negara Rusia adalah Moscow dengan berbagai landmark ikonik yang ada di sana, salah satunya adalah “The Moscow Kremlin” yang sangat tersohor seantero penjuru dunia.

2. Kanada

bendera kanada

Kanada menjadi negara terbesar di dunia yang ada di peringkat kedua. Negara Kanada memiliki total luas wilayah 9.984.670 km2. Negara yang berada di Benua Amerika bagian utara ini juga merupakan negara berbahasa Inggris dan sebagian berbahasa Perancis terbesar yang ada di dunia.

Negara Kanada berdiri pada tahun 1867 dan memiliki 10 provinsi dan 3 wilayah teritori. Kanada juga terkenal dengan negara yang memiliki jumlah imigran tertinggi. Selain itu, negara ini juga sangat dikenal sebagai negara keragaman etnis dan multicultural yang paling beragam di dunia.

Beberapa ikon wisata terpopuler juga bisa kamu jumpai saat berkunjung ke negara terbesar di dunia ini, salah satunya adalah Air Terjun Niagara, Taman Nasional Banff, sampai dengan kawasan kota tua yang ada di Quebec.

Baca Juga : Kenali Jenis Kopi di Indonesia Sebagai Negara Produsen Kopi

3. China

negara china

Selain terkenal dengan pemain bulutangkisnya, China juga menjadi negara terbesar di dunia yang berada di urutan ketiga. Total luas wilayah China adalah 9.596.961 km2 dan masuk ke dalam negara terbesar yang ada di Benua Asia.

Kalau dilihat dari luas daratan, China merupakan negara terbesar kedua yang ada di dunia. Memiliki nama resmi Republik Rakyat Tiongkok, negara terbesar di dunia satu ini memiliki ibu kota dengan nama Beijing dan sangat terkenal dengan tembok raksasanya.

Siapa yang tak mengenal hewan panda? Hewan yang satu ini juga menjadi hewan asli dari negara China. Dari sisi destinasi wisata, China memiliki berbagai tempat wisata menarik, termasuk The Forbidden City & The Imperial Palace, The Terracotta Army, sampai Zhangjiajie National Forest Park yang ada di Hunan.

4. Amerika Serikat

amerika serikat

Tak hanya terkenal sebagai negara super power, Amerika Serikat juga dikenal sebagai negara terluas di dunia dengan total luas wilayah mencapai 9.525.067 – 9.833.517 km2. Negara Amerika Serikat juga merupakan federasi tertua di dunia yang masih tetap bertahan sampai saat ini yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal.

Amerika Serikat memiliki Ibu Kota Washington DC dan memiliki beberapa landmark andalan yang mendunia seperti Patung Liberty, jembatan Golden State, dan gedung pencakar langit Empire State Building.

Salah satu tempat bersejarah lain juga ada di Amerika Serikat yaitu Times Square yang sangat identik dengan tragedi 11 September atau Nine Eleven.

5. Brasil

rio de janeiro brazil

Memiliki nama resmi Republik Federatif Brasil, negara terbesar di dunia selanjutnya ini terkenal dengan pesepakbola yang lahir dari zaman ke zaman. Brasil merupakan negara berbahasa portugis terbesar di dunia yang berada di Amerika Selatan.

Negara ini beribukota Brasilia dan sangat terkenal dengan keberadaan Hutan Amazon yang merupakan hutan tropis paling luas di dunia. Berbagai spot popular mendunia yang ada di negara Brasil, salah satunya adalah landmark Patung Kristus Penebus Doa yang ada di Kota Rio di Janeiro.

6. Australia

sydney

Urutan berikutnya adalah Australia. Ada satu hal yang unik dari negara ini, Australia selain menjadi negara terbesar di dunia juga mendapatkan predikat sebagai benua paling kecil di dunia. Menjadi negara terbesar di oseania, Australia juga menjadi negara terbesar di dunia yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lainnya.

Australia terdiri dari 6 negara bagian dan memiliki ibu kota Canberra dan memiliki kota terbesar Sydney yang amat tersohor akan landmark ikoniknya Sydney Opera House.

7. India

taj mahal india

Lagi dan lagi berada di Benua Asia, India masuk ke dalam 10 negara terbesar di dunia dengan total luas wilayah 3.287.263 km2. Negara terbesar di dunia ini juga terkenal dengan nama “Bharat” dan merupakan letak dari peradaban kuno Lembah Sungai Indus.

Negara terbesar di dunia ini terbagi menjadi 28 negara bagian, 6 wilayah persatuan, serta memiliki ibu kota New Delhi. Salah satu ikon yang paling terkenal dari India adalah Taj Mahal yang disebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

8. Argentina

Argentina rosario

Republik Argentina adalah salah satu negara berbahasa Spanyol terbesar di dunia yang berada di Amerika Selatan. Argentina memiliki luas wilayah 2.780.400 km2 dengan ibu kota Buenos Aires. Wilayah ini juga terkenal karena mampu menyatukan keanekaragaman iklim yang sangat besar karena luas wilayahnya membentang di garis lintang melebihi 30 derajat.

Negara terbesar di dunia ini juga dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia serta memiliki varietas ekosistem terbesar di dunia. Terdapat 35 taman nasional di negara ini yang mencakup serangkaian lahan dan biotope yang sangat bervariasi.

Baca Juga : Jelajah Kota Pelajar, Ini Itinerary atau Rencana Tempat Liburan di Jogja selama 3 Hari

9. Kazakhstan

charyn canyon kazakhstan

Kita sekarang masuk ke Asia Tengah, Kazakhstan merupakan negara terbesar di dunia urutan berikutnya. Kazakhstan memiliki total luas wilayah 2.724.900 km2. Sebagian kecil dari wilayah negara ini melingkupi wilayah Eropa.

Salah satu negara pecahan Uni Soviet (sekarang Rusia) ini membentang luas di baris Pegunungan Altai di timur hingga Laut Kaspia di barat. Kazakhstan beribukota Astana, wilayah dari negara terbesar di dunia satu ini didominasi oleh gurun pasir dan steppes atau padang rumput yang cukup luas.

10. Algeria

negara Algeria

Di urutan terakhir ada Algeria. Algeria terletak di Afrika bagian utara dan memegang peringkat dalam daftar 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah. Algeria memiliki total luas wilayah sekitar 2,381.000 km2.

Keberadaannya di Afrika Urara memberikan negara ini berbagai ciri geografis yang menarik, mulai dari Gurun Sahara yang luas sampai dengan pegunungan dan pesisir Mediterania yang cukup indah. Selain kekayaan alamnya, Algeria memiliki warisan budaya yang cukup dalam.

Negara ini adalah rumah dari beragam etnis dan suku yang menciptakan keberagaman dalam bahasa, seni, dan tradisi. Bahasa Arab dan Berber menjadi bahasa utama dan budaya Arab-Berber yang kaya menjadi bagian penting dalam identitas negara Algeria.

Dari 10 negara terbesar di dunia yang sudah kami jelaskan di atas, lantas ada pertanyaan yang muncul Indonesia negara terbesar ke berapa? Jawabannya adalah Indonesia masuk ke dalam 20 besar negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya.

Oleh karena itu, Indonesia belum masuk ke dalam 10 negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah yang kami sebutkan di atas.

Selain informasi di atas, ada satu informasi yang tak kalah penting untuk kamu. Pasalnya, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik di Super Easy Health by Super You. Hanya dengan Rp 4.500 saja per harinya, kamu bisa menikmati berbagai layanan kesehatan di rumah sakit terbaik yang ada di Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya.

Artikel Terkait