manfaat minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun menjadi salah satu alasan minyak zaitun banyak digunakan oleh orang – orang. Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak yang tergolong sehat dan bisa digunakan sebagai perawatan untuk kecantikan tubuh. 

Table of Contents

Apa Itu Minyak Zaitun?

apa itu minyak zaitun

Minyak zaitun atau dikenal sebagai olive oil merupakan minyak yang diproduksi dari buah zaitun. Aslinya, minyak zaitun bukanlah minyak melainkan konsentrat lemak yang didapatkan dari proses pemerasan buah zaitun.

Bagaimana Proses Pembuatan Minyak Zaitun?

Proses pembuatan minyak zaitun adalah dengan mencuci dan menghancurkan buah zaitun yang telah dipanen. Cara tradisionalnya adalah menghancurkan dengan cara menumbuk buah zaitun, tetapi teknik yang digunakan oleh pabrik produsen minyak zaitun saat ini adalah menumbuk buah sampai halus menggunakan pisau baja agar menghasilkan lebih banyak minyak.

Setelah ditumbuk, pasta yang terbuat dari tumbukan akan digiling sehingga mengeluarkan tetesan minyak. Kemudian pasta akan diperas menggunakan blender khusus bernama centrifuge untuk memisahkan minyak dan sari buah. Setelah air kuras habis maka yang tersisa adalah minyak zaitun yang diperjual belikan di pasaran.

Jenis Minyak Zaitun 

Minyak zaitun memiliki beberapa jenisnya, yuk ketahui ada berapa dan apa itu perbedaan dari setiap jenisnya!

  • Extra Virgin 

Extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun yang dibuat dengan cara dinamakan cold pressed dimana buah zaitun hanya diperas tanpa diolah dan dicampur dengan bahan kimia apapun, 

Olive oil jenis ini memiliki tingkat keasaman satu persen dengan cita rasa yang paling kuat dibandingkan jenis lainnya, harganya pun lebih mahal.   

  • Virgin 

Virgin olive oil meskipun proses pembuatannya kurang lebih sama dengan extra virgin olive oil, tetapi berbeda pada tingkat keasaman karena tipe ini memiliki keasaman 1 – 3 persen.

Kegunaan minyak zaitun tipe inilah yang biasa digunakan untuk olesan pada roti, menumis sayur dan digunakan sebagai salad dressing.

  • Refined (Light)

Refined olive oil mengalami proses pemurnian yang dipanaskan dan ditambahkan zat kimia saat terjadi proses ekstraksi yang menyebabkan hilangnya rasa dan aroma khas yang ada pada versi unrefined

Olive oil versi ini memiliki tekstur yang lebih ringan dengan warna kuning bening menyerupai minyak goreng biasa. Fungsi minyak zaitun versi ini biasanya digunakan untuk memasak suhu tinggi seperti membakar, menggoreng, memanggang dan menumis.

Kegunaan Minyak Zaitun 

Apa kegunaan minyak zaitun? 

kegunaan minyak zaitun

Selain banyak manfaatnya, fungsi dari minyak zaitun juga banyak, lho! Yuk, ketahui apa saja kegunaan minyak zaitun di bawah ini.

  • Memasak 

Salah satu kegunaan minyak zaitun adalah digunakan untuk memasak dan merupakan alternatif minyak yang sehat dengan Sebagian kandungan lemak dalam minyak zaitun merupakan lemak baik. Selain itu apa khasiat minyak zaitun? Minyak zaitun juga mengandung omega – 3, omega – 6, vitamin E, vitamin K dan tidak mengandung kolesterol, karbohidrat ataupun lemak.

  • Topping Makanan

Fungsi minyak zaitun selain digunakan untuk memasak juga bisa digunakan pada makanan tanpa dimasak, yakni digunakan sebagai topping seperti dioleskan pada roti atau digunakan sebagai topping pada salad juga bisa menjadikan makanan untuk berasa sangat nikmat.

  • Menjaga Kesehatan 

Tidak hanya untuk digunakan sebagai topping atau untuk memasak, fungsi minyak zaitun selanjutnya adalah untuk diminum. Meminum minyak zaitun secara rutin sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti penyakit jantung, tulang, pencernaan ataupun gula darah.

  • Menjaga Kecantikan 

Selain digunakan secara internal, fungsi minyak zaitun juga bisa digunakan secara eksternal karena tidak hanya menjaga kesehatan, minyak zaitun juga bisa menjaga kecantikan. Apa khasiat minyak zaitun selanjutnya? Minyak zaitun bisa digunakan sebagai pelembab untuk menangani kulit yang kering, bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan rambut ataupun bisa digunakan untuk melepas makeup, lho!

Baca Juga: 7 Manfaat Propolis Untuk Menjaga Kesehatan Kamu!

Manfaat Minyak Zaitun 

Manfaat minyak zaitun ada banyak, bisa digunakan untuk memasak, bisa digunakan untuk menjaga kesehatan hingga fungsi minyak zaitun bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. 

Untuk mengenal manfaat minyak zaitun lebih banyak, ketahui di bawah ini!

  • Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu kegunaan minyak zaitun adalah untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi 50 – 60 ml minyak zaitun yang setara dengan 4 sendok makan per hari. 

Apa khasiat minyak zaitun yang bisa menyebabkan hal ini untuk terjadi? Hal ini diduga karena minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak sehat sehingga pembuluh darah bisa menjadi lebih rileks dan peradangan pada pembuluh darah berkurang.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat minyak zaitun adalah dengan rutin menggunakan minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi minyak zaitun dalam menjaga kesehatan jantung adalah dengan melindungi kolesterol LDL dari oksidasi dan membantu untuk memperbaiki lapisan pembuluh darah serta mencegah terjadinya pembekuan darah secara berlebihan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

  • Mencegah Kanker

Manfaat minyak zaitun dimasukan dalam pola makan sehat bisa meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan mencegah dan memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu antioksidan juga bisa mencegah dan menghambat adanya pertumbuhan dalam sel kanker.

  • Memudarkan Bekas Jerawat

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk memudarkan bekas jerawat karena kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung. Hal ini berfungsi untuk membantu sel kulit regenerasi.

  • Melembapkan Kulit

Salah satu fungsi minyak zaitun adalah digunakan sebagai pelembab. Gunakan minyak zaitun di malam hari untuk kulit yang terhidrasi pada pagi harinya.

Cara Menyimpan Minyak Zaitun

Pada umumnya, minyak zaitun tahan selama dua tahun jika disimpan dengan benar, yakni disimpan dalam kemasan botol gelap yang ditutup rapat dan ditempatkan pada tempat sejuk pada suhu ruangan. Namun, kadar antioksidan yang terkandung bisa menurun setelah disimpan 12 bulan. 

Ikuti instruksi di bawah ini untuk menjaga kadar antioksidan dalam minyak zaitun:

  • Jangan menyimpan stok atau membeli berlebihan. Hanya beli stok atau cadangan dalam waktu 6 bulan saja. 
  • Untuk memastikan minyak zaitun tidak lama berada di rak, beli di toko yang ramai pengunjung. 
  • Simpan minyak zaitun di botol kedap udara atau bisa dengan menggunakan kaleng logam. Jauh kan botol dari cahaya dan paparan panas sinar matahari.
  • Bisa juga dengan disimpan di dalam kulkas. Tidak usah takut minyak zaitun akan berubah menjadi keruh dan tebal karena akan mencair dan kembali jernih setelah didiamkan dalam suhu ruangan.

Nah, itulah manfaat minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan. Lakukan pola hidup sehat dengan memilih alternatif yang lebih sehat untuk menjaga kondisi seperti minyak zaitun. Selain dengan pola hidup, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan, lho! 

asuransi penyakit kritis orang tua

Asuransi kesehatan dari Super You memberikan proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang pas di kantong, yuk cek sekarang!

Artikel Terkait