rekomendasi film horor

Rekomendasi film horor semakin banyak dicari menjelang dan pasca Halloween mengikuti temanya yang horor sehingga Halloween menjadi momen yang pas bagi para pecinta horor dan cerita menakutkan. 

Awalnya perayaan Halloween hanya dirayakan dengan berpakaian sebagai tokoh horor yang disukai dan keliling dari rumah ke rumah untuk mendapatkan permen dan melakukan trik, tetapi sekarang menonton horor movie juga menjadi salah satu bentuk dari perayaan Halloween, terutama bagi orang dewasa. 

Table of Contents

Genre horor sendiri tidak bisa disamakan setiap ceritanya ya, karena dalam genre ini ada banyak subgenre dengan unsur yang beragam. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai genre horor serta rekomendasi film horor terbaik untuk ditonton saat Halloween!

Genre Horor

ekspresi ketakutan

Sebelum masuk ke rekomendasi film horor, mari pahami dahulu genre horor karena terdapat banyak sekali sub genre horor. Pengertian genre horor adalah cerita yang berfokus pada aspek menakutkan, mencekam dan seram. 

Ketika mendengar kata horor, banyak yang langsung berpikir hantu atau setan, meski memang banyak cerita dalam genre horor yang berhubungan dengan tema tersebut, tidak semua genre horor berhubungan dengan makhluk gaib dan ini bisa diketahui dengan mengeksplorasi sub genre yang ada di horor movie.

Baca Juga:

Key Characteristics Dalam Horor Movie

Untuk menentukan sebuah cerita termasuk sebagai horor, terdapat beberapa karakteristik utama dalam horor movie. Apa saja karakteristik utama dari genre horor movie? Yuk, ketahui di bawah ini!

  • Elemen Menakutkan

Paling utama adalah menimbulkan rasa takut pada para pemirsa karena tujuan terbesar dari genre horor adalah memicu timbulnya rasa takut, rasa ngeri dan rasa cemas. Biasanya ini didapatkan dengan menonton adegan dengan makhluk halus, monster, pembunuh berantai atau yang mengganggu psikologis.

  • Setting dan Atmosfer

Membuat atmosfer yang terkesan gelap, seram dan membuat pemirsa membuat persangkaan menjadi salah satu karakteristik yang sangat penting dalam horor movie. Atmosfer tersebut dapat dicapai dengan pengaturan latar, seperti melalui cahaya atau lighting, efek suara, musik dan cinematography.

  • Tegang

Genre horor sering membuat para pemirsa tegang dan gelisah dengan beberapa teknik, seperti memanfaatkan progres dari jalan cerita, jalan cerita yang tidak disangka dan unsur dari cerita yang tidak diketahui untuk membuat para pemirsa tegang dan penuh antisipasi.

  • Visual yang Mengejutkan

VIsualisasi juga menjadi salah satu faktor yang penting dalam genre horor, hal ini bisa dicapai dengan menunjukkan adegan yang eksplisit dan dipenuhi dengan darah untuk benar – benar melukiskan situasi horor dan teror yang dialami. 

Subgenre Dalam Genre Horor

nonton bioskop

Terdapat banyak sub genre horor sehingga horor movie yang ada sekarang sangat beragam dalam cerita dan tema yang dibawakan. Untuk mengetahui apa saja sub genre yang ada dalam genre horor dan klasifikasinya, mari baca lebih lanjut di bawah ini. 

  • Slasher

Sub genre horor ini biasanya akan berputar pada karakter spesifik, yaitu pembunuh psikopat yang membunuh banyak karakter dalam cerita atau horor movie tersebut. Beberapa film horor terbaik yang mengadaptasikan sub genre horor slasher adalah ‘Halloween’ yang dirilis pada tahun 1978 dan ‘Friday the 13th’ yang dirilis pada tahun 1980.

  • Supranatural

Sub genre horor ini membawakan kisah dengan elemen yang bersifat ajaib. Namun, dalam horor movie biasanya sifat supranatural akan ditunjukkan dengan kehadiran hantu, setan atau bisa kekuatan supranatural lainnya. Beberapa rekomendasi film horor yang bertema supranatural adalah ‘The Exorcist’ yang dirilis pada tahun 1973 dan ‘The Conjuring’ yang dirilis pada tahun 2013.

  • Horor Psikologis

Sub genre horor ini biasanya akan fokus ke aspek kegilaan, kecemasan atau teror psikologis akibat kejadian tak terduga yang terjadi. Beberapa rekomendasi film horor dari sub genre horor psikologis adalah ‘Psycho’ yang dirilis pada tahun 1960 dan ‘The Shining’ yang dirilis pada tahun 1980.

  • Horor Supernatural

Sub genre horor supernatural biasanya memiliki unsur – unsur supernatural dan berlebihan. Tidak jarang bahwa sub genre horor supernatural untuk mengandung unsur komedi loh. Beberapa rekomendasi film horor dengan sub genre supernatural adalah ‘Evil Dead’ yang dirilis pada tahun 1981 dan ‘Shaun of The Dead’ yang dirilis pada tahun 2004.

  • Horor Alam Liar

Kamu mungkin bingung mengapa binatang bisa masuk ke genre horor, tetapi horor alam liar merupakan subgenre dengan fokus ancaman datang dari mahluk- makhluk buas atau alam liar. Beberapa rekomendasi film horor dari subgenre ini adalah ‘Jaws’ yang dirilis pada tahun 1975 dan ‘The Birds’ yang dirilis pada tahun 1963.

  • Zombie

Bukan makhluk halus, tetapi cerita mengenai pandemi zombie juga termasuk dalam sub genre horor. Beberapa rekomendasi film horor terbaik membawakan sub genre ini adalah ‘Night of The Living Dead’ yang dirilis pada tahun 1968 dan ‘28 Days Later’ yang dirilis pada tahun 2002.

  • Vampir

Seperti zombie, cerita vampir yang menunjukkan makhluk penghisap darah manusia juga termasuk dalam sub genre horor movie. Beberapa rekomendasi film horor dari sub genre ini adalah ‘Nosferatu’ yang dirilis pada tahun 1922 dan ‘Bram Stoker’s Dracula’ yang dirilis pada tahun 1992.

  • Body Horror

Body Horor merupakan sub genre horor yang menunjukkan distorsi, penghancuran tubuh manusia seperti akibat mutilasi atau transformasi yang terjadi pada tubuh masusia. Beberapa rekomendasi film horor yang membawakan sub genre horor body horror adalah ‘The Fly’ yang dirilis pada tahun 1986 dan ‘The Thing’ yang dirilis pada tahun 1982.

  • Monsters

Cerita mengenai monster, makhluk seperti Frankenstein, Hombre Serigala atau Dracula juga termasuk dalam sub genre horor. Beberapa rekomendasi film horor yang membawakan sub genre horor monsters adalah ‘Frankenstein’ yang dirilis pada tahun 1931 dan ‘Creature From The Black Lagoon’ yang dirilis pada tahun 1954.

Baca Juga:

Rekomendasi Film Horor 

proyektor film

Nah, sekarang mari ketahui deretan rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang dijamin membuat kamu takut! 

  • The Exorcist 

The Exorcist diakui sebagai film hantu terseram yang menceritakan tentang pengusiran setan dalam tubuh seorang anak kecil bernama Regan yang mulai bertingkah aneh hingga harus memanggil pendeta untuk melakukan pengusiran setan. 

  • The Rings 

Meski sudah bertahun – tahun sejak film The Rings dirilis, tidak turun popularitasnya sebagai salah satu film horor terseram sepanjang masa. Film The Rings merupakan horor movie yang berasal dari Jepang dan menunjukkan hantu dari Jepang, Sadako yang keluar dari sumur dan mendatangi orang yang menonton mereka melalui televisi.

  • The Conjuring 

Menjadi salah satu film horor terseram, horor movie The Conjuring menceritakan tentang seorang paranormal bernama Lorraine dan Ed Warren yang dipanggil oleh keluarga Perron karena diganggu oleh roh jahat. 

  • Don’t Breathe

Don’t Breathe merupakan salah satu rekomendasi film horor terseram yang menceritakan tentang bagaimana sekelompok pencuri di Detroit terperangkap di satu rumah yang dikira sasaran empuk, ternyata malah terperangkap dan harus berjuang hidup untuk keluar dari sana. 

  • Halloween

Halloween merupakan film horor terseram yang menunjukkan perkembangan seseorang menjadi seorang pembunuh berantai. Seorang anak berusia 6 tahun, Michael Myers yang membunuh saudara perempuannya dan dipenjara selama 15 tahun dan di usia 21 tahun melarikan diri untuk mencari korban selanjutnya.

  • The Silence of The Lambs

Ini menjadi salah satu film horor terbaik yang menceritakan tentang seorang pembunuh berantai bernama Hannibal Lecter yang diwawancarai oleh seorag agen FBI Clarice Starling untuk sebuah kasus, sayangnya ia hanya dijadikan umpan oleh Lecter.

  • The Wailing 

Rekomendasi film horor ini berasal dari Korea yang berlatar belakang di desa kecil bernama Gokseong. Film ini menceritakan tentang keluarga dimana orang tuanya menjadi gila hingga membunuh keluarganya sendiri. Ketika seorang polisi bernama Joon-Go hendak mengungkapkan misteri kejadian ini, hal – hal aneh terus terjadi. 

  • Midsommar

Midsommar merupakan salah satu Film horor terseram yang menceritakan tentang kultus yang berada di Swedia dan bagaimana liburan musim panas mereka disana berubah dari terlihat seperti surga menjadi mimpi buruk.

  • IT 

Merupakan salah satu rekomendasi film horor barat paling terkenal sepanjang masa, film horor yang disutradarai oleh Andy Mushietti menceritakan tentang tujuh anak muda yang bertemu dengan iblis kuno dengan kekuatan berubah bentuk yang muncul di selokan. Ketujuh anak ini harus melawan ketakutan pribadi mereka untuk melawan badut pembunuh, Pennywise.

herovember 11.11 desktop

Nah, itulah rekomendasi film horor yang bisa ditonton kapan saja tanpa merasa bosan. Pastikan hati sudah siap ya! Jangan lupa untuk melindungi kesehatan dengan menggunakan Super Easy Health dari Super You, asuransi kesehatan dengan harga terjangkau yang mampu memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp4.500 per hari!

Artikel Terkait