Biaya Membersihkan Telinga

Teman SUPERjuangan, nggak sedikit dari kita sering takut untuk membersihkan kotoran telinga di dokter THT karena masalah biaya. Padahal biaya membersihkan telinga di dokter THT nggak semahal yang kita bayangkan kok!

Pada dasarnya, kotoran tersebut berfungsi untuk melindungi telinga kita dari pertumbuhan jamur atau kuman patogen, binatang yang mencoba masuk, sekaligus menangkap dan membersihkan debu. Kotoran telinga merupakan gumpalan lunak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di bagian luar telinga secara alami. Karena itu, membersihkannya nggak boleh sembarang.

Wah, daripada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, sebaiknya serahkan pada ahlinya aja, guys. Tenang! Dalam artikel ini, SuperMin akan memberitahu Teman SUPERjuangan mengenai kapan harus melakukan pembersihan telinga, estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT, serta rekomendasi dokter THT terdekat! So, keep scrolling!

Table of Contents

Apa itu Pembersihan Telinga?

Sebelum kamu memutuskan datang ke dokter THT, kamu perlu mengetahui apa itu pembersihan telinga. Dalam istilah medis, kotoran telinga disebut serumen. Serumen sebenarnya adalah hal umum yang ditemukan pada telinga setiap orang. Layaknya kotoran pada mata atau hidung kita, guys.

THT merupakan singkatan dari telinga, hidung, dan tenggorokan. Maka, dokter THT adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani berbagai kondisi yang berkaitan dengan telinga, hidung, serta tenggorokan, juga area kepala dan leher. 

Nah, sekarang apa itu pembersihan telinga? Ada banyak sekali alasan orang kerap melakukan pembersihan telinga. Alasan yang paling sering, yaitu menghilangkan lapisan lilin yang berwarna kekuningan. Sebagian juga karena disertai rasa gatal, sakit, atau kesulitan mendengar.

Karena itu, pembersihan telinga merupakan sejumlah prosedur yang dilakukan oleh dokter THT dengan tujuan untuk mengeluarkan kotoran pada saluran telinga. Salah satu manfaat paling penting dari pembersihan telinga adalah mencegah risiko infeksi telinga akibat penumpukan serumen.

Dokter THT akan melakukan yang disebut irigasi telinga, dengan cara menggunakan air atau larutan saline yang disemprotkan ke dalam telinga. Lalu, kotoran telinga akan keluar. Irigasi telinga menjadi cara yang paling sering dilakukan oleh dokter THT karena dinilai efektif dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: 6 Cara Melindungi Diri dari Cuaca Panas

Risiko Membersihkan Telinga Sendiri

Risiko Membersihkan Telinga Sendiri

Sayangnya, masih banyak lho orang yang enggan datang ke dokter THT. Padahal pembersihan telinga di dokter THT terdekat merupakan cara yang benar. Nah, pertanyaan selanjutnya: memang kapan harus melakukan pembersihan telinga, SuperMin?

Serumen sebenarnya bisa keluar dengan sendirinya dari telinga kita. Karena itu, kita cukup membersihkannya setiap satu hingga dua minggu sekali saja. Caranya gampang banget kok. Ketika kamu selesai keramas, cukup bersihkan area luar telinga dengan handuk khusus yang lembut secara perlahan.

Selain itu, boleh aja menggunakan cotton buds, tapi bukan untuk membersihkan bagian dalam telinga. Penggunaan cotton buds yang asal akan menimbulkan risiko membersihkan telinga sendiri. Menggunakan cotton buds terlalu dalam justru dapat mendorong lapisan lilin lebih masuk lagi ke telinga, atau dikhawatirkan kapasnya akan tertinggal. 

Juga apabila kita terlalu sering mengorek telinga dengan cotton buds, akan menimbulkan trauma pada telinga kita. Hal ini disebabkan oleh tekanan serat kapas yang dapat melukai jaringan telinga, lalu terjadi cedera atau infeksi, bahkan risiko membersihkan telinga sendiri yang lebih parah.

Maka, kapan harus melakukan pembersihan telinga yang dianjurkan, yaitu dengan memeriksanya ke dokter THT setiap enam bulan sekali, guys. Di samping itu, hindari pembersihan telinga dengan cara-cara di bawah ini untuk mencegah terjadinya risiko membersihkan telinga sendiri yang tidak kita inginkan!

  • Memasukkan jari ke dalam telinga.
  • Memasukkan bola kapas dengan penyeka yang dibuat sendiri ke dalam telinga.
  • Menggunakan pensil, pinset, atau benda tajam sejenisnya untuk mengorek telinga.
  • Menggunakan obat tetes telinga tanpa resep dokter.

Biaya Membersihkan Telinga

Biaya Membersihkan Telinga

Perlu diingat bahwa pembersihan telinga secara mandiri hanya boleh dilakukan di area luar telinga, juga untuk jenis serumen yang lunak. Jenis serumen yang sudah berwarna coklat kehitaman, menggumpal, bahkan mengeras, hanya boleh dilakukan oleh dokter THT.

Selain itu, jangan tunda berkonsultasi dengan dokter THT terdekat apabila telinga mengeluhkan rasa gatal, panas, atau sakit yang berkepanjangan, mengeluarkan bau yang tajam, kesulitan mendengar, ada benda asing masuk, terjadi penyumbatan, bahkan mengeluarkan cairan aneh atau darah

Nah, pasti timbul pertanyaan baru: memangnya berapa sih biaya membersihkan telinga ke dokter THT? Wah, ternyata mulai 30 ribuan aja lho, guys. Rata-rata juga dokter THT akan menggunakan cara kerja irigasi telinga. Selain dinilai efektif, irigasi telinga tidak akan menimbulkan rasa sakit dan prosesnya pun cepat. 

Nggak percaya? Yuk, simak estimasi biaya membersihkan telinga sekaligus daftar dokter THT terdekat berikut ini!

  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Jakarta

Meski kota metropolitan, nyatanya estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT untuk area Jakarta masih terbilang murah lho dengan banyak pilihan rumah sakitIni dia biaya membersihkan telinga ke dokter THT terdekat di Jakarta!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT Terdekat Biaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Umum Firdaus Rp60.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres Rp90.000
Rumah Sakit Tebet Jakarta Rp148.000
Rumah Sakit Umum Pekerja Jakarta Rp150.000
Siloam Hospitals Lippo Village Rp150.000
Rumah Sakit Umum Andhika Rp150.000
Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi Rp150.000
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp161.000
MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Rp178.000
Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi Rp188.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran Rp195.000
True Care Clinic Kemang Rp250.000
Rumah Sakit Brawijaya Antasari Rp250.000
Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak Rp270.000
Rumah Sakit Umum Yarsi Rp270.000
Global Assistance Medical Centre Rp300.000
Rumah Sakit Kramat 128 Rp313.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Rp340.000
Mayapada Hospitals Jakarta Selatan Rp430.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Bogor

Terdapat beberapa rumah sakit yang memiliki layanan dokter THT terdekat di Bogor dengan biaya membersihkan telinga masih aman untuk kantong kita nih. Cek berapa estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT terdekat untuk wilayah Bogor!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Kenari Graha MedikaRp70.000
Rumah Sakit Mulia Pajajaran BogorRp100.000
Rumah Sakit FMC BogorRp105.000
Rumah Sakit Medika Dramaga BogorRp120.000
Siloam Hospitals BogorRp122.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Depok

Sejauh dari daftar yang SuperMin kumpulkan, dokter THT terdekat di Depok memiliki biaya membersihkan telinga yang paling murah se-Jabodetabek, bahkan nggak sampai 50 ribu, guys. Nah, kalau kamu tertarik, ini dia estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT untuk wilayah Depok!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah DepokRp40.000
Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya DepokRp80.000
Rumah Sakit Umum Bunda MargondaRp82.5000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Tangerang

Meski nggak sebanyak di kota-kota lain, dokter THT terdekat di Tangerang berasal dari rumah sakit yang cukup punya nama. Tapi, nggak usah takut soal harganya, ini dia estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT terdekat untuk wilayah Tangerang!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Ichsan Medical Centre BintaroRp45.000
Metro Hospitals CikupaRp110.000
Rumah Sakit EMC TangerangRp153.999
Rumah Sakit Ibu dan Anak Bina Medika BintaroRp250.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Bekasi

Wilayah Bekasi juga punya pilihan dokter THT terdekat dengan biaya membersihkan telinga yang nggak kalah terjangkau. Untuk kamu yang tinggal di wilayah Bekasi, segini estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT supaya bisa rutin!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Harapan Mulia BekasiRp60.000
Rumah Sakit Rawa LumbuRp128.035
Siloam Hospitals Bekasi TimurRp141.000
Siloam Hospitals Lippo CikarangRp155.000
Rumah Sakit Budi Asih CikarangRp207.000
Rumah Sakit Graha JuandaRp275.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Bandung dan Kota Lain Jawa Barat

Mengingat menjaga kebersihan telinga itu penting, kita juga perlu nih mengetahui estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT supaya bisa menyiapkan dananya. Nah, berikut ini daftar dokter THT terdekat untuk wilayah Jawa Barat sekaligus biaya membersihkan telinga kita!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Humana Prima BandungRp55.000
Rumah Sakit Betha MedikaRp77.000
Rumah Sakit Kebon JatiRp100.000
Rumah Sakit Juanda KuninganRp100.000
Rumah Sakit Ridogalih SukabumiRp105.000
Rumah Sakit Sumber HuripRp112.000
Rumah Sakit Siloam Putera Bahagia CirebonRp124.000
Mandaya Hospital KarawangRp146.720
Rumah Sakit Permata CirebonRp150.000
Rumah Sakit Hermina ArcamanikRp185.000
Rumah Sakit ImmanuelRp191.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Yogyakarta dan Kota Lain Jawa Tengah

Guys, apabila dibandingkan dengan provinsi lain, provinsi Jawa Tengah memiliki biaya membersihkan telinga termurah, urutan pertama cuma 30 ribuan lho. Kamu masih ragu membersihkan telinga ke dokter THT terdekat? Catat estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah berikut ini!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Amanah Umat PurworejoRp29.000
Rumah Sakit Banyumanik SemarangRp40.000
Rumah Sakit PKU Muhammadiyah SukoharjoRp42.000
Rumah Sakit Dera As-Syifa BrebesRp55.000
Rumah Sakit Hermina PandanaranRp61.000
Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHIRp62.000
Rumah Sakit Bhayangkara POLDA DIYRp70.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga TegalRp82.000
Rumah Sakit Ludira Husada TamaRp95.000
Rumah Sakit Hermina YogyakartaRp188.000
Rumah Sakit Allam Medica BrebesRp350.000

Baca juga: 4 Cara Setor Tunai BRI yang Praktis!

  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Surabaya dan Kota Lain Jawa Timur

Daerah Surabaya dan kota lain di Jawa Timur juga dilengkapi dengan dokter THT terdekat. Untuk kamu yang tinggal di daerah berikut ini, yuk catat estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT supaya bisa mencegah risiko membersihkan telinga sendiri yang tidak diingini!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT TerdekatBiaya Membersihkan Telinga
Rumah Sakit Umum Al-Islam H.M MawardiRp35.000
Rumah Sakit Citra Husada JemberRp50.000
Rumah Sakit Umum Nurussyifa KudusRp55.000
Rumah Sakit Elizabeth Situbondo Rp70.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kenjeran Rp99.600
Rumah Sakit Aisyiyah Siti FatimahRp100.000
Rumah Sakit Mitra Keluarga SurabayaRp104.000
Siloam Hospitals SurabayaRp180.000
Rumah Sakit Keluarga Sehat TayuRp245.000
Rumah Sakit Sehat PatiRp255.000
Mayapada Hospitals SurabayaRp405.000
  • Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter THT terdekat di Luar Pulau Jawa

Tenang aja buat kamu yang tinggal di luar pulau Jawa, ada beberapa daftar rumah sakit atau klinik yang memiliki estimasi biaya membersihkan telinga di dokter THT terdekat. Meski nggak sebanyak yang sebelumnya, daftar dokter THT terdekat ini sudah mencakup pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, dan Bali!

Rumah Sakit / Klinik Dokter THT Terdekat

Biaya Membersihkan Telinga

Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro Lampung

Rp55.000

Charitas Hospital KM 7 Palembang

Rp120.000

Siloam Sriwijaya Palembang

Rp130.000

Rumah Sakit Islam Ar Rasyid

Rp132.000

Rumah Sakit Permata Hati Bungo Jambi

Rp115.000

Rumah Sakit Islam Arafah Jambi

Rp214.000

Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru

Rp138.000

Rumah Sakit Islam Rahmah Padang

Rp100.000

Rumah Sakit Mitra Sejati Medan

Rp258.500

Siloam Hospitals Banjarmasin

Rp110.000

Klinik Panacea Balikpapan

Rp115.000

Siloam Hospitals Balikpapan

Rp137.000

Rumah Sakit Stella Maris Makassar

Rp50.000

Rumah Sakit Tk.II Pelamonia Makassar

Rp110.000

Siloam Hospitals Ambon

Rp110.000

Siloam Hospitals Denpasar

Rp161.000

Sumber: Lifepal.co.id

Tuh kan, biaya membersihkan telinga nggak semahal yang kita pikirkan, guys! Meski begitu, kita tetap perlu memiliki dana untuk hal-hal yang tidak terduga. Salah satunya dengan asuransi kesehatan, memberi kita rasa nyaman dan aman saat harus ke dokter. Dengan Super Easy Health dari Super You, cukup bayar Rp4.500 aja per hari kamu bisa dapatkan semua manfaat pertanggungannya!

Artikel Terkait