cara menghilangkan jerawat

6. Rutin Membersihkan Wajah

Jerawat bisa timbul karena pori – pori kulit yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati, karena itu untuk mencegah timbulnya jerawat wajib untuk rutin membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Beberapa teknik bisa dilakukan untuk memastikan muka bersih seperti double cleansing.

Membersihkan wajah juga tidak bisa hanya dilakukan saat muka berjerawat. Untuk menjaga wajah dari risiko timbulnya jerawat, membersihkan muka harus dilakukan secara rutin 2 kali sehari, pagi dan malam.

7. Tidak Memencet Jerawat

Saat wajah sedang berjerawat, jangan pegang atau pencet jerawat tersebut karena bisa menyebabkan infeksi sekunder dan menyebabkan bekas jerawat untuk menghitam, bopeng atau risiko terjadinya keloid.

8. Kurangi Pemakaian Skincare yang Memiliki Kadar Lemak Tinggi

Skincare atau kosmetik yang mengandung kadar lemak tinggi bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, karena itu apabila ingin menghilangkan bekas jerawat harus mengurangi pemakaian produk tersebut.

Produk skincare atau kosmetik yang mengandung kadar lemak tinggi biasanya bisa ditemukan pada produk seperti pelembab atau moisturizer, day cream, night cream, foundation dan cleansing cream.

Hal ini harus dihindari karena pemakaian produk dengan kadar lemak tinggi bisa menyumbat pori – pori.

9. Cuci Wajah Dengan Benar

Sudah mencuci wajah dengan rutin tetapi masih sering jerawatan? Mungkin karena tidak mencucinya dengan benar.

Mencuci wajah juga ada aturannya agar bisa terhindar dari risiko jerawat lho! Beberapa aturan tersebut mencakup waktu untuk mencuci wajah, berapa kali yang diperbolehkan untuk mencuci wajah, sabun apa yang diperlukan untuk mencuci wajah, kandungan yang ada pada sabun tersebut dan teknik yang digunakan saat mencuci wajah.

  • Saat wajah sedang jerawatan, skin barrier juga sedang tidak bagus karena itu tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptic atau medicated soap yang bisa menyebabkan kekeringan dan iritasi. Akan lebih baik untuk mengganti sabun ke gentle cleanser. 
  • Mencuci wajah juga harus dilakukan setidaknya 2 kali sehari di pagi hari dan di malam hari.
  • Pastikan untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk untuk mengetahui kecocokan dengan kulit atau dengan produk lainnya.
  • Terdapat beberapa teknik untuk memaksimalkan produk seperti 6o seconds rule dalam mencuci muka atau dengan double cleansing.

10. Gunakan Obat Jerawat 

Saat memiliki jerawat yang bisa memicu bopeng akan lebih baik untuk menggunakan obat penghilang bekas jerawat. Untuk obat jerawat bisa minta rekomendasi dari dokter atau membeli obat jerawat bebas yang dijual di pasaran.

Apabila sudah melakukan semuanya tetapi jerawat masih ada, lakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan prosedur medis seperti chemical peeling, light therapy, suntik jerawat atau suntik steroid dan facial atau ekstraksi jerawat.

Nah, itu dia 10 cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan – bahan alami  dan medis yang ampuh. Untuk hasil yang maksimal pastikan untuk lakukan dengan rutin, membersihkan muka dan untuk selalu menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari, ketahui manfaat tips sunscreen disini. Selain itu jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan sehat untuk kulit.

Artikel Terkait