pengertian akupuntur

Mungkin bagi sebagian orang yang takut dengan jarum, akupuntur menjadi ancaman serius dan sangat menakutkan. Namun, di balik segala ketakutan ini ternyata teknik pengobatan tradisional akupuntur memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Pengobatan dengan tusukan jarum ini pertama kali berasal dari praktik tradisional yang ada di Tiongkok. Pengobatan ini lantas berkembang ke seluruh dunia bahkan ke Indonesia sendiri dengan berbagai manfaat yang cukup luar biasa.

Sebelum kita mengenal lebih jauh apa itu akupuntur dan manfaatnya bagi tubuh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu akupuntur.

Pengertian Akupuntur

Dalam bahasa yang lebih sederhana, akupuntur adalah pengobatan alternatif dengan teknik menusukkan jarum ke titik tubuh tertentu. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Tiongkok, akupuntur sangat berguna untuk menyeimbangkan aliran energi atau disebut sebagai kekuatan hidup.

Terapi ini akan merangsang saraf, otot, dan jaringan ikat untuk merespon sesuatu hal. Tusukan jarum ini juga sebenarnya berguna untuk:

  • Melepaskan endorfin atau senyawa alami pereda nyeri
  • Menyeimbangkan kembali kondisi tubuh
  • Menimbulkan reaksi pulih terhadap penyakit atau gejala.

Baca Juga : Datang dan Pergi Tiba-Tiba, Ini Dia Penjelasan Bell’s Palsy!

Prosedur Pada Pelaksanaan Akupuntur

Prosedur Pada Pelaksanaan Akupuntur

Biasanya, pada pertemuan pertama ahli atau terapis akupuntur akan menanyakan kondisi kesehatan pasien. Lalu, ia akan memeriksa beberapa bagian tubuh pasien yang bereaksi terhadap terapi ahli.

Ahli pun akan menusukkan beberapa jarum ke titik kulit tubuh. Kalau ditusukkan di kaki, maka orang biasanya menyebut dengan titik akupuntur kaki. Jarum yang biasa digunakan juga sangat tipis, bahkan setipis rambut manusia.

Seorang ahli akupuntur akan menusukkan jarum ke dalam berbagai kedalaman yang beragam, mulai dari dangkal hingga cukup dalam. Jarum ini kemudian akan dibiarkan masuk selama beberapa menit sampai 20 menit.

Kamu akan merasakan tusukan-tusukan kecil di bagian kulit. Biasanya tidak terlalu sakit jika dibandingkan dengan vaksinasi atau mengambil sampel darah. Karena, jarum yang digunakan juga sangat kecil dibandingkan jarum medis lainnya.

Jarum yang ditusukkan ini juga biasanya akan menyebabkan beberapa sensasi pada otot, seperti nyeri atau kesemutan. Kamu juga perlu memberi tahu ahli jika sensainya tak bisa terkendali dan menyebabkan mati rasa.

Titik Pada Akupuntur

Dalam teknik pengobatan akupuntur, ada beberapa titik yang biasa digunakan terapi untuk menusukkan jarum. Ada titik akupuntur kaki, titik akupuntur tangan, akupuntur wajah, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang titik akupuntur ini, maka kami akan memberikan penjelasannya untuk kamu.

  • Saluran perut: kaki depan bawah lutut
  • Saluran limpa: kaki dalam di atas pergelangan kaki
  • Saluran hati: kaki bagian atas di antara jari kaki pertama dan kedua
  • GV20: kepala atas
  • CV12: antara tulang dada dan pusar
  • CV6: di bawah pusar
  • LI4: tangan belakang antara jempol dan telunjuk
  • KI3: pergelangan kaki belakang bagian dalam.

Baca Juga : Manfaat Kerokan untuk Kesehatan Ditinjau Dari Sisi Medis

Macam-macam Manfaat Akupuntur

Ada beberapa manfaat akupuntur yang ternyata cukup baik bagi tubuh manusia jika dikerjakan oleh seorang profesional, diantaranya adalah:

  • Mengurangi rasa sakit dan migrain

Mengurangi rasa sakit dan migrain

Manfaat akupuntur yang pertama adalah mampu meredakan rasa sakit kepala dan migrain. Hal ini bisa terjadi karena tusukan jarum bisa menghasilkan hormon endorfin atau hormon pereda nyeri alami.

Selain itu, luka kecil dari tusukan jarum juga bisa merangsang aliran darah dan mempercepat penyembuhan tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa durasi migrain berkurang sekitar 480 pasien yang menjalani terapi akupuntur.

  • Meredakan Nyeri Punggung

Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa akupuntur ini mampu mengatasi nyeri punggung kronis menjadi lebih baik daripada pasien yang tidak menjalani pengobatan alternatif ini. Lagi dan lagi manfaat akupuntur yang mempengaruhi fungsi hormon pereda nyeri endorfin.

Adanya tusukan jarum tadi bisa merangsang aliran darah sehingga mampu mengurangi rasa sakit pada tubuh manusia.

  • Mampu Mengurangsi Insomnia

Ada kabar bahagia untuk kamu para penderita insomnia. Kabarnya, terapi akupuntur bisa mengurangi insomnia. Tusuk jarum ini akan memicu senyawa di otak untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Meski demikian, para peneliti mengatakan manfaat ini masih harus diteliti lebih jauh.

  • Bisa Mengendalikan Efek Samping Kemoterapi

Manfaat akupuntur yang berikutnya adalah bisa mengurangi efek samping pada pengobatan kanker kemoterapi seperti mual, lelah, mulut kering, sulit bernapas, dan rasa panas mendadak (hot flashes).

Akupuntur untuk kanker ini juga bisa membantu pasien merasa lebih baik dan tenang. Manfaat ini berasal dari peningkatan produksi endorfin dan serotonin. Serotonin sendiri merupakan senyawa yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik.

  • Mengendalikan Gejala Parkinson

Beberapa penelitian dari para ahli pernah mengungkapkan manfaat akupuntur ini pada Parkinson. Mereka mengatakan bahwa terapi tusuk jarum selama 8 minggu berpotensi meningkatkan kadar oksigen pada darah.

Hal ini juga bisa mengendalikan tremor dan depresi pada pasien Parkinson. Meski demikian, para ahli ini mengatakan masih memerlukan beberapa penelitian lanjutan dengan skala yang lebih besar untuk memastikan khasiat ini.

  • Menjaga Kesehatan Kandungan

Beberapa dokter saat ini sudah merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan akupuntur. Hal ini ini dilakukan untuk mengurangi rasa stres, menyeimbangkan hormon, serta meringankan kecemasan dan rasa sakit.

Ini dianggap sebagai terapi yang cukup aman untuk banyak gejala umum selama kehamilan, termasuk meringankan ketegangan fisik dan emosional pada tubuh. Manfaat akupuntur ini juga bisa membantu membangun suasa hati dan menurunkan depresi, gejala mental, atau fisik ibu setelah melahirkan.

Baca Juga : Manfaat Kerokan untuk Kesehatan Ditinjau Dari Sisi Medis

Biaya Akupuntur

Biaya Akupuntur

Kalau kamu sedang mencari tahu berapa biaya akupuntur, kamu sekarang berada di website yang sangat tepat. Karena kami akan menjelaskan berapa biaya akupuntur di setiap daerah di Indonesia.

Kalau berbicara biaya, maka hal ini tentu akan sangat bergantung kepada dimana letak dan tempat tinggal kamu. Sebagai gambaran, biaya akupuntur di Jakarta sendiri dimulai dari harga Rp 160.000 sampai dengan Rp 500.000.

Ini juga tergantung wilayah dan klnik dimana kamu akan melakukan akupuntur. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan jam terbang terapis yang akan memegang kamu. Lalu, bagaimana dengan daerah lain?

Tentu jawabannya juga sama, tergantung dimana kamu akan melakukan akupuntur ini. Tentu semakin bagus klinik dan jasa terapis, maka harganya juga akan semakin mahal. Jangan lupa juga, daerah tertentu pasti akan memiliki harga khusus pula bagi pasien akupuntur.

Efek Samping Akupuntur

Sebenarnya, efek samping akupuntur ini tergolong rendah kalau kamu melakukannya pada terapis yang tepat. Namun, ada beberapa kemungkinan efek samping yang terjadi karena akupuntur.

  1. Rasa sakit, pendarahan kecil, atau memar di area tertusuk jarum
  2. Cedera organ jika didorong terlalu dalam
  3. Infeksi seperti hepatitis jika jarum yang digunakan tidak steril.

super easy health

Itu lah beberapa efek samping yang bisa dikatakan minor kalau kamu melakukan pengobatan akupuntur. Selain itu, saat ini kamu juga sudah bisa membuat asuransi kesehatan yang mudah dan terpercaya hanya di Super Easy Health by Super You.

Hanya dengan premi Rp4.500 saja per hari kamu sudah bisa menikmati berbagai macam layanan kesehatan untuk menjaga badan kamu agar tetap fit. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan dan cek premi kamu sekarang juga ya.

Artikel Terkait