cara agar cepat hamil

Bagi setiap pasangan, buah hati adalah sesuatu yang didambakan. Ada banyak cara agar cepat hamil. Jika kamu sedang melakukan persiapan agar cepat hamil atau sedang melakukan program hamil, ketahui tips agar cepat hamil di bawah ini!

Table of Contents

12 Cara Agar Cepat Hamil

Meski terkesan mudah, berdasarkan Health Direct proses hingga akhirnya mengalami kehamilan itu sangat kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Setiap wanita berbeda, ada yang bisa mengalami kehamilan dengan cepat dan ada yang membutuhkan waktu lebih mencari cara agar cepat hamil. 

Terdapat banyak faktor bagaimana agar cepat hamil, tidak hanya dengan melakukan hubungan intim. Yuk, ketahui 12 cara ini yang bisa dicoba sebagai solusi cepat hamil.

1. Mengetahui Masa Subur 

Apa kamu tahu bahwa ada masa yang tepat berhubungan intim untuk meningkatkan peluang kehamilan? 

Masa yang tepat ini adalah saat calon ibu sedang mengalami masa subur. Masa subur adalah proses pematangan telur yang kemudian akan dibawa menuju tuba falopi dan proses ini terjadi sebelum ovulasi, Ketahui cara menghitung masa subur untuk merencanakan waktu yang tepat melakukan hubungan intim.

2. Lakukan Hubungan Intim Secara Teratur

Salah satu cara agar cepat hamil adalah dengan melakukan hubungan intim secara teratur dan untuk melakukannya tanpa halangan seperti alat kontrasepsi atau kondom. Namun, tentukan frekuensi hubungan intim dengan tepat karena bila melakukannya terlalu sering maka bisa keluar sperma yang belum matang dan terlalu jarang akan menyebabkan sperma yang keluar lemah akibat sudah mati. 

3. Perhatikan Gaya saat Melakukan Hubungan Intim

Tahukah kamu bahwa gaya melakukan hubungan intim adalah salah satu cara bagaimana agar cepat hamil?

Tips agar cepat hamil adalah saat melakukan hubungan intim, peragakan posisi gerakan intim yang bisa mendorong pembuahan lebih cepat. beberapa posisi tersebut adalah:

  • Missionary 
  • Doggy style
  • Missionary dengan mengangkat kaki

4. Berbaring Setelah Melakukan Hubungan Intim 

Setelah melakukan hubungan intim, berbaring untuk wanita bisa membantu menjadi cara cepat hamil. Karena itu akan lebih baik untuk wanita membuang air kecil sebelum melakukan hubungan intim, dengan melakukan ini juga bisa mencegah risiko ISK atau Infeksi Saluran Kencing. 

5. Berolahraga dengan Rutin 

Tentukan frekuensi olahraga yang tepat, tetapi lakukan secara konsisten. Kira – kira frekuensi olahraga yang tepat adalah 3 kali seminggu. Hal ini karena berolahraga terlalu sering atau terlalu jarang bisa mempengaruhi kesuburan. 

6. Menjaga Berat Badan 

Salah satu tips agar cepat hamil adalah menjaga berat badan ideal. Jika tubuh terlalu kurus maka bisa menghambat kesuburan dan berat badan berlebih juga tidak baik untuk kesehatan maupun kesuburan. Hal ini bisa memicu produksi hormon estrogen berlebihan dan mengganggu ovulasi.

Baca Juga:

7. Berhenti Kebiasaan Buruk: Merokok, Konsumsi Alkohol dan Mengonsumsi Kafein

Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok juga salah satu cara bagaimana agar cepat hamil. Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok bisa mempengaruhi kesuburan. 

Meski tidak sepenuhnya buruk, kafein bisa memengaruhi kesuburan pria dan wanita karena itu lebih baik untuk dikurangi.

Berhenti mengonsumsi alkohol juga salah satu cara bagaimana agar cepat hamil. Mengonsumsi alkohol bisa merusak jaringan tubuh seperti kualitas sperma.

8.  Rutin Melakukan Cek Kesehatan 

Salah satu solusi cepat hamil adalah untuk melakukan cek kesehatan secara rutin. Hal ini bisa membantu mengetahui kondisi kesehatan kedua pasangan jika ada masalah tertentu yang menghambat proses kehamilan. 

9. Kelola Stress 

Mengelola stress adalah tips agar cepat hamil. Jika psikologis calon ibu atau pasangan terganggu maka bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga tidak memiliki energi atau kemauan untuk berhubungan intim.

10. Konsumsi Serat 

Mengonsumsi serat adalah cara agar cepat hamil dengan membantu membuang kelebihan hormon, menjaga keseimbangan gula darah, meningkatkan kesuburan wanita dan mengurangi kelebihan estrogen dari usus. Direkomendasikan untuk wanita mengonsumsi 25 gram serat per hari. 

11. Konsumsi Asam Folat 

Mengonsumsi asam folat adalah salah satu cara agar cepat hamil. Baik bagi pria atau wanita, susu atau sayuran yang mengandung asam folat bagus untuk kesuburan. Terutama untuk wanita, asam folat bagus untuk perkembangan janin dan kesehatan reproduksi.

12. Jangan Berendam Air Panas 

Tips agar cepat hamil adalah hindari berendam air panas bagi pria selama merencanakan kehamilan atau sedang menjalan program hamil. Hal ini karena suhu panas bisa membunuh sperma. Mandi dengan suhu yang tidak terlalu panas atau hangat, seperti 34,4 – 35,6 derajat celcius agar testis bisa berfungsi lebih baik.

Itulah 12 cara agar cepat hamil. salah satu tips cepat hamil lainnya adalah dengan memperhatikan siklus haid untuk mengetahui kapan masa subur kamu. Jika ingin menghitung masa subur dengan mudah bisa dengan menggunakan fitur kalkulator masa subur dari Super you.

kalkulator masa subur

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan sebagai cara agar cepat hamil, bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You hanya mulai dari Rp135.000 per bulan saja, lho!

Artikel Terkait