Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Saat disentuh, kulit terasa elastis, bukan? Namun, ternyata tidak menutup kemungkinan kulit juga bisa menebal, mengeras, hingga mengelupas loh. Kondisi ini disebut kapalan. Buat Teman SUPERjuangan yang aktif berolahraga, pasti sudah tidak asing dengan kapalan di telapak kaki. 

Singkatnya, kapalan merupakan penebalan pada kulit, yang umum terjadi di telapak kaki. Bagian kulit yang mengalami kapalan juga akan berubah warna menjadi putih kekuningan. Coba cek kondisi telapak kaki kamu? Walaupun saat ini lagi kapalan, eits jangan insecure dulu!

Table of Contents

Kamu cuma perlu ikuti cara menghilangkan kapalan di kaki kok, yang sudah Supermin rangkum dalam artikel kali ini. Tapi, pastikan kamu juga memahami apa aja sih gejala dan penyebab kapalan di kaki. Yuk, simak ulasan dan 13 caranya!

Apa itu Kapalan di Kaki?

Kapalan termasuk lesi kulit, merupakan perubahan kulit tidak normal yang dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti benjolan hingga luka. Kapalan di telapak kaki ditandai dengan penebalan kulit paling atas, terjadi saat kulit mencoba melindungi diri dari gesekan atau tekanan berlebih.

Dalam dunia medis, kaki kapalan disebut dengan istilah callus. Memang, kapalan di kaki nggak berbahaya kok. Tapi, bisa bikin Teman SUPERjuangan merasa kurang nyaman, baik dari segi penampilan maupun karena adanya benjolan di bagian kaki yang mendapat tekanan.

Selain tanda-tanda di atas, mudah sekali loh untuk mengenali munculnya kapalan di kaki, seperti ini:

  • Benjolan tebal yang lebih tinggi pada kulit
  • Berwarna kuning pucat
  • Permukaan terasa keras dan kasar
  • Kulit juga menjadi kering hingga pecah-pecah
  • Area kaki kapalan tidak peka terhadap sentuhan
  • Namun terasa lembut di bagian dalam kulit
  • Kadang menimbulkan rasa nyeri di bawah kulit

Penyebab Kaki Kapalan

Penyebab Kapalan di Kaki

Pada dasarnya, kaki kapalan disebabkan oleh gesekan atau tekanan berulang-ulang pada kulit telapak kaki. Sebenarnya, kondisi ini merupakan mekanisme perlindungan otomatis. Sayangnya, tidak disertai dengan perawatan kulit telapak kaki yang sesuai untuk mencegah terjadinya kapalan di telapak kaki.

Dan ternyata gesekan atau tekanan berulang-ulang biasa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari kita loh. Nah, ada apa aja sih sebagai penyebab kapalan di kaki?

  • Memakai sepatu yang terlalu sempit
  • Memakai sepatu yang juga terlalu longgar
  • Memakai sepatu hak tinggi
  • Tidak memakai kaos kaki
  • Bahkan, kebiasaan tidak memakai alas kaki
  • Sering bekerja yang melibatkan berjalan, berlari, atau bersepeda
  • Berdiri, berjalan, berlari, atau bersepeda di atas permukaan yang tidak merata
  • Terdapat masalah atau kelainan pada tulang kaki

Cara Berjalan atau Berdiri yang Salah Menjadi Penyebab Utama Kifosis!

Faktor Risiko Kaki Kapalan

Teman SUPERjuangan, meski penyebab kaki kapalan sangat bisa dihindari, namun beberapa kondisi juga dinilai meningkatkan risiko seseorang terkena kapalan di telapak kaki. Hal ini penting diketahui untuk selalu kita waspadai, jadi nggak cuma penyebab kapalan di telapak kaki aja. Yuk, intip faktor risiko kaki kapalan berikut!

  • Berjalan dan berlari dengan cara yang tidak semestinya, atau lebih sering menumpukan berat badan di bagian kaki tertentu seperti tumit
  • Lanjut usia di atas 60 tahun
  • Penderita atau punya riwayat penyakit diabetes
  • Terdapat benjolan pada sendi pangkal jempol kaki, biasa disebut bunion
  • Kelainan jari kaki yang melengkung seperti cakar, alias hammer toe
  • Mengalami osteofit pada jari telapak kaki
  • Memiliki kebiasaan merokok

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dengan Cepat

Tahapan dan Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Kapalan di telapak kaki bisa dialami oleh siapa saja, dari anak muda sampai lanjut usia. Karena itu, obat kapalan di telapak kaki yang paling ampuh adalah dengan melakukan pencegahan melalui sejumlah perawatan. Eits, jangan buru-buru ke klinik kecantikan, seperti pedicure dulu!

Katanya perawatan? Sini-sini, Supermin kasih tips mudah untuk cara menghilangkan kapalan di kaki! Nggak cuma mudah, cara menghilangkan kapalan dengan cepat, murah, dan menghemat waktu. Bahkan, kamu bisa lakukan cara menghilangkan kapalan ini sendiri dari rumah aja loh. 

Ini dia cara 10 cara menghilangkan kapalan di kaki!

1. Kurangi tekanan pada kaki saat beraktivitas

Cara menghilangkan kapalan di kaki yang pertama pastinya adalah dengan mengurangi faktor penyebab kaki kapalan. Kalau kamu sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi, sepatu yang terlalu sempit, atau justru sepatu yang terlalu longgar, mulai sekarang harus dikurangi. Dengan begitu, tekanan pada jari-jari hingga tumit kaki kamu semakin berkurang.

2. Sedia perlindungan ekstra

Kalau kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Sama halnya dengan cara menghilangkan kapalan dong. Nah, perlindungan ekstra yang bisa disediakan adalah kaos kaki ketika memakai sepatu. Pastikan juga, jika penggunaannya itu tidak berlebihan, ya. Beri napas alias ruang bagi kaki kalau sudah terasa lelah akibat aktivitas yang panjang.

3. Segera mandi

Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan cepat yang kedengarannya sepele loh, yaitu mandi. Kok bisa? Nggak jarang dengan berbagai alasan setelah beraktivitas kita malas untuk langsung membersihkan diri, bukan? Itu mengapa, segera mandi. Selain untuk mengangkat kotoran, akan membantu melembutkan lapisan pelindung kulit mati yang tebal tersebut.

4. Rendam kaki dalam air hangat campuran bahan alami

Cara menghilangkan kapalan dengan cepat yang juga dipastikan aman nih, Teman SUPERjuangan. Setelah mandi, kamu bisa rendam kaki dalam air hangat yang sudah dicampurkan oleh bahan-bahan alami pilihan. Kamu bisa coba perasaan lemon untuk komponen asam dengan baking soda.

Caranya, masukkan air hangat ke dalam sebuah wadah, lalu tambahkan 2-3 sendok air lemon. Jika sudah, rendam kaki kapalan di dalamnya. Nah, selang beberapa menit, masukkan baking soda secukupnya dan diamkan kurang lebih 10 menit.

5. Sebagai alternatif, gunakan cuka apel dan minyak jarak

Kalau air lemon dan baking soda dianggap kurang efektif, kamu bisa coba cara menghilangkan kapalan di kaki dengan cuka apel dan minyak jarak. Sebagai alternatif, cara menghilangkan kapalan satu ini nggak jauh beda dengan cara menghilangkan kapalan di kaki sebelumnya.

Cuka apel mampu melunakkan serta mendukung penyembuhan kulit kaki kapalan yang keras. Di samping itu, minyak jarak bersifat melembapkan. Caranya, campurkan air hangat dan cuka apel dengan perbandingan 4:1, kemudian tambahkan minyak jarak secukupnya, dan tinggal rendam kaki selama 15 menit deh.

6. Gosok bagian kulit mati kaki kapalan

Selain merendam kaki kapalan dengan bahan-bahan alami, kamu juga bisa menggosoknya. Cara menghilangkan kapalan di kaki satu ini lebih baik dibandingkan dengan menggunting apalagi memotongnya. Kamu bisa menggunakan lap, handuk, atau amplas untuk kaki. Lakukan penggosokan secara lembut, jangan terlalu dalam.

7. Bantu dengan callus pad

Saat tidak mau terkena air, kamu juga bisa gunakan callus pad, sebuah bantalan khusus untuk kulit kaki kapalan. Bahannya yang terbuat dari kain, silikon, serta perekat lembut dapat melindungi bagian kaki kapalan tidak mudah iritasi. Dengan begitu, proses penyembuhannya lebih cepat. Cara menghilangkan kapalan di kaki satu ini cukup berguna.

8. Oleskan krim pelembap

Oleskan krim pelembap, kemudian pijat perlahan pada area kaki kapalan dan sekitarnya. Cara menghilangkan kapalan di kaki dengan cepat melalui produk yang mengandung amonium laktat dan asam salisilat. Atau, kamu juga bisa membuat pelembap buatan sendiri dengan lidah buaya, minyak kelapa, serta minyak zaitun loh.

9. Lakukan eksfoliasi dengan masker

Cara menghilangkan kapalan di kaki selanjutnya adalah lakukan eksfoliasi dengan krim. Cara menghilangkan kapalan di kaki satu ini cocok banget kalau kamu enggan menggosoknya. Sekarang udah tersedia masker khusus kaki kapalan untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dengan sendirinya. Kamu bisa pilih yang mengandung urea, ya.

10. Gunakan salep kapalan

Dalam kondisi kaki kapalan menimbulkan rasa nyeri, atau nggak sengaja terkelupas, sebaiknya gunakan salep kapalan. Obat kapalan di telapak kaki satu ini juga mudah dicari pada apotek sekitar. Untuk salep kapalan, kamu bisa gunakan yang mengandung bahan acidium salycylicum dan sulfur praecipitate dalam dua kali sehari.

Jangan Ragu Pergi ke Dokter!

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Secara Medis

Teman SUPERjuangan, lain hal jika kapalan di kaki nggak kunjung sembuh, padahal semua cara menghilangkan kapalan di kaki udah kamu lakukan. Ini saatnya kamu pergi ke dokter! Jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga medis, sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki berdasarkan penyebabnya.

Dengan hasil pemeriksaan dokter tersebut, akan dilakukan tindakan. Eits, nggak perlu panik, cara menghilangkan kapalan di kaki ini bukanlah tindakan besar kok. Tentu lebih baik daripada kapalan di kaki semakin memburuk. Nah, ini dia pengobatan kapalan di kaki secara medis!

1. Obat kapalan di telapak kaki

Obat kapalan di telapak kaki sebenarnya hampir sama seperti salep kapalan pada cara menghilangkan kapalan di kaki dengan cepat sebelumnya. Tapi, yang bikin beda, obat kapalan di telapak kaki satu ini sesuai resep dokter. Apalagi, kalau seseorang punya alergi terhadap suatu bahan atau memiliki riwayat penyakit tertentu, kan.

2. Pengikisan kapalan di kaki

Jika sebelumnya dilarang menggunting atau memotong kapalan di kaki, dokter justru akan melakukan pengikisan kapalan di kaki. Tentu dengan penuh kehati-hatian dalam prosedurnya sehingga kamu nggak usah takut bagian lain di sekitar kaki kapalan ikut terkikis. Nah, sebaliknya, bisa timbul iritasi jika dilakukan tidak tepat.

3. Tindakan operasi

Cara menghilangkan kapalan di kaki satu ini segera dilakukan jika ditemukan kelainan pada struktur kaki sehingga kapalan di kaki muncul terus-menerus. Selain itu, ada kemungkinan juga tindakan operasi dilakukan jika kaki kapalan memberikan rasa nyeri yang berlebihan hingga penderitanya mengalami kesulitan berjalan.

Nah, itu dia 13 cara menghilangkan kapalan di kaki, semoga bermanfaat bagi Teman SUPERjuangan. Yuk, cegah risiko buruknya dari sekarang sama seperti risiko finansial yang bisa terjadi kapan aja, apalagi saat jatuh sakit. Tapi, udah nggak perlu khawatir lagi karena ada Super Easy Health dari Super You by Sequis dengan premi mulai Rp4.500 per hari, biaya rumah sakit dibayar sesuai tagihan!

Artikel Terkait