obat sakit gigi

Sakit gigi merupakan salah satu masalah di dalam mulut yang pernah dialami semua orang. Obat sakit gigi yang ampuh akan segera diperlukan jika sudah melihat gejala sakit gigi, karena bila dibiarkan maka bisa timbul masalah yang lebih serius jadi perlu diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi.

Obat Sakit Gigi

Apa itu Sakit Gigi

Apa itu Sakit Gigi

Pada dasarnya sakit gigi adalah rasa nyeri atau ngilu yang timbul di sekitar gigi atau di area gusi. Biasanya sensasi nyeri ini timbul saat terjadi kerusakan gigi yang diakibatkan oleh kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Penyebab Sakit Gigi 

Sebelum membahas obat sakit gigi paling ampuh, mari ketahui dahulu penyebab sakit gigi. Tidak seperti yang kita ketahui saat kecil, penyebab sakit gigi tidak hanya bolong akibat terlalu banyak makan makanan manis. Berikut ini adalah berbagai macam kondisi gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi:

  • Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi bisa terjadi karena pengikisan pada enamel gigi atau lapisan terluar gigi yang juga bisa membentuk lubang. Pengikisan enamel gigi bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan gigi sehingga terjadi penumpukan bakteri dan sisa makanan yang bisa mengeluarkan zat asam. Dampak dari zat asam ini adalah rusaknya enamel gigi dan timbulnya lubang pada gigi.

  • Gigi Sensitif

Gigi sensitif biasa disertakan dengan sensasi nyeri dan ngilu karena gigi yang tidak bisa menangani kondisi yang berlebihan. Kondisi berlebihan yang bisa memicu rasa nyeri pada gigi adalah:

  • Makanan dan minuman yang terlalu manis, panas, dingin dan kadar asam yang tinggi.
  • Menyikat gigi terlalu cepat dan keras juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan ngilu pada gigi.
  • Salah satu kebiasaan buruk yang bisa dilakukan adalah menggertakkan gigi karena bisa menyebabkan keretakan pada gigi.
  • Menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.

Namun, apa yang menyebabkan gigi sensitif? 

Gigi sensitif disebabkan oleh dentin gigi yang terekspos ke lingkungan luar. Dentin adalah saluran dalam gigi yang dipenuhi dengan serabut saraf yang menyebabkan gigi terasa nyeri atau ngilu saat terpapar suhu dingin atau panas.

Baca Juga : Ketahui Gangguan Kesehatan Pada Mulut dan Penyebabnya!

  • Radang Gusi

Meski bukan langsung ke gigi, masalah gusi juga bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada gigi. Salah satu masalah pada gusi yang umum terjadi adalah radang gusi atau gingivitis, infeksi bakteri yang menyebabkan gusi membengkak dan meradang. Saat terjadi radang gusi harus segera ditangani dengan obat untuk sakit gigi seperti hydrogen peroksida 3%.

  • Infeksi Gusi

Jika radang gusi tidak segera diobati maka bisa berkembang menjadi infeksi gusi atau periodontitis. Infeksi gusi merupakan kondisi serius yang bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Infeksi gusi tidak bisa dibiarkan dan harus segera ditangani atau bisa berisiko memicu terjadinya masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

  • Abses Gigi

Abses gigi adalah kondisi dimana timbul benjolan atau kantong di area gigi dan gusi yang berisi nanah. timbulnya abses adalah adanya bakteri di dalam lubang yang tidak ditangani. Saat terjadi abses gigi, biasanya diikuti dengan rasa nyeri yang menyakitkan dan sensasi nyeri akan semakin intens dalam waktu beberapa jam kedepan.

  • Impaksi Gigi Bungsu

Jika gigi bungsu  atau gigi geraham ketiga tumbuh dengan benar maka tidak akan terjadi masalah, tetapi bila gigi bungsu tumbuh dalam posisi miring maka akan menyebabkan impaksi. Gigi bungsu yang tumbuh miring dapat menyebabkan dampak buruk pada gigi lainnya karena bisa menyebabkan kerusakan akibat impaksi, menyebabkan kerusakan pada tulang rahang serta bisa mengakibatkan kerusakan saraf. 

  • Gigi Retak dan Patah

Gigi yang retak atau patah juga bisa menyebabkan rasa nyeri dan ngilu. Gigi retak bisa disebabkan oleh cedera ataupun trauma seperti jatuh atau karena menggigit sesuatu yang sangat keras hingga menyebabkan keretakkan pada gigi. Jika kondisi parah, maka gigi bisa patah. Gigi yang retak atau patah bisa menyebabkan penipisan enamel atau menyebabkan struktur gigi terluar terbuka sehingga bagian dentin gigi akan terekspos.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Memilih Asuransi Gigi Terbaik di Indonesia

  • Temporomandibular Disorder (TMD)

Temporomandibular Disorder (TMD) adalah kondisi kelainan otot rahang, sendi temporomandibular dan saraf yang berhubungan dengan nyeri wajah kronis. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kebiasaan menggertakkan gigi, mengalami cedera rahang atau kepala hingga mengalami peradangan sendi. 

Saat mengalami TMD, ada beberapa hal yang bisa terjadi seperti timbulnya rasa tidak nyaman pada rahang, kepala dan gigi, salah satu penyebab sakit gigi dan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif meski tidak ada masalah dengan gigi. 

  • Prosedur untuk Memutihkan Gigi 

Salah satu perawatan gigi yang bisa dilakukan adalah prosedur untuk memutihkan gigi seperti prosedur bleaching. Melakukan perawatan gigi untuk memutihkan gigi bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif 2 – 3 hari setelah melakukan prosedur. 

Salah satu dampak dari prosedur bleaching yang bisa dialami adalah merasakan iritasi gusi jika produk pemutih gigi menyentuh bagian gusi dan produk pemutih gigi juga bisa menyebabkan lapisan gigi menjadi lebih sensitif.

  • Perawatan Gigi

Melakukan perawatan gigi seperti pengeboran dan penambalan gigi bisa menyebabkan saraf semakin sensitif dan mengakibatkan sakit gigi. Beberapa perawatan gigi yang bisa menyebabkan gigi semakin sensitif adalah prosedur pembersihan karang gigi, perawatan saluran akar, pemasangan crown gigi dan dental restoration.

Obat Sakit Gigi 

Obat Sakit Gigi

Jika mengalami sakit gigi, harus segera ditangani untuk mencegah risiko perkembangan menjadi kondisi yang lebih serius. Namun, sakit gigi obatnya apa? 

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit gigi, karena itu terdapat banyak juga obat sakit gigi paling ampuh berdasarkan faktor penyebab sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa obat sakit gigi yang bisa digunakan untuk merawat kondisi gigi:

  • Hidrogen Peroksida 3%

Obat sakit gigi paling ampuh untuk menangani sariawan dan radang gusi adalah dengan hidrogen peroksida 3% yang merupakan antiseptik cair, biasanya sebagai obat kumur. Peran dari hidrogen peroksida sebagai obat kumur adalah untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan masalah gigi dan gusi.

Larutkan cairan hidrogen peroksida dalam air dan gunakan untuk kumur – kumur selama 30 detik, setelah dibuang pastikan untuk berkumur dengan air bersih. Hidrogen peroksida perlu dilarutkan dalam air untuk mencegahnya melukai mulut dan gusi. 

  • Paracetamol

Paracetamol adalah obat NSAID yang merupakan obat antiinflamasi nonsteroid. Paracetamol bisa dijadikan obat sakit gigi karena bisa membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan. 

Untuk menangani rasa nyeri, menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang muncul, paracetamol adalah obat sakit gigi paling ampuh dan tidak kambuh lagi.Beberapa nama obat sakit gigi paracetamol adalah panadol, biogesic, sumagesic, bodrex, dan lainnya.

  • Ibuprofen

Selain paracetamol, ibuprofen juga merupakan obat NSAID, tetapi pastikan untuk tidak mengonsumsi ibuprofen dengan perut kosong karena bisa melukai lambung. 

Ibuprofen adalah obat sakit gigi paling ampuh untuk mengurangi masalah peradangan yang umum terjadi saat mengalami nyeri pada gigi. Beberapa nama obat sakit gigi yang merupakan ibuprofen adalah Brufen, Proris, Arfen, Advil, Motrin dan lainnya.

Baca Juga : Jangan Anggap Sepele Penyebab Sariawan! Ketahui Cara Mengobatinya Sekarang!

  • Antibiotik 

Antibiotik adalah obat untuk sakit gigi yang aman untuk ibu hamil karena merupakan obat yang umum diberikan selama masa kehamilan. Beberapa nama obat sakit gigi dalam bentuk antibiotik yang aman untuk ibu hamil adalah Penisilin, Eritromisin dan Klindamisin.

  • Cataflam 

Cataflam adalah obat NSAID seperti paracetamol dan ibuprofen. Salah satu kandungan yang ada di cataflam adalah diclofenac potassium yang berfungsi untuk menghambat enzim dari memicu rasa nyeri di area yang rusak atau luka seperti gusi bengkak atau gigi berlubang, karena itu cataflam adalah salah satu obat sakit gigi berlubang paling ampuh.

super sp3ktaday 11.11

Nah, itulah penjelasan mengenai sakit gigi dan obat sakit gigi. Meski banyak dari penyebab sakit gigi yang tidak membahayakan nyawa, tetapi jika mengalami sakit gigi segera diobati agar tidak berkembang semakin parah. Proteksi kesehatan mulut bisa dengan asuransi kesehatan, lho. Super Easy Health dari Super You adalah asuransi kesehatan yang memberikan proteksi kesehatan menyeluruh hanya dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait