Sejarah Timnas Argentina

Menjelang kedatangan Leo Messi dan kawan-kawannya ke Indonesia, sepertinya menarik kalau kita ikut mengupas sejarah Timnas Argentina. Nah, jangan mengaku pecinta sepak bola kalau kamu belum mengenal Timnas Argentina satu ini!

Nama tim nasional sepak bola  Argentina semakin populer aja nih, Teman SUPERjuangan. Pada tahun lalu, timnas Argentina berhasil menjuarai pertandingan Piala Dunia 2022. Wah, lagi-lagi menambah catatan sejarah Argentina dalam dunia sepak bola.

Meski begitu, nggak tanggung-tanggung, timnas kita berani mengajak juara Piala Dunia 2022 tersebut untuk bertanding langsung di Indonesia, guys. Pertandingan Argentina vs Indonesia merupakan laga FIFA Friendly Match Day pada 19 Juni 2023 mendatang.

Tapi, sebelum membahas pertandingan Argentina vs Indonesia, yuk kupas tuntas dulu sejarah Timnas Argentina yang sayang banget untuk dilewatkan!

Table of Contents

Berawal dari Tahun 1867

Sejarah Timnas Argentina Berawal dari Tahun 1867

Argentina adalah salah satu negara di bagian Amerika Selatan. Di sana, sepak bola bukan hanya dianggap sekadar olahraga, tetapi juga nilai kehidupan bermasyarakat. Bahkan, hampir setiap hari masyarakat membahas sepak bola layaknya nyawa bagi mereka. 

Sejarah Argentina menuliskan bahwa sepak bola mulai dimainkan pada tahun 1867. Bermula dari sekelompok pemain Inggris yang tinggal di ibu kota Argentina, yaitu Buenos Aires. Sekelompok pemain Inggris tersebut tengah bermain bola di lapangan terbuka. 

Terinspirasi akan hal itu, terbentuklah sebuah klub sepak bola pertama Argentina bernama Quilmes Atletico Club pada tahun 1891. Maka, dua tahun kemudian dari kota yang sama, didirikan Asociación del Fútbol Argentino (AFA), federasi sepak bola Argentina pertama untuk menaungi klub bola tersebut.

Nggak berhenti sampai di sana, AFA juga mengadakan liga sepak bola Argentina untuk pertama kalinya bernama Liga Argentina de Football. Liga ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan serta mempersiapkan para pemain Argentina dalam kancah internasional.

Partisipasi Pertama Timnas Argentina

Pertandingan Pertama dalam Sejarah Timnas Argentina

Timnas Argentina adalah tim yang mewakili Argentina dalam berbagai pertandingan sepak bola internasional. Per tahun 2023, dalam sejarah Timnas Argentina berhasil menduduki peringkat pertama FIFA sebagai tim terbaik setelah melewati perjalanan yang panjang.

Pada 1901, Timnas Argentina memulai debutnya dalam kejuaraan Amerika Selatan. Menariknya, tim nasional sepak bola Argentina berhasil membawa kemenangan 3-2 melawan Timnas Uruguay. Padahal ini merupakan pertandingan pertama dalam sejarah Argentina.

Kemudian pada tahun 1924, pemain Argentina kembali bertemu dengan pemain Uruguay, meski hanya pertandingan persahabatan aja. Beruntungnya, nggak sampai 15 menit permainan, salah seorang pemain Argentina, yaitu Cesareo Onzari mencetak gol dari tendangan sudut tanpa ada pemain lain yang menyentuh bola.

Saat kejuaraan Amerika Selatan edisi tahun 1929, Timnas Argentina semakin tak terkalahkan setelah gelar kedua berturut-turut. Tim nasional sepak bola Argentina menambah catatan kemenangannya dalam sejarah Timnas Argentina. Keren ya!

Kemenangan Timnas Argentina di Piala Dunia

Kemenangan Timnas Argentina di Piala Dunia

Argentina juara Piala Dunia berapa kali? Ini menjadi pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Yuk, simak sejarah Timnas Argentina berikut ini supaya kamu nggak penasaran lagi Argentina juara Piala Dunia berapa kali sih!

Jauh sebelum Piala Dunia 2022, Timnas Argentina termasuk salah satu negara yang ikut serta dalam Piala Dunia pertama, tepatnya tahun 1930. Piala Dunia pertama tersebut berlangsung di Uruguay sebagai tuan rumah. Sayangnya, tim nasional sepak bola Argentina hanya menduduki peringkat ketiga. 

Pantang menyerah, setelah 48 tahun, sejarah Timnas Argentina berhasil mencatat kemenangan pertamanya dalam Piala Dunia edisi 1978. Pemain Argentina ternama, seperti Mario Kempes, Daniel Passarella, dan Osvaldo Ardiles ikut bermain mengalahkan Belanda di final dengan skor 3-1.

Nggak sampai di situ, sejarah Timnas Argentina kembali meraih juara Piala Dunia  1986 untuk kedua kalinya. Nah, dalam sejarah Argentina kali ini ikut mengangkat sejumlah bintang pemain Argentina, yaitu Diego Maradona dan Jorge Valdano yang berhasil mencetak gol 3-2 atas Jerman Barat.

Dan yang masih hangat adalah Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Berselang 36 tahun menanti, akhirnya sejarah Timnas Argentina dalam kejuaraan Piala Dunia bertambah. Jadi, sekarang udah tau dong Argentina juara Piala Dunia berapa kali kan, guys?

Baca juga: Mau Nonton Sepuasnya? Ini Cara Download Video YouTube!

 

Julukan La Albiceleste dan Tango

Membahas sejarah Timnas Argentina juga nggak terlepas dari julukan La Albiceleste dan Tango. Teman SUPERjuangan, penasaran nggak sih artinya apa? Ini dia alasan tim nasional sepak bola Argentina dijuluki La Albiceleste dan Tango!

Kata La Albiceleste diambil dari Bahasa Latin yang berarti putih-biru langit. Kata ini merujuk pada bendera Argentina yang terdiri atas tiga garis horizontal berwarna biru muda, putih, dan biru muda lagi.

Warna bendera Argentina tersebut telah diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1812. Namun, bendera Argentina di baju para pemainnya baru digunakan saat melawan Uruguay, tepatnya partisipasi pertama mereka tahun 1901.

Sementara itu, julukan Tango diambil dari sebuah tradisi yang sebenarnya dilarang loh. Hanya saja, julukan ini seperti sudah melekat dengan sejarah Timnas Argentina. Bahkan, julukan Tango berhasil mencuri perhatian para penggemarnya hingga mancanegara.

Tango merupakan istilah yang menggambarkan musik dan tarian masyarakat kelas bawah yang dipanggil budak di Buenos Aires, ibu kota Argentina. Tarian tersebut dilakukan secara berpasangan sehingga bernuansa serasi dan romantis.

Nah, tradisi Tango dinilai cocok dengan gaya sepakbola timnas satu ini yang terlihat simple tapi serasi untuk menciptakan gol. Meski tradisinya telah dilarang, kata Tango justru nggak pernah hilang dan sekarang makin terkenal, guys!

Mengenal Sang Kapten, Pemain Terbaik Dunia

Mengenal Leo Messi, Sang Kapten Argentina

Selain julukan, membahas sejarah Timnas Argentina kurang lengkap rasanya kalau belum membicarakan pemain Argentina yang saat ini sebagai kapten, yaitu Leo Messi. Leo Messi juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di dunia loh. Mengenal lebih dekat sang kapten, yuk!

Timnas Argentina dianggap telah melahirkan bintang-bintang, alias pemain sepak bola yang hebat. Salah satunya Leo Messi, yang memiliki nama lengkap Lionel Andres Messi. Leo Messi lahir di Rosario, Argentina pada tanggal 24 Juni 1987. Yup, Leo Messi berzodiak Cancer, guys!

Leo Messi memulai karirnya dengan bergabung dalam klub Newell’s Old Boys yang berada di kampung halamannya sendiri. Setelah itu, Leo Messi bergabung dengan klub Barcelona sejak usia 13 tahun. Tapi, debut kompetitif internasionalnya baru di usia ke-17 tahun. 

Pada tahun 2005, Leo Messi pertama kali dipanggil untuk ikut bertanding melawan Hungaria dalam Timnas Argentina senior. Baik di tim nasional sepak bola Argentina maupun klub Barcelona, posisi Leo Messi adalah sebagai penyerang atau striker

Sepanjang karirnya, hingga kini Leo Messi berhasil mencetak sebanyak 800 gol loh. Selain itu, Leo Messi juga menerima penghargaan, mulai dari Piala Dunia, Copa America, penghargaan klub, bahkan penghargaan perseorangan, seperti Balloons d’Or dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia yang membuat Leo Messi dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa sama sekali nggak terbantahkan! Teman SUPERjuangan, apakah kamu juga mengidolakan Leo Messi?

Argentina vs Indonesia

Pertandingan Argentina vs Indonesia 2023

Menjawab kabar yang sempat simpang siur, PSSI sudah memastikan pertandingan Argentina vs Indonesia dalam laga FIFA Friendly Match Day 2023. Pertandingan ini akan berlangsung pada tanggal 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pertandingan Argentina vs Indonesia ternyata bukan yang pertama kali dalam sejarah Timnas Argentina, guys. Faktanya, Indonesia tercatat pernah menghadapi Argentina pada Piala Dunia edisi 1979 yang bergulir di Jepang. Sayangnya, kala itu Indonesia harus kalah telak dari Timnas Argentina.

Lalu, apa sih FIFA Friendly Match Day 2023 itu? FIFA Friendly Match Day adalah ajang uji coba resmi yang diselenggarakan oleh FIFA bagi negara-negara yang tergabung sebagai anggota. Pertandingan Argentina vs Indonesia kali ini akan menaikkan poin dan memperbaiki peringkat tim yang menang pada FIFA.

Siapa sih yang nggak mau bertemu Leo Messi secara langsung? Nah, untuk pembelian tiketnya dilakukan secara online, mulai 5 Juni 2023 sampai dengan 7 Juni 2023 melalui website Tiket.com. Harga tiket diperkirakan mulai Rp600.000 hingga Rp4.250.000 sesuai kategori kursi yang kamu pilih. 

Wah, pertandingan Argentina vs Indonesia kali ini pasti menambah catatan sejarah Timnas Argentina dan Timnas Indonesia! Jadi, tim mana nih yang bakal kamu dukung dalam pertandingan Argentina vs Indonesia nanti?

Baca juga: Bukan Pinjol, Ini Tips Bisa Nonton Konser atau Pertandingan!

Nah, itu dia seputar sejarah Timnas Argentina! Nggak perlu sedih kalau gagal ketemu Babang Messi di Jakarta, pilih yang pasti-pasti aja, yuk! Super You menyediakan Super Easy Health, mulai Rp4.500 aja per hari, risiko keuangan kamu karena rawat inap atau kecelakaan siap ditanggung!

Artikel Terkait