manfaat olahraga

Kaya dengan kandungan gizi, buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mampu untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda setiap harinya.

Apa sih manfaat buah naga? Buah naga adalah buah yang hanya bisa tumbuh di daerah subtropis dan tropis, salah satunya adalah Indonesia. Buah yang menyerupai sisik naga ini memiliki kandungan gizi yang banyak.

Kandungan gizi yang ada di dalam buah naga, yaitu protein, lemak, karbohidrat, serat, kalium, zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan masih banyak lagi. Begitu banyaknya nutrisi dan vitamin yang ada di dalam buah naga, sehingga seringkali buah ini disebut sebagai makanan super atau superfood. Untuk Anda yang mungkin masih belum banyak tahu manfaat buah naga, berikut ini beberapa ulasannya.

Table of Contents

Apa Saja Manfaat Buah Naga?

Apa Saja Manfaat Buah Naga

  • Melancarkan Pencernaan

Siapa yang masih memiliki pada pencernaan? Pasti belum tahu ya kalau salah satu manfaat buah naga ini mampu melancarkan pencernaan Anda. Mengandung prebiotik, buah naga ini mampu meningkatkan keseimbangan bakteri baik dalam usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mengalahkan bakteri jahat. Untuk mendapatkan khasiat buah naga merah yang sempurna, Anda bisa mengonsumsi buah naga secara teratur.

Baca Juga : 7 Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan Tubuh

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anda yang memiliki imunitas lemah, manfaat buah naga merah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu kandungan vitamin C-nya juga mampu membantu untuk mengatasi batuk dan asma. Namun, rupanya vitamin ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, lho!

  • Meningkatkan Zat Besi dalam Tubuh

Manfaat buah naga termasuk salah satu jenis yang kaya zat besi. Tentu zat besi termasuk salah satu gizi penting yang harus ada di dalam tubuh. Sebab, zat besi memiliki fungsi untuk memecahkan makanan menjadi energi. Nah, agar zat besi dalam tubuh Anda tetap terpenuhi, pastikan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin.

  • Menjaga Kulit Tetap Kencang dan Elastis

Manfaat buah naga selanjutnya adalah menjaga kulit. Buah naga merupakan sumber antioksidan yang tinggi akan vitamin C. Kandungan ini sangat diperlukan untuk menjaga kulit agar tetap kencang, elastis dan tentunya dapat mengurangi penuaan dini.

  • Meredakan Flu dan Batuk

Meskipun bukan sebagai pengganti obat, manfaat buah naga juga bisa membantu meredakan flu dan batuk. Kandungan vitamin C dari buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mempercepat penyembuhan flu dan batuk.

Baca Juga : Ketahui 4 Buah Beri yang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan!

  • Menurunkan Berat Badan

Sama dengan jenis lainnya, buah naga juga dipercaya bisa menurunkan berat badan, lho. Anda bisa menjadikan buah naga sebagai camilan sehat setiap harinya karena buah ini mengandung serat dan rendah kalori. Karena, Kalori buah naga ini sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Anda akan merasa kenyang yang cukup lama, sehingga bisa mengatasi makanan-makanan lainnya yang masuk ke dalam perut.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah naga berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan mineral, termasuk magnesium kalsium, dan fosfor setidaknya bisa membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Namun, untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, tetap dibantu dengan air putih ya.

  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Selain bayi, ibu hamil juga termasuk orang yang membutuhkan banyak nutrisi, tentu buah naga termasuk jenis buah yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Manfaat buah naga untuk ibu hamil ini bisa mencegah bayi lahir cacat atau mengatasi sembelit. Sebab, buah naga diperkaya dengan zat besi, vitamin C, vitamin D, dan juga kalsium.

  • Mengurangi Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam buah naga dapat membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat buah naga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan darah. Anda yang mengalami anemia, bisa mengonsumsi sel darah merah untuk meminimalisirkan risiko tersebut.

Itulah manfaat buah naga untuk kesehatan yang bisa anda konsumsi. Masih banyak manfaat buah naga yang bisa anda ketahui seperti meredakan nyeri pada kulit akibat terbakar sinar matahari, mengurangi jerawat, mengatasi radang sendi, mencegah kanker, dan lain-lain. Yuk, mulai ganti cemilan Anda dengan yang lebih sehat, salah satunya buah naga.

super easy health terbaru

Artikel Terkait