manfaat niacinamide untuk wajah

Sebelum ini kita membahas mengenai manfaat penggunaan retinol untuk wajah, hari ini kita akan membahas mengenai manfaat penggunaan niacinamide untuk wajah.

Mari kita mulai dengan apa sih niacinamide itu?

Niacinamide yang juga dikenal sebagai Nicotinamide ada salah satu bentuk dari vitamin B3 atau juga dikenal sebagai Niacin. Vitamin B3 atau Niacin merupakan vitamin B kompleks yang dapat ditemui pada makanan seperti kacang-kacangan, susu, daging, ikan, telur, dan sayur.

Niacin memiliki banyak yang salah satunya adalah mempertahankan kemudaan kulit dengan menjadi antioksidan, dan melindungi tubuh dari sel rusak yang bisa berdampak negatif. Niacin juga memproduksi energi yang dibantu oleh sirtuin, dan bisa memperlambat gen yang berkontribusi pada proses penuaan.

Niacinamide yang merupakan turunan dari vitamin B3 juga banyak digunakan dalam perawatan kulit atau skincare, dan menjadi salah satu bahan yang banyak dicari di pasaran.

Kandungan niacinamide banyak digunakan pada produk perawatan kulit seperti di sabun cuci muka, toner, pelembab, masker, dan serum.

Manfaat Niacinamide

1. Mengatasi Kulit Berjerawat

Dengan kamu mengoleskan krim niacinamide maka dapat mengurangi kulit wajah yang berjerawat (jenis jerawat pustula dan papula). Niacinamide juga secara langsung dapat memperbaiki kondisi kulit yang beruntusan. Penggunaan niacinamide harus dilakukan secara rutin. Manfaatnya akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan retinol.

2. Perlindungan terhadap Radikal Bebas

Manfaat niacinamide yang kedua adalah melindungi kulit dari radikal bebas, ultraviolet matahari, dan polusi. Dengan antioksidan yang ada di dalam niacinamide maka juga dapat memperbaiki DNA yang rusak.

3. Mengatasi Keriput

Jika wajah kamu mulai menunjukan adanya tanda keriput dan garis halus maka dapat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung niacinamide. Penggunaan produk perawatan wajah dengan kandungan niacinamide sebanyak 5% ternyata dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

4. Menghilangkan Noda Hitam

Skin care yang mengandung niacinamide sebanyak 5% dapat membantu memudarkan noda hitam pada kulit wajah.