Manfaat Penggunaan Niacinamide

Teman SUPERjuangan, memiliki kulit yang sehat adalah dambaan semua orang. Meski kesehatan dan kecantikan kulit dinilai cenderung diminati oleh kebanyakan perempuan, tapi nggak sedikit juga lho laki-laki yang senang merawat kulit.

Nah, belakangan ini orang mulai menyadari namanya skincare, sebagai salah satu kegiatan perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Tren skincare terus tumbuh dan berkembang dengan cepat, seperti sebelumnya kita pernah membahas seputar manfaat retinol.

Sementara tren tersebut datang dan pergi, kandungan klasik skincare tidak pernah ketinggalan zaman, guys! Yup, niacinamide, salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam produk skincare. Karena itu, kali ini kita akan membahas manfaat penggunaan niacinamide nih, Teman SUPERjuangan!

Baca juga: Perawatan untuk Wajah Pria yang Nggak Kalah Penting!

Mari Kita Mulai dengan Apa Sih Niacinamide Itu?

Apa itu niacinamide? Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3. Pada umumnya, vitamin B3 merupakan vitamin B kompleks banyak ditemui pada berbagai jenis makanan, seperti kacang-kacangan, susu, telur, sayur, ikan, dan daging ayam.

Nah, pasti bikin kita bertanya-tanya nih, sebenarnya kandungan niacinamide untuk apa? Di dalam kandungan niacinamide itu terdapat antioksidan yang tinggi, penting untuk membantu regenerasi atau perbaikan sel. Niacinamide juga memproduksi energi yang dibantu oleh sirtuin dan memperlambat gen yang berkontribusi pada proses penuaan.

Karena fungsi niacinamide tersebut, turunan dari vitamin B3 ini banyak digunakan dalam perawatan kulit, bahkan menjadi salah satu bahan yang paling banyak dicari di pasaran. Seperti, pada sabun cuci muka, toner niacinamide, serum niacinamide, pada pelembap, masker, serta sunscreen.

Berdasarkan penelitian pun, produk skincare yang mengandung fungsi niacinamide tersebut cocok untuk semua jenis kulit, bahkan dianggap punya tingkat toleransi tinggi terhadap kulit sensitif.

Manfaat Penggunaan Niacinamide

Manfaat Niacinamide

Pasti kita sudah pernah mendengar manfaat penggunaan niacinamide yang tidak asing lagi, misalnya aja manfaat niacinamide untuk mengatasi jerawat, komedo, dan hiperpigmentasi, alias warna kulit wajah yang tidak merata.

Tapi, sebenarnya masih ada banyak lagi lho manfaat penggunaan niacinamide yang baik untuk kulit wajah kita. Selain itu, manfaat niacinamide yang akan kita bahas ini bakal menjadi alasan kenapa sih kandungan niacinamide harus ada dalam produk skincare kamu. Yuk, cari tau apa aja manfaat penggunaan niacinamide di bawah ini!

  • Mengatasi Kulit Berjerawat

Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide, seperti facial wash, toner, ataupun serum niacinamide mampu mengatasi kulit wajah yang berjerawat, diantaranya jenis jerawat pustula dan papula. Manfaat penggunaan niacinamide juga secara langsung dapat memperbaiki kondisi kulit yang beruntusan

  • Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Manfaat niacinamide yang kedua adalah melindungi kulit kita dari radikal bebas, sinar ultraviolet, dan polusi. Dengan antioksidan yang ada di dalam niacinamide juga dapat memperbaiki DNA kulit wajah yang rusak. Bahkan kamu nggak usah ragu lagi memilih jenis sunscreen yang mengandung niacinamide, guys!

  • Menyamarkan Garis-Garis Halus

Jika wajah mulai menunjukan adanya tanda-tanda penuaan, kita bisa menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide. Penggunaan produk skincare dengan kandungan ini, seperti toner ataupun serum niacinamide sebanyak 5% ternyata dapat membantu mengatasi keriput, kerutan, dan garis halus.

  • Menghilangkan Noda Hitam

Radikal bebas dari sinar matahari, polusi udara, bahkan kurang tidur biasanya akan meninggalkan noda hitam pada kulit wajah. Nah, manfaat penggunaan niacinamide sebanyak 5% secara rutin diyakini mampu memudarkan noda hitam pada kulit wajah kita. Karena itu, manfaat niacinamide mampu mencerahkan kulit wajah kita secara merata.

  • Mengurangi Produksi Minyak

Jika wajah kamu cenderung berminyak, kamu dapat mempertimbangkan kandungan niacinamide lho. Manfaat niacinamide yang satu ini dapat mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga produksi minyak yang berlebih juga ikut berkurang.

  • Meningkatkan Kelembapan Wajah

Ketika produk skincare yang mengandung bahan ini, misalnya toner, pelembap, atau serum niacinamide dioleskan, manfaat niacinamide yang paling kentara adalah membuat kulit wajah kita terasa lebih lembap dan halus. Karena itu, manfaat penggunaan niacinamide satu ini juga mampu melawan kulit wajah yang kering.

  • Memperkuat Skin Barrier

Niacinamide mampu mendorong produksi Ceramide, alias asam lemak alami pada kulit wajah. Fungsi niacinamide yang satu ini ternyata masih jarang diketahui orang lho. Oleh sebab itu, manfaat niacinamide dapat mempertahankan dan memperkuat skin barrier (lapisan teratas kulit) sehingga kulit wajah kita bebas dari kemungkinan terjadinya iritasi.

  • Melawan Stres Jenis Oksidatif

Manfaat penggunaan niacinamide diyakini dapat melawan stres oksidatif atau stres lingkungan, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, atau karena racun. Hal ini tentu dibantu oleh manfaat niacinamide yang kaya akan antioksidan.

  • Mencegah Kanker pada Kulit Wajah

Ternyata selain dipakai untuk wajah, fungsi niacinamide juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Manfaat niacinamide diyakini dapat membantu mencegah kanker kulit melanoma.

  • Aman untuk Kulit Sensitif!

Guys, kabar baik lainnya adalah niacinamide bersifat sangat lembut sehingga aman untuk kulit wajah yang sensitif. Berdasarkan penelitian pun, manfaat penggunaan niacinamide tidak menimbulkan iritasi atau alergi. Bahkan, kulit wajah yang memiliki gangguan peradangan kulit seperti eksim, tetap bisa banget kok merasakan manfaat niacinamide.

Perhatikan Ini Sewaktu Memilih Niacinamide…

Somethinc Serum Niacinamide

Dalam rangkaian skincare, serum dianggap sebagai perawatan tambahan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Kadar konsentrasi serum niacinamide pun bervariasi. Sebagian besar perumusan kadar serum niacinamide adalah 2% hingga 5%. Beberapa ulasan memperlihatkan bahwa kadar niacinamide tersebut sudah efektif untuk mengatasi kerusakan dan hiperpigmentasi akibat sinar matahari.

Niacinamide memang aman digunakan untuk semua jenis kulit. Meskipun begitu, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, mulailah dengan kadar niacinamide serum yang lebih rendah. Hal ini dapat membantu kulit kamu beradaptasi pelan-pelan terhadap manfaat penggunaan niacinamide. Barulah kamu boleh meningkatkan penggunaan niacinamide dengan kadar yang lebih tinggi selagi aman.

Salah satu brand skincare lokal sedang ramai diperbincangkan di jagat media sosial lho. Yup, namanya Somethinc karena produk skincare mereka, yaitu serum niacinamide. Serum Somethinc Niacinamide dikenal memiliki dua varian kadar kandungan niacinamide di dalamnya, antara lain serum niacinamide 5% dan serum niacinamide 10%.

Kedua varian serum Somethinc Niacinamide tersebut sama-sama dilengkapi dengan moisture beet. Hanya saja, letak perbedaan keduanya adalah niacinamide serum 5% cocok untuk pemula yang ingin merasakan manfaat niacinamide. Sedangkan, niacinamide serum 10% akan lebih aman untuk pengguna yang sudah lama dan terbiasa terhadap manfaat penggunaan niacinamide.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Punggung!

Cara Menggunakan Serum Niacinamide

Niacinamide merupakan produk skincare yang sedang populer dan telah dibuktikan efektivitasnya. Namun, penggunaan niacinamide yang salah justru menghilangkan fungsi niacinamide, bahkan dapat berdampak buruk untuk kulit wajah lho. 

Nah, berikut ini cara menggunakan serum niacinamide yang benar saat rutinitas skincare:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash.
  2. Setelah wajah kering, gunakan toner.
  3. Lakukan eksfoliasi (opsional, mengingat batasnya adalah 2-3 kali seminggu).
  4. Aplikasikan 5-10 tetes serum niacinamide pada kulit wajah secara merata.
  5. Kalau serum niacinamide sudah menyerap dengan baik, lanjutkan dengan moisturizer atau pelembap.
  6. Nah, jangan lupa gunakan sunscreen jika melakukan rutinitas skincare pagi ya!

Efek Samping Niacinamide

Cara Memakai Niacinamide

Pada umumnya, penggunaan niacinamide yang jenisnya topikal (ditujukan untuk pemakaian luar) jarang menunjukkan efek samping, karena itu fungsi niacinamide aman untuk digunakan bersama kandungan skincare lainnya. Nah, kandungan yang cocok digunakan dengan fungsi niacinamide adalah Peptide, Hyaluronic Acid, AHA, dan BHA.

Namun, ada juga bahan-bahan yang tidak disarankan digunakan bersama dengan niacinamide, yakni vitamin C. Meski niacinamide dan vitamin C adalah antioksidan, potensi keduanya menghilang saat digunakan satu sama lain. 

Meski niacinamide sangat cocok untuk semua jenis kulit dan jarang menunjukan efek samping, bukan berarti tidak memilikinya. Beberapa efek samping yang dapat terjadi pada penggunaan niacinamide adalah iritasi dan kemerahan pada kulit.

Karena itu, sebelum kamu memutuskan rutin untuk merasakan manfaat penggunaan niacinamide, coba lakukan namanya patch test terlebih dahulu. Patch test ini membantu kamu mengetahui kecocokan kulit terhadap niacinamide. Jadi, fungsi niacinamide pada kulit kita dapat bekerja optimal. 

Begini caranya:

  1. Bersihkan dan keringkan bagian kulit leher di bawah telinga.
  2. Oleskan serum niacinamide seukuran uang koin pada kulit bagian tersebut, lalu diamkan selama 24 jam.
  3. Jika tidak menimbulkan reaksi apa pun, artinya kamu cocok dengan manfaat penggunaan niacinamide serum. Sebaliknya, jika menimbulkan gatal, alergi, bahkan iritasi, kamu dianjurkan berhenti menggunakan niacinamide serum. Jangan lupa kembali cuci bersih bagian kulit tadi.

Baca juga: 7 Makanan Ini Sehat untuk Kulit Kamu!

Nah, itu dia manfaat penggunaan niacinamide. Gimana kamu jadi tertarik juga? Tapi, selain menjaga kesehatan kulit wajah dengan niacinamide, yuk lindungi juga diri kita secara menyeluruh! Caranya dengan asuransi kesehatan, kamu cuma perlu menyisihkan dana setara Rp4.500 aja kok per hari. Super You menyediakan Super Easy Health membantu kita meraih tubuh yang sehat tanpa takut adanya risiko finansial! Jadi, tunggu apalagi?

Artikel Terkait