tema agustus 2023

Setiap tahun bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan Indonesia yang disertai dengan tema tersendiri. Nah, apa yang menjadi tema Agustus 2023 ini? Mari ketahui detailnya di sini!

Table of Contents

Tahun lalu di masa dunia sedang maraknya dilanda Pandemi Covid-19, tema perayaan kemerdekaan tahun lalu adalah ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Sekarang di tahun 2023 ini, kita sudah jauh lebih aman dari ancaman Covid dan Indonesia bisa lebih fokus terhadap kemajuan yang telah dicapai dan untuk mendorong Indonesia menjadi lebih maju. 

Tema untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Indonesia untuk hari kemerdekaan yang jatuh pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 secara resmi dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Republik Indonesia, tetapi tidak hanya tema hari tersebut, tetapi juga ada logo dengan artinya tersendiri. 

Biasanya tema dan logo yang digunakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dibikin untuk membantu menyusun konsep serta berbagai kegiatan yang sesuai saat merayakan hari kemerdekaan. Simak lengkapnya tema Agustus 2023 ini!

Tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 78!

tema agustus 2023

Tema Agustus 2023 untuk hari kemerdekaan tahun ini memiliki tema tertentu. Berdasarkan Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dirilis oleh Kemensetneg RI, tema yang bagus untuk acara 17 Agustus tahun ini adalah ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Pesan yang ingin disampaikan dari tema Agustus 2023 tersebut adalah untuk memberikan gambaran, serta mengingatkan masyarakat Indonesia akan pencapaian yang telah diraih untuk pembangunan negara dan berharap bisa menjadi dorongan penyemangat bangsa Indonesia untuk terus maju. 

Mengambil tema Agustus 2023 ini, konsep estafet digunakan untuk menyemangati masyarakat Indonesia untuk tidak berhenti membuat progres dan lanjut berlari ke depan untuk meraih pencapaian selanjutnya. 

Mengapa tema Agustus 2023 ini mengambil konsep estafet? Karena harapan untuk masyarakat Indonesia kedepannya untuk seperti para pelari estafet, memancarkan semangat kolektif dan harmonis serta terus berkolaborasi dan sinkronisasi irama, gerak dan sinergi pikiran para pelari yang mengejar satu tujuan yang sama.  

Logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 78!

Logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 merupakan perpaduan dari angka tujuh dan angka delapan. Dari logo tersebut, bisa dilihat bahwa angka tujuh dari logo diwarnakan penuh, solid berwarna merah, sedangkan angka delapan dari logo mengandung lima garis berwarna merah, seperti lapangan lari.

Logo yang digunakan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang juga Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 78 di desain oleh Katarina Monika yang juga dikenal akrab sebagai Monik. Ia adalah seorang Creative Director di SOSJ Design Bureau and Consultancy dan juga seorang lulusan dari Universitas Pelita Harapan atau lebih dikenal sebagai UPH. 

Aslinya sebelum logo Monik dipilih, termasuk rancangan Monik, terdapat lima logo rancangan desainer yang merupakan bagian dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) yang diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dipilih. 

Dari semua rancangan tersebut, desain Monik lah yang berhasil mengambil hati Presiden Jokowi. 

“Dipilih oleh Bapak Presiden satu logo terbaik yang atas nama desainer Sdri. Katarina Monika yang bertema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.” Ujar Restog Krisna Kusuma sebagai Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Konsep dari logo yang di desain oleh Monik memiliki tujuan tertentu, yakni untuk mengajak masyarakat Indonesia mengingat perjuangan yang perlu ditempuh untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia 78 tahun yang lalu dan bahwa Indonesia  berhasil meraih kemerdekaan karena kita adalah negara yang satu, enggan diadu domba dan tidak mau dipecah belah.

“Aku gak pernah mikir bakal menang, sampai sekarang juga mempertanyakan jujur ya kok aku bisa menang.” Ujar Monik mengenai kemenangannya. 

Makna Logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 78!

tema agustus 2023

Dengan tema Agustus 2023 yang sudah ditentukan, mari ketahui makna yang terkandung di dalam logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 ini! 

Di Dalam logo terdapat enam komponen yang terkandung loh, tidak hanya estafet saja, mari ketahui apa saja dan penjelasannya di bawah ini!

1. Estafet 

Makna yang pertama dan yang sudah disebutkan adalah estafet agar Indonesia bisa meneruskan perjuangan hingga kedepannya. Estafet pada logo dilambangkan dengan garis padat horizontal yang menyerupai tongkat estafet. 

Di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, harapannya untuk rakyat Indonesia bisa selayaknya olahraga estafet, kolektif dan bergotong royong sehingga dengan upaya bersama Indonesia bisa maju. Masyarakat lebih bersinergi dan satu irama asa dan bangsa. 

2. Terus Melaju

Makna yang tertera pada logo yang dipilih selanjutnya adalah angka tujuh yang menjadi bagian dari tahun ke-78. Angka tujuh yang dari logo tidak hanya melambangkan berapa tahun Indonesia telah merdeka. Untuk tema Agustus 2023 ini, angka tujuh tersebut berbentuk seperti arah panah ke atas yang melambangkan gerak maju. 

Mengapa angka tujuh dibentuk seperti arah panah yang menuju ke atas? Ini sebagai harapan agar masyarakat Indonesia bisa terus bergerak maju dan progresif untuk mencapai Indonesia yang maju.

3. Pancasila

Bagi Indonesia, Pancasila sangat penting karena itulah landasan Republik Indonesia. Tentunya Pancasila tidak bisa dilewatkan dalam logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 kan? 

Angka delapan yang ada pada logo terdiri dari lima garis melengkung membentuk angka tersebut dan juga menyerupai bentuk tak hingga atau infinity

Setiap garis yang ada pada angka delapan tersebut melambangkan lima sila dalam Pancasila yang menjadi landasan dari Indonesia.  

4. Tanggung Jawab Bersama 

Perpaduan antara angka tujuh yang merupakan garis padat dan angka delapan yang terdiri dari lima garis melambangkan tanggung jawab bersama masyarakat Indonesia. 

Bentuk solid yang digambarkan dalam angka tujuh melambangkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki tujuan yang sama. Hal ini dipadukan dengan bentuk angka delapan yang terdiri dari lima garis melingkar yang yang bermakna bahwa Negara Republik Indonesia itu beragam, baik dari suku, agama dan latar belakang. 

Ekspresi dan rasa tanggung jawab dipikul bersama selayaknya olahraga estafet yang kolektif dan bergotong royong agar bersama bisa menuju Indonesia maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Keberlanjutan 

Angka tujuh dan angka delapan yang ada di logo tidak terputus meskipun satu solid dan satu terdiri dari lima garis. Hal ini melambangkan keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak berhenti. Progres ini melibatkan semua elemen bangsa yang dimiliki untuk membangun negara dan bangsa yang adil makmur sentosa dan bergotong royong.

6. Globalisasi 

Angka delapan yang ada pada logo tidak hanya melambangkan berapa tahun Indonesia telah merdeka, tetapi juga merepresentasikan pola pikir global. 

Dengan pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat bisa membantu menghasilkan para pekerja unggul yang bisa bersaing di panggung dunia

Rayakan HUT RI ke-78 Dengan Twibbon 17 Agustus

tema agustus 2023

Twibbon merupakan bingkai foto digital yang banyak digunakan untuk merayakan momen dan peristiwa penting. Tentunya hari kemerdekaan menjadi momen penting yang wajib dirayakan karena itu mari meriahkan dengan twibbon 17 Agustus yang bisa diunduh di bawah ini!

  1. https://photowall.detik.com/hari-kemerdekaan-indonesia-1 
  2. https://photowall.detik.com/hari-kemerdekaan-indonesia-2 
  3. https://photowall.detik.com/hari-kemerdekaan-indonesia-3
  4. https://photowall.detik.com/hari-kemerdekaan-indonesia-4 
  5. https://photowall.detik.com/hari-kemerdekaan-indonesia-5 
  6. https://www.twibbonize.com/harlah89gpansor
  7. https://www.twibbonize.com/link-bidansedunia2023 
  8. https://www.twibbonize.com/link-paskah
  9. https://www.twibbonize.com/hut15bawaslu 
  10. https://www.twibbonize.com/indonesiamerdeka1945-2022 

Nah, itulah tema Agustus 2023 ini! Hari Kemerdekaan menjadi perayaan setiap tahunnya agar masyarakat Indonesia tidak melupakan jasa pahlawan untuk memberikan kebebasan pada bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan juga menjadi penyemangat masyarakat untuk terus mengharumkan nama Indonesia. 

Jangan sampai sakit di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 dengan melindungi diri menggunakan asuransi kesehatan dari Super You yang mampu memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh! Tunggu apa lagi? Dapatkan sekarang dengan mengunjungi website Super You di https://superyou.co.id/.  

Artikel Terkait