Rekomendasi Obat Gatal Kulit Alami

Gatal yang biasa terjadi pada kulit biasanya sangat mengganggu aktivitas kebanyakan orang di dunia. Oleh karenanya sangat dibutuhkan obat gatal kulit alami untuk mengatasi hal yang demikian. Ada banyak faktor yang menyebabkan gatal pada kulit, salah satunya adalah reaksi dari alergi.

Pada saat gatal menyerang, biasanya seseorang akan menggaruk kulit mereka untuk meredakan rasa yang mengganggu itu. Tapi ada juga beberapa orang yang memakai obat gatal alami untuk mengatasinya.

Meski cara menggaruk sangat tidak disarankan oleh dokter, namun hal tersebut nyatanya banyak sekali masyarakat yang melakukan hal demikian padahal bisa menyebabkan terjadinya kulit kering, bersisik, dan muncul luka.

Hal ini justru akan memperparah kondisi. Dengan demikian, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar untuk mengatasi rasa gatal itu. Lalu, apa saja obat gatal kulit alami yang bisa kamu manfaatkan dan menjadikannya obat? Sebelum kesana, mari kita ketahui tentang kenapa sih ada yang namanya gatal? apa penyebab gatal? Yuk simak!

Penyebab kulit Gatal

Penyebab kulit Gatal
Sumber : https://www.freepik.com/

Ada berbagai penyebab gatal pada kulit, dan gejalanya dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab umum gatal pada kulit:

  • Kulit Kering

Kulit kering dan kekurangan kelembaban dapat menjadi penyebab utama gatal. Faktor seperti cuaca dingin, penggunaan sabun yang keras, atau kurangnya minum air dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Alergi

Reaksi alergi terhadap makanan, obat-obatan, bahan kimia dalam produk perawatan kulit, atau alergen lingkungan tertentu dapat menyebabkan gatal. Dermatitis kontak adalah jenis reaksi alergi yang umum pada kulit.

  • Gigitan Serangga atau Sengatan

Gigitan serangga atau sengatan bisa menyebabkan gatal dan reaksi kulit. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap gigitan tertentu.

  • Infeksi Kulit

Infeksi jamur, bakteri, atau virus pada kulit dapat menyebabkan gatal. Misalnya, kurap (ringworm), kutu air, atau infeksi herpes dapat menjadi penyebab gatal.

  • Eksim (Dermatitis Atopik)

Eksim adalah kondisi kulit yang kronis dan dapat menyebabkan kulit menjadi meradang, kering, dan gatal.

  • Iritasi Kimia

Paparan terhadap bahan kimia dalam sabun, deterjen, atau produk perawatan kulit tertentu dapat menyebabkan iritasi dan gatal.

  • Penyakit Autoimun

Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus atau psoriasis, dapat menyebabkan gangguan pada kulit dan gejala gatal.

  • Gatal Urat (Urticaria)

Gatal urat atau urtikaria adalah kondisi di mana bintik merah dan gatal muncul pada kulit sebagai respons terhadap alergen atau faktor pencetus tertentu.

  • Ibu Hamil

Beberapa wanita hamil mengalami gatal pada kulit sebagai akibat dari perubahan hormonal atau kondisi seperti kolestasis kehamilan.

  • Gatal Psikogeni

Stres, kecemasan, atau masalah emosional tertentu juga dapat menyebabkan gatal pada kulit.

Penting untuk dicatat bahwa gatal bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi, dan diagnosis yang tepat memerlukan evaluasi oleh profesional kesehatan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh, Mudah dan Alami

Beberapa Obat Gatal Kulit Alami yang Bisa Mengobati

Beberapa Obat Gatal Kulit Alami yang Bisa Mengobati
Sumber : https://www.freepik.com/

Gatal pada kulit adalah kondisi yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Pada beberapa kasus, gatal ini disebabkan oleh penyakit kulit yang membutuhkan penanganan dari seorang dokter. Namun, kalau kamu masih merasa gatal ringan, maka ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kalau kamu belum bisa mendapatkan obat gatal paling ampuh untuk menyembuhkan rasa tersebut. Bahan alami ini memang mungkin tidak akan cukup untuk menyembuhkan rasa gatal sepenuhnya, terutama jika disebabkan oleh penyakit kulit tertentu.

Bahan alami ini mungkin juga bisa memperparah kondisi karena bisa menimbulkan reaksi alergi yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa obat gatal tradisional yang diminum dan bisa kamu buat dengan mudah dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar kamu.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan produk alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk gatal-gatal. Pada dasarnya ramuan ini memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba serta mengandung senyawa steroid sehingga dapat digunakan sebagai obat alami gatal-gatal.

Selain itu, bahan alami ini juga dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa gatal. Tak hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk membersihkan kulit, mencegah infeksi, dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh. Kulit glowing bisa diatasi dengan lidah buaya dengan menggunakan gel langsung dari tanamannya. Kamu juga bisa menggunakan produk lidah buaya dalam bentuk gel atau krim.

  • Madu

Madu adalah pilihan lain untuk pengobatan alami untuk gatal gatal. Madu diketahui dapat membantu melembabkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, dan melawan bakteri. Hal ini dapat dilakukan melalui sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi pada madu.

Bahkan, madu juga disebut bisa membantu mengatasi air dan gatal-gatal secara tuntas, seperti dermatitis kontak. Madu bisa digunakan langsung dengan cara mengoleskannya pada area kulit yang terkena atau menggunakan krim yang mengandung madu.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk merawat kulit kering dan gatal. Bahan ini dapat menciptakan skin barier untuk mencegah kulit kehilangan air, sehingga kulit tidak terasa gatal atau kering.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri sehingga dapat mengatasi masalah kulit seperti gatal, kering, dan ruam.

Produk alami ini bisa langsung digunakan dengan cara mengoleskannya secara rutin pada area yang gatal. Namun, pastikan memilih minyak kelapa murni untuk menjaga kandungan antimikroba dan antioksidannya.

  • Cuka Sari Apel

Jika rasa gatal disebabkan oleh eksim, cuka apel mungkin bisa menjadi salah satu obat gatal alami yang bisa kamu coba. Senyawa alami ini dapat bekerja dengan menyeimbangkan pH atau tingkat keasaman kulit. Cuka sari apel juga disebut-sebut bermanfaat sebagai antiseptik dan penyembuhan luka.

Untuk memanfaatkan manfaat cuka apel untuk merawat kulit bercahaya, campurkan terlebih dahulu 1 sendok makan cuka apel dengan 250 ml air.

Lalu, oleskan campuran tersebut pada area kulit yang mengkilat menggunakan kapas. Hindari penggunaan cuka sari apel tanpa dicampur dengan air karena dapat memperparah iritasi.

Baca Juga : Gatal Di Malam Hari Apa Berarti Kudis? Mari Ketahui Kebenarannya!

  • Tea Tree Oil

Cara lain untuk merawat kulit tidak gatal adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Bahan alami ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi rasa gatal akibat reaksi alergi. Minyak pohon teh juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengecilkan dan membersihkan kulit.

Selain itu, minyak pohon teh juga dapat membantu mengatasi infeksi bakteri, virus, parasit, atau jamur pemicu gatal pada kulit. Untuk menggunakannya, campurkan minyak pohon teh dengan air hangat, lalu oleskan pada area kulit yang terkena beberapa kali sehari.

  • Oatmeal

Manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh sangat banyak, salah satunya sebagai obat anti gatal. Pilihlah jenis oatmeal koloid (oatmeal terkenal) yang terkenal dengan sifat antiinflamasi dan antioksidannya. Kandungan tersebut diyakini dapat mengurangi iritasi kulit dan mengurangi kekuatan kulit.

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada oatmeal juga dapat membantu mengatasi kulit kering, kasar, dan melembabkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, taburkan oatmeal koloidal di bak mandi, dan gunakan.

  • Peppermint

Peppermint cocok sebagai daun untuk obat gatal kulit alami karena menenangkan tubuh dan membantu mengurangi rasa gatal. Ramuan ini paling baik bila digunakan untuk mengobati gatal-gatal yang disebabkan oleh tanaman beracun atau gigitan serangga.

Pemanfaatan peppermint sebagai obat alami gatal-gatal dapat dilakukan dengan mencampurkan minyak daun peppermint dengan air. Hindari mengoleskan minyak peppermint langsung ke kulit karena dapat menimbulkan sensasi terbakar.

  • Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagaiobat gatal gatal pada kulit. Dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine bertajuk Clinical Evaluation of an Indian Polyherbal Topical Formulation in The Management of Eczema, penelitian dilakukan terhadap 150 orang penderita eksim.

Peneliti menggunakan krim yang mengandung kunyit selama empat minggu untuk mengatasi rasa gatal. Bagaimana hasilnya? Sekitar 30 hingga 32 persen pengurangan peradangan kulit dan gatal-gatal pada setiap subjek tes.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan bakterisidal. Kombinasi ini membantu mengobati peradangan dan gatal-gatal pada kulit.

Namun, krim kunyit dari penelitian ini juga memiliki sifat anti-inflamasi lain yang membantu menyembuhkannya. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dapat menyimpulkan bahwa kunyit saja dapat meredakan gejala eksim.

Demikianlah penjelasan kami tentang obat gatal kulit alami yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan di rumah. Ini juga menjadi suatu khasiat yang bermanfaat untuk cara menghilangkan gatal di badan secara alami. Banyak orang yang sudah mencoba dan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Sekarang, kamu juga sudah bisa menikmati asuransi kesehatan terbaik dengan pelayanan luar biasa dari Super Easy Health by Super You. Hanya dengan Rp4.500 saja per harinya, kamu sudah bisa mendapatkan pelayanan sempurna dari kami.

Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya!

Artikel Terkait