vitamin a

Dulu pas kecil pastinya sering disuruh untuk makan wortel kan? Ini karena wortel kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Namun, apa vitamin A hanya ada pada wortel? Bagaimana dengan manfaat vitamin A? Apa hanya untuk menjaga kesehatan mata? Tentu tidak ya. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin A dan lebih banyak lagi fungsi vitamin A dari menjaga kesehatan mata. Apa saja hal-hal tersebut? Mari ketahui di artikel ini!

Table of Contents

Apa itu Vitamin A?

Salah satu vitamin yang penting dalam tubuh manusia adalah vitamin A, salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak atau tidak dapat diserap langsung oleh tubuh. Vitamin A memiliki peran penting dalam berbagai fungsi biologis manusia, seperti dalam penglihatan, membantu pertumbuhan sel, menjaga sistem kekebalan tubuh hingga fungsi organ dalam.

Sumber vitamin A terbagi menjadi dua, yaitu retinol dan beta-karoten. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya.

  • Retinol

Retinol merupakan vitamin A yang berbentuk aktif. Biasanya sumber vitamin A ini dapat ditemukan dalam produk hewani, contohnya adalah dalam hati, susu dan produk susu lainnya.

  • Beta-Karoten 

Kebalikan dari retinol, beta-karoten merupakan provitamin A atau vitamin yang perlu diubah terlebih dahulu agar bisa menjadi vitamin. Biasanya sumber vitamin A ini banyak ditemukan di makanan tumbuhan, seperti sayur wortel, sayur bayam, ubi jalar dan berbagai sayuran lainnya yang berwarna oranye dan hijau tua.

Manfaat Vitamin A

Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan fungsi tubuh bekerja dengan baik. Mari ketahui apa saja manfaat vitamin A di bawah ini!

  • Kesehatan Mata 

Manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan normal mata tetap terjaga, terutama dalam kondisi ketika cahaya rendah. Jika vitamin A yang didapatkan kurang, maka berisiko mengalami kondisi kesehatan mata, seperti rabun malam.

  • Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan 

Selain manfaat vitamin A dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A juga membantu dengan pertumbuhan dan perkembangan sel, jaringan serta organ tubuh loh, makanya vitamin A untuk anak itu sangat penting.

  • Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat vitamin A lainnya adalah membantu memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi yang menyerang.

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin C untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Fungsi Vitamin A 

kacamata rabun jauh

Vitamin A dikenal untuk menjaga penglihatan, tetapi fungsi vitamin A tidak hanya itu loh. Masih banyak lagi fungsi dari vitamin A untuk menjaga kesehatan tubuh. apa saja itu? Yuk, pelajari di bawah ini!

  • Menjaga Penglihatan 

Vitamin A berperan dalam menjaga penglihatan yang baik. Vitamin memiliki peran penting dalam produksi rhodopsin, pigmen pada sel fotoreseptor pada retina yang bisa membantu menjaga penglihatan pada malam hari. 

  • Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan 

Vitamin A berperan dalam pertumbuhan sel tubuh dan membantu dalam perbaikan jaringan, karena itu vitamin A untuk anak anak sangat penting agar pertumbuhannya juga menjadi optimal. Namun, tidak hanya anak anak, vitamin A juga sangat penting untuk orang tua dengan fungsi pemeliharaan jaringan tubuh

  • Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu fungsi vitamin A lainnya adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Peran vitamin A untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk membantu tubuh dari melawan infeksi serta menjaga integritas selaput lendir agar bisa terus melindungi saluran pernapasan dan saluran pencernaan. 

  • Menjaga Kesehatan Kulit 

Salah satu fungsi vitamin A adalah menjaga kesehatan kulit. Vitamin A berperan dalam pertumbuhan sel dan memperbaiki jaringan, sehingga ketika kedua itu terjaga, maka kesehatan kulit juga akan terjaga.

  • Menjaga Paru-Paru

Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru. Fungsi vitamin A dalam ini adalah menjaga fungsi saluran pernapasan tetapi norman dan mencegah terjadinya penyakit paru-paru, seperti pneumonia.

  • Penyaringan di Dalam Ginjal

Fungsi vitamin A dalam menjaga kesehatan ginjal adalah untuk membantu penyaringan dan ekskresi limbah serta toksin dari dalam tubuh.

Makanan yang Mengandung Vitamin A 

Lalu apa saja sumber vitamin A yang bisa didapatkan dari makanan? Yuk, ketahui apa saja makanan yang mengandung vitamin A!

  • Produk Hewani yang Mengandung Vitamin A

Terdapat beberapa produk hewani sebagai makanan yang mengandung vitamin A, yakni:

  1. Hati sapi yang mengandung vitamin A sangat tinggi hingga 4.970 mcg per 100 gram. Meski hati sapi mengandung vitamin A yang tinggi, pastikan untuk membatasi konsumsi hati sapi karena jika kebanyakan vitamin A bisa menyebabkan nyeri tulang, pembengkakan, rambut rontok dan kerusakan liver. 
  2. Keju merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A. Dalam 100 gram keju terdapat vitamin A sebanyak 317 mcg dan juga mengandung vitamin D. Namun, pastikan untuk berhati-hati karena banyak keju yang dijual di pasaran mengandung garam yang cukup tinggi.
  3. Minyak ikan cod yang sering digunakan untuk suplemen omega-3 juga tinggi vitamin A. Dalam satu sendok teh minyak ikan kod setara dengan 1.350 mcg vitamin A loh. Selain itu minyak ikan kod juga baik untuk kelembaban dan menjaga fungsi mata.
  4. Ikan tenggiri juga merupakan makanan yang mengandung vitamin A, bahkan dalam 100 gram ikan tenggiri yang sudah dimasak, terkandung sebesar 252 mcg vitamin A.
  5. Telur rebus adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Dalam sebutir telur rebus mengandung 90 mcg vitamin A. Selain vitamin A, telur rebus juga kaya akan kolin, jadi kesehatan saraf, pasokan senyawa untuk otak dan kekuatan lapisan pelindung di dalam sel juga terlindungi.

Baca Juga: Mengenal Vitamin B Complex yang Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh

  • Buah yang Mengandung Vitamin A

buah yang mengandung vitamin a

Terdapat banyak produk buah buahan sebagai makanan yang mengandung vitamin A, yakni:

  1. Jeruk mungkin dikenal kaya akan vitamin C, meski hal ini benar tetapi jeruk juga merupakan buah yang mengandung vitamin A loh. dalam 1 buah jeruk terkandung 30 mcg vitamin A.
  2. Blewah jangan hanya dikonsumsi ketika bulan puasa karena ini adalah salah satu buah yang mengandung vitamin A tinggi! Dalam 160 gram buah blewah terdapat 270 mcg vitamin A.
  3. Mangga terkenal sebagai buah yang manis dan banyak digemari orang-orang, tetapi tidak hanya rasanya yang enak, buah mangga juga banyak khasiatnya! Manga merupakan buah yang mengandung vitamin A tinggi dengan 1 mangga mengandung 112 mcg vitamin A.
  4. Semangka tidak hanya memiliki banyak air dan elektrolit tetapi juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A tinggi, karena 100 gram buah semangka mengandung 28 mcg vitamin A dan 1 iris buah semangka mengandung 80 mcg vitamin A.
  5. Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin A tinggi karena 100 gram jambu biji mengandung 31 mcg vitamin A. 
  • Sayur yang Mengandung Vitamin A

Terdapat banyak produk sayuran sebagai makanan yang mengandung vitamin A, yakni:

  1. Bayam mungkin dikenal dengan kandungan zat besinya, tetapi sayur bayam juga mengandung vitamin A yang tinggi loh. Dalam 100 gram sayur bayam terdapat kandungan vitamin A sebesar 206 mcg. 

Namun, tidak hanya itu, bayam juga memiliki kandungan beta-karoten sebesar 3.670 mcg yang merupakan provitamin A dan akan menjadi vitamin A setelah diserap oleh tubuh.

  1. Tidak disangka bahwa paprika juga merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Dalam 100 gram paprika terdapat beta-karoten sebesar 222 mcg loh.
  2. Wortel mungkin adalah makanan yang mengandung vitamin A paling terkenal. Dengan warna oranye yang pekat, wortel mengandung beta-karoten yang tinggi sebesar 8.330 mcg per 100 gram, yaitu setara dengan 694 mcg vitamin A. 
  3. Selada juga merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Di dalam 100 gram sayur selada, terdapat 436 mcg vitamin A loh
  4. Tomat merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Di dalam 1 buah tomat terdapat vitamin A sebanyak 51 mcg.

Baca Juga: Jaga Imun, Cobain 13 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Kekurangan Vitamin A

tablet vitamin a

Dengan segitu pentingnya vitamin A untuk menjaga kesehatan tubuh, jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A, maka akan timbul berbagai macam masalah kesehatan seperti di bawah ini! 

  • Gangguan penglihatan 
  • Masalah kulit, seperti kulit kering
  • Masalah kesuburan 
  • Gangguan pertumbuhan janin dan anak

Kelebihan Vitamin A 

Vitamin A memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi jika berlebihan juga bisa menyebabkan komplikasi seperti di bawah ini!

  • Mengalami gangguan pencernaan, seperti diare dan mual serta muntah
  • Mengalami sakit kepala hingga gangguan kesehatan seperti vertigo 
  • Mengalami gangguan penglihatan 
  • Kulit yang menjadi semakin kering, bersisik hingga mengalami perubahan warna menjadi oranye. 

Lalu berapakah jumlah vitamin A yang pas agar tidak kekurangan vitamin A atau kelebihan vitamin A? 

  • Untuk balita disarankan untuk mendapatkan 400 IU per harinya.
  • Untuk anak usia 4 hingga 9 tahun disarankan untuk mendapatkan 450 – 500 IU per harinya.
  • Untuk remaja dan orang dewasa disarankan untuk mendapatkan 600 hingga 650 IU per harinya.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mendapatkan 900 hingga 950 IU per harinya.

Mendapatkan Vitamin A yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan diri, tidak hanya untuk mata, tetapi juga keseluruhan tubuh. Sama halnya dengan menjaga kesehatan finansial dan kesehatan diri dengan memiliki asuransi sebagai pelindung dari risiko apapun. Asuransi kesehatan dari Super You merupakan asuransi dengan harga terjangkau yang mampu memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait