vitamin b complex

Tubuh manusia tentu memerlukan banyak asupan nutrisi agar kesehatan serta fungsi-fungsi organ yang ada di dalamnya tetap terjaga. Tak terkecuali asupan vitamin b complex yang ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita, apalagi bagi kamu yang memiliki kegiatan cukup tinggi setiap harinya.

Kegunaan vitamin b complex sendiri cukup penting bagi tubuh kita untuk menjaga stabilitas tubuh manusia. Selain itu, khasiat vitamin b complex juga ternyata cukup berdampak bagi aktivitas manusia sehari-hari. Bahkan, melansir dari berbagai sumber, vitamin juga berperan penting dalam metabolisme tubuh.

Anyway, untuk membahas secara detail apa itu vitamin b complex, mari kita simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Table of Contents

Apa Itu Vitamin B Complex? 

Vitamin b kompleks adalah stimulus yang mampu mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh manusia. Jenis vitamin yang satu ini bisa menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan dengan baik.

Selain itu, vitamin b ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang dan mendukung kinerja tubuh manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sedikitnya, ada delapan jenis vitamin b complex yang biasa diketahui oleh masyarakat.

Setiap jenis vitamin b ini tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, semua vitamin b kompleks ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Baca Juga : Kenali Jenis Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh

Jenis Vitamin B Complex

Jenis Vitamin B Complex

Sesuai dengan namanya, vitamin b kompleks memiliki beberapa turunan vitamin yang kurang lebih dibagi kedelapan jenis. Masing-masing jenis ini tentu memiliki khasiat vitamin b kompleks yang berbeda pula.

Selain itu, dosis vitamin b kompleks yang ada pada masing-masing jenisnya juga tentu berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh manusia masing-masing. Lalu, apa saja jenis vitamin b complex yang ada di pasaran saat ini?

  • Vitamin B1 (Tiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niasin)
  • Vitamin B5 (Asan Pantotenat)
  • Vitamin B6 (Piridoksin)
  • Vitamin B7 (Biotin)
  • Vitamin B9 (Asam Folat)
  • Vitamin B12 (Cobalamin)

Manfaat Vitamin B Complex untuk Tubuh Berdasarkan Jenisnya

Banyak yang bertanya vitamin b complex untuk apa. Ternyata, vitamin b complex diciptakan karena memiliki banyak manfaaat untuk tubuh kita dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Tak sampai di situ, b complex juga sangat baik untuk menjaga fungsi saraf hingga meningkatkan kesehatan kulit.

Fungsi vitamin b complex tentu berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Oleh karena itu, ini menjadi informasi yang sangat penting untuk kamu pahami dan juga ketahui.

  • Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 Tiamin

Jenis vitamin b complex B1 juga sering disebut sebagai Tiamin. Manfaat vitamin b complex ini adalah untuk membantu menjaga fungsi serta perkembangan sel dalam tubuh manusia. Tak hanya itu, vitamin B1 ini juga memiliki fungsi membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat dalam makanan menjadi energi.

Tiamin juga masuk ke dalam kelompok vitamin neurotropik yang artinya fungsi lain dari vitamin B1 adalah ikut membantu menjaga kesehatan sistem saraf. Kamu juga bisa mendapatkan nutrisi dari vitamin B1 dari jenis makanan seperti daging, ikan, daging sapi, biji-bijian sereal, dan makanan sejenis lainnya.

  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin atau nama lain dari vitamin B2 memiliki manfaat yang tak kalah dengan Tiamin. Riboflavin diperuntukkan untuk menjaga kesehatan mata, kulit, serta sistem saraf di dalam tubuh manusia. Vitamin B2 ini juga berperan dalam proses produksi sel darah manusia.

Riboflavin secara alami akan diproduksi oleh bakteri sehat di dalam usus, namun jumlahnya sangat kecil. Oleh karenanya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi itu untuk memenuhi kebutuhan harian dalam tubuh.

Contoh makanan yang bisa membantu kamu untuk memproduksi Riboflavin adalah susu, hari sapi, daging ayam, dan makanan lain sejenis.

  • Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3 Niasin

Jenis vitamin b complex yang berikutnya adalah B3 atau Niasin. Manfaat dari vitamin B3 adalah untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi enzim, serta mengoptimalkan fungsi kelompok vitamin B3 yang lain.

Lalu, sumber vitamin B3 yang berasal dari makanan adalah beras merah, daging sapi merah, dan biji-bijian.

  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 adalah jenis suplemen vitamin b complex yang memiliki peran dalam proses pertumbuhan serta produksi hormon reproduksi manusia. Selain itu, manfaat lain dari vitamin B5 ini adalah untuk memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi dalam tubuh.

Asam pantotenat yang menjadi nama lain vitamin B5 bisa didapatkan dari buah alpukat, susu, kacang-kacangan, serta sayuran brokoli.

Baca Juga : Ini Dia 4 Vitamin Rambut yang Bagus untuk Mencegah Penipisan Rambut!

  • Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 Piridoksin

Vitamin B6 atau Piridoksin banyak ditemui pada bahan pangan seperti kacang-kacangan, pisang, daging ayam, dan kentang. Manfaat dari vitamin ini untuk tubuh adalah mengurangi rasa mual utamanya pada ibu hamil.

Selain itu, vitamin B6 juga bisa membantu produksi insulin serta melawan infeksi yang terjadi pada tubuh. Kalau kamu mau mendapatkan Piridoksin ini, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan seperti pisang, kentang, susu, dan juga kacang-kacangan.

  • Vitamin B7 (Biotin)

Yang berikutnya adalah vitamin B7 yang masuk ke dalam jenis vitamin b complex. Jenis vitamin ini diberi nama lain Biotin. Vitamin B complex Biotin memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah menjaga kesehatan tulang dan rambut serta bisa membantu proses produksi asam lemak.

  • Vitamin B9 (Asam Folat)

Nah, jenis vitamin b yang satu ini pasti sudah akrab dan sering kamu dengar. Yes, benar sekali Asam Folat memiliki khasiat untuk ibu hamil. Vitamin B9 adalah salah satu jenis vitamin yang cukup penting buat tubuh, utamanya bagi ibu hamil.

Vitamin B9 atau asam folat turut mengurangi risiko kelainan tulang belakang dan otak pada janin. Asam folat juga bisa membantu sel dalam sintesis materi genetik, misalnya saja DNA. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin B9 yang sangat tinggi adalah alpukat, bayam, kacang-kacangan, serta sereal.

Baca Juga : 6 Manfaat Vitamin C untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

  • Vitamin B12 (Kobalamin)

Vitamin B12 Kobalamin

Nah, ini adalah jenis vitamin b complex yang terakhir, yaitu vitamin B12. Manfaat dari vitamin b complex jenis ini adalah untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kobalamin juga memiliki peran dalam proses metabolisme protein.

Vitamin B12 ini bersumber dari beberapa makanan yang bisa kita temui sehari-hari, seperti daging merah, hati, telur, serta susu. Itulah beberapa manfaat dan kegunaan vitamin b complex untuk tubuh kita.

Khasiat vitamin b kompleks yang begitu banyak tentu sangat dibutuhkan tubuh dalam menjalani hari-hari. Apalagi, untuk kamu yang memiliki aktivitas cukup tinggi.

Baca Juga : Jaga Imun, Cobain 13 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Rekomendasi Vitamin B Complex yang Bagus

Dalam point ini, kami akan memberikan informasi seputar vitamin b complex yang bagus dan bisa kamu gunakan sebagai suplemen tambahan. Vitamin b ini juga bisa dengan sangat mudah kamu temukan di apotik-apotik terdekat dari rumah kamu. Lalu, apa saja rekomendasi vitamin b complex yang bagus untuk dikonsumsi?

–          IPI Vitamin B Complex

–          Vitamin B Complex Nutrimax

–          Wellness Mega B Complex

–          Nature’s Plus Mega B

–          Blackmores Muti B Performance

–          Blackmores Executive B

Demikian rangkuman SuperMin tentang manfaat, jenis, kegunaan, serta rekomendasi vitamin b complex yang bisa kamu gunakan sebagai suplemen tambahan. Semoga kita semua selalu sehat ya.

Oh iya, sekarang beli asuransi kesehatan dari Super You semakin gampang loh. Sekarang ada Super Easy Health yang bisa melindungi kamu dari risiko berbagai penyakit, sangat terjangkau juga dimulai dari Rp4.500 per harinya. Cara mendapatkannya juga sangat gampang, hanya perlu klik gambar di bawah ini!

super easy health terbaru

Artikel Terkait