Perilaku Konsumen Bijak

Perilaku konsumen menjadi kebiasaan yang perlu diketahui baik oleh penjual. Bukan sebuah rahasia bahwa kemauan dan kebiasaan konsumen menjadi faktor yang menggerakkan dunia pemasaran sehingga para pemasar harus mempelajari kebiasaan dan perilaku konsumen untuk membuat keuntungan. 

Namun, ternyata menyadari kebiasaan yang dilakukan juga penting bagi para konsumen untuk membuat keputusan belanja yang bijak loh. Salah satunya demi keuangan yang sehat untuk hari ini dan di masa depan.

Sebelum melanjutkannya, mau memastikan dulu nih. Kamu sudah mengerti arti konsumen belum? Agar semuanya memiliki pemahaman yang sama, mari ketahui dahulu pengertian konsumen.

Table of Contents

Apa Itu Konsumen?

Pengertian konsumen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah pemakai barang hasil produksi, seperti makanan, bahan pakaian, dan lainnya, pemakai jasa atau seorang pelanggan dan juga seseorang yang menerima pesan iklan.

Singkatnya, pengertian konsumen adalah seseorang yang menggunakan atau mengonsumsi produk. Perlu diketahui bahwa menjadi seorang konsumen lebih dari sekedar membeli atau menggunakan jasa atau produk. 

Konsumen memiliki beberapa hak yang terdaftar dalam undang-undang perlindungan konsumen dan juga kewajiban. 

Leasing Ternyata Bisa Jadi Sumber Pembiayaan Alternatif Kamu

Hak Konsumen 

Sebagai seorang konsumen, tentunya tidak mau dirugikan kan? Maka dari itu, penting untuk mengetahui hak yang dimiliki untuk mencegah dicurangi atau dirugikan oleh pemasar. Berikut ini adalah hak apa saja yang dimiliki oleh seorang konsumen:

  • Seorang konsumen berhak untuk menerima informasi mengenai barang atau jasa yang ingin dibeli secara benar, jelas dan jujur terutama informasi mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa tersebut.
  • Seorang konsumen memiliki leluasa untuk memilih dan mendapatkan suatu barang atau jasa selama sesuai dengan nilai tukar, kondisi dan jaminan yang dijanjikan. 
  • Sebelum membeli suatu barang atau jasa, seorang konsumen berhak untuk membaca, mendengar atau mengetahui pendapat orang lain yang telah menggunakannya. Baik dalam bentuk pujian, pendapat atau keluhan, selama jujur dan tidak menjelek-jelekkan dengan tujuan menjatuhkan.
  • Sebagai konsumen, seseorang berhak untuk mendapatkan perlakuan dan pelayanan yang jujur dan tidak diskriminatif.
  • Semua konsumen berhak untuk mendapatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat menggunakan barang atau jasa. 
  • Seorang konsumen berhak untuk menerima advokasi, perlindungan konsumen atau upaya untuk menyelesaikan suatu masalah dengan semestinya. 
  • Seorang konsumen berhak untuk menerima kompensasi, penggantian barang atau ganti rugi jika barang atau jasa tidak sesuai dengan ekspektasi. 
  • Setiap konsumen berhak untuk mendapatkan edukasi dan pembinaan konsumen. 
  • Setiap konsumen berhak untuk menggunakan haknya selama tertulis dalam ketentuan perundang-undangan lainnya.

Kewajiban Konsumen

Apa yang dimaksud dengan kewajiban konsumen? Kewajiban konsumen adalah seorang konsumen tidak hanya memiliki hak, tetapi juga kewajiban yang harus dilakukan, yakni: 

  • Lakukan semua transaksi baik untuk jasa atau barang dengan niatan yang baik, untuk diri sendiri maupun untuk penjual.
  • Pastikan untuk membaca serta mengikuti instruksi yang sudah disediakan baik untuk jasa atau barang untuk keamanan dan kenyamanan bersama. 
  • Saat membeli barang atau jasa pastikan untuk membayar sesuai nilai tukar yang telah disepakati. 
  • Menyelesaikan hukum sengketa perlindungan konsumen sesuai aturan yang semestinya.

Peran Seorang Konsumen

Peran Konsumen

Selain memiliki hak dan kewajiban, konsumen memiliki beberapa peran yang penting, yakni: 

  • Seorang konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang dihasilkan oleh para produsen.
  • Semakin banyak atau sering jasa atau produk produsen digunakan oleh konsumen bisa membantu memotivasi produsen untuk tidak hanya memproduksi, tetapi juga meningkatkan kualitas dan kuantitas.
  • Membantu meningkatkan pendapatan negara.

Apa Saja Faktor yang Bisa Memengaruhi Perilaku Konsumen?

Bagi pemasar penting untuk memperhatikan perilaku konsumen agar bisa membuat keuntungan, tetapi para pemasar juga perlu mengetahui  faktor apa saja yang bisa memengaruhi perilaku tersebut. Berikut ini adalah faktor-faktor tersebut.

  • Promosi

Para pemasar atau penjual pastinya perlu menarik perhatian pelanggan kan? Salah satu cara ampuh untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan promosi  atau memasang iklan. 

  • Kualitas

Memastikan bahwa kualitas dari barang atau jasa dipercaya bagus dan ampuh akan membantu membuat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis meningkat dan tidak ragu untuk mengulang pembelian. 

  • Harga

Meski iklan dan kualitas barang bagus, tetapi jika harga tidak memadai bisa berpengaruh kepada kemauan konsumen untuk mulai membeli atau mengulang pembelian. 

  • Lingkungan 

Lingkungan seseorang juga bisa menjadi faktor yang mendorong kemauan untuk membeli suatu barang atau jasa. Hal ini bisa dipengaruhi oleh opini seseorang, review suatu barang atau jasa dan pendapat untuk memikirkan ulang keputusan menggunakan produk tersebut.

  • Kebutuhan

Kebutuhan seseorang merupakan faktor pembelian konsumen yang biasanya tidak bisa dipungkiri. Berbeda dari kemauan, kebutuhan berarti wajib dimiliki baik untuk kebutuhan primer atau lainnya, sehingga harus dibeli.

Gimana Sih Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Kebutuhan? 

Apa Saja Jenis Konsumen?

Penting untuk mengetahui tipe-tipe konsumen yang ada dan pengertiannya. Berikut ini adalah jenis konsumen dan contoh konsumen dari jenis tersebut. 

  • Konsumen Organisasi 

Pengertian konsumen organisasi adalah konsumen yang melakukan transaksi, baik membeli barang atau jasa demi kebutuhan organisasi. Contoh konsumen organisasi adalah seorang agen, distributor atau pengecer yang melakukan pembelian perlengkapan untuk menjalankan bisnis. 

  • Konsumen Perorangan 

Pengertian konsumen perorangan adalah konsumen yang melakukan transaksi, baik membeli barang atau jasa demi kebutuhan personal atau diri sendiri. Contoh konsumen perorangan biasanya disebut sebagai end user dan biasanya adalah individu atau keluarga

Apa Saja Perilaku Konsumen yang Bijak?

Apa Saja Perilaku Konsumen yang Bijak

Nah, kita sudah membahas konsumen, tetapi dari sisi pemasar. Dari pihak konsumen sendiri, bagaimana untuk menjadi seorang konsumen yang bijak agar tidak dirugikan? Menjadi konsumen yang bijak itu tergantung setiap individu. Aslinya menumbuhkan perilaku konsumen yang bijak itu gampang kok dan bisa dipelajari loh. Caranya bisa dengan mengikuti tips ini!

  • Ketahui produk yang ingin dibeli 

Sebagai seorang konsumen, bagus untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk yang ingin dibeli dan mengetahui nilai-nilai yang didukung oleh penyedia barang atau jasa. Melakukan ini memastikan kemampuan literasi konsumen atas bisnis dan produk yang dibeli. 

  • Perhatikan label, manual dan kapan kadaluarsa produk

Hati-hati saat membeli barang atau jasa. Baca informasi yang disediakan dan cek semua label, manual kartu garansi hingga masa kadaluarsa produk. Pastikan bahwa produk yang dibeli telah lulus standarisasi BPOM atau standarisasi yang setara. 

Jangan sampai jika sudah dibeli ternyata tidak bisa digunakan akibat sudah kadaluarsa ya.

  • Keamanan produk

Jangan takut untuk bertanya. Jika sudah mengecek kandungan produk tetapi ada beberapa istilah yang tidak diketahui, tanya langsung kepada penjual untuk keamanan diri dan bisnis. Contohnya se-simpel bertanya jika produk yang ingin dibeli mengandung alergen. 

  • Keinginan vs Kebutuhan

Agar tidak membeli secara asal, ketahui dulu jika membelinya sebuah keinginan atau kebutuhan?

Jangan langsung beli, tanya dulu kepada diri sendiri dan pikirkan jika butuh produk tersebut. Melakukan ini sangat penting dan jika bisa menerapkannya akan lebih mudah untuk kamu tidak tergiur membeli barang meski ada tawaran promosi, seperti diskon.

  • Ketahui Hak dan Kewajiban Kamu 

Sebagai konsumen, kamu punya hak dan kewajiban loh. Pernah nggak beli suatu barang atau jasa dan ternyata tidak sesuai atau bahkan merugikan kamu? Ini bisa dilaporkan ke pihak yang berwenang. Jika kasus seperti ini tidak dilaporkan, maka akan membuat peluang lebih besar bagi pelaku untuk berbuat curang atau bahkan menjual produk ilegal dan tidak layak.

Mari mulai belajar untuk menerapkan perilaku konsumen yang bijak agar tidak merugikan atau dirugikan pihak manapun. Salah satu contoh perilaku konsumen yang bijak adalah mengetahui jika penjual atau produsen bisa dipercaya. Nah, Super You merupakan asuransi online terpercaya yang dijamin nggak bakal merugikan kamu!

Salah satu produk Super You adalah Super Easy Health, asuransi kesehatan yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp4.500 per hari loh. Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga risiko kesehatan, tetapi juga sangat terjangkau bukan?

Artikel Terkait